Stimulasi

Ajak Si Buah Hati Liburan Virtual dari Rumah, Yuk!

01-10-2020

Ajak Si Buah Hati Liburan Virtual dari Rumah, Yuk!

Meski di rumah, Bunda tetap bisa merencanakan kegiatan liburan anak yang seru, lho. Salah satu caranya adalah dengan membuat liburan virtual. Hampir mirip seperti liburan pada umumnya, bedanya liburan virtual dilakukan dengan bantuan gadget sehingga Bunda dan Si Buah Hati berlibur lewat layar. Walau kedengarannya sederhana, liburan virtual ini bisa jadi kegiatan seru untuk mendukung Si Buah Hati yang berusia Prasekolah untuk bisa terus bermain, bereksplorasi, dan belajar dari rumah.

 

Agar perkembangan kognitif anak berjalan optimal sejak usia dini, kegiatan bermain sangat diperlukan dalam hidup Si Buah Hati. Di usia prasekolah, kemampuan kognitif Si Buah Hati akan lebih mudah berkembang jika diberikan stimulasi lewat permainan dan kegiatan lain yang menyenangkan. Inilah kenapa liburan virtual bisa jadi salah satu pilihan Bunda untuk membantu Si Buah Hati bermain dan belajar, serta bereksplorasi sesuka hati. Beberapa manfaat liburan virtual lainnya yaitu:

1. Mengasah Keingintahuan

Lewat liburan virtual, Bunda dan Si Buah Hati bisa menjelajah tempat apa pun tanpa ada batasan atau halangan. Ini tentunya bermanfaat memuaskan rasa ingin tahu Si Buah Hati yang sedang tinggi-tingginya di usia prasekolah.
 

2. Melatih Imajinasi

Tidak seperti saat liburan yang sebenarnya, liburan virtual memang membatasi ruang gerak Bunda di Si Buah Hati, namun hal ini justru bisa dimanfaatkan untuk melatih imajinasi Si Buah Hati. Misalnya ketika melakukan liburan virtual ke candi-candi, Bunda bisa bertanya kepada Si Buah Hati “Wah, kira-kira bagaimana ya caranya orang zaman dulu membangun candi?” Selain melatih imajinasi, pertanyaan-pertanyaan ini juga dapat mengasah rasa ingin tahu Si Buah Hati. Jadi siap-siap jika Si Buah Hati bertanya balik tentang berbagai hal ya, Bunda.
 

3. Mendapat Informasi Baru

Saat berlibur dan bermain pun, sebaiknya Si Buah Hati mendapatkan informasi agar kemampuan kognitifnya terstimulasi dengan baik. Dengan melakukan liburan virtual, Bunda bisa menyajikan info-info bermanfaat yang sudah dicari sebelumnya untuk diberikan kepada Si Buah Hati saat liburan virtual dilakukan.

 

Setelah mengetahui beberapa manfaat positif liburan virtual, saatnya mencoba langsung di rumah! Untuk merencanakan liburan virtual yang seru dan menyenangkan, Bunda bisa cek beberapa tips berikut ini:

  • Pilih Destinasi Liburan Virtual

Ada banyak tempat yang bisa Bunda dan Si Buah Hati kunjungi secara virtual. Mulai dari museum, tempat-tempat bersejarah, bangunan yang menjadi 7 keajaiban dunia, kebun binatang, dll. Bahkan beberapa tempat menawarkan virtual tour interaktif sehingga liburan virtual Bunda dan Si Buah Hati bisa jadi lebih menarik. Pilihlah satu tempat yang memang disukai Si Buah Hati sebagai tempat tujuan liburan virtual.
 

  • Cari Info Seputar Tempat Tujuan

Setelah memilih destinasi, sebaiknya Bunda mencari info seputar tempat tersebut agar dapat memandu Si Buah Hati saat melakukan liburan virtual. Dengan menyiapkan info-info penting terkait tempat tujuan, Bunda pun bisa mengajak Si Buah Hati belajar sambil bereksplorasi.
 

  • Siapkan Kostum yang Sesuai dengan Tempat Tujuan

Saat liburan, tentu akan terasa lebih menyenangkan jika pakaian yang kita kenakan sesuai dengan destinasi liburan. Misalnya, jika berlibur ke negara yang suhunya dingin, maka pakailah jaket tebal. Atau jika ingin berlibur ke pantai, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati menggunakan topi dan sunglasses favoritnya.
 

  • Lakukan Kegiatan yang Berhubungan dengan Tempat Tujuan

Baru saja berkunjung melihat lukisan Monalisa di museum Louvre? Ajaklah Si Buah Hati untuk melukis setelah liburan virtual selesai. Atau setelah mengunjungi Menara Eiffel, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati membangun Menara Eiffel dari tumpukan balok mainan.

Sambil melakukan kegiatan liburan anak dari rumah, jangan lupa lengkapi nutrisi Si Buah Hati agar proses belajar dan eksplorasinya di masa Prasekolah semakin optimal.

Cari tahu kegiatan seru lainnya yang dapat membantu melatih 5 dimensi perkembangan anak Prasekolah di sini https://www.dancow.co.id/dpc/nutritods/onboarding