Parenting

Agar Si Kecil Terlindungi dari Diare

14-11-2020

Agar Si Kecil Terlindungi dari Diare

Bunda, nutrisi yang baik akan mendorong si Kecil tumbuh optimal dari segala sisi perkembangan, baik mental maupun fisik, sehingga tidak melewatkan setiap tahap perkembangannya. Karena itu, Bunda haruslah memantau asupan pangan si Kecil. Bila saja si Kecil mengonsumsi makanan atau minuman yang salah, bisa jadi akan berakibat fatal atau menghambat perkembangannya. Terutama mengganggu saluran pencernaan si Kecil.

Dalam jurnal kesehatan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), yakni Paediatrica Indonesiana, Made Ratna Dewi menuliskan penelitian berjudul Efficacy of Synbiotic Treatment in Children with Acute Rotavirus Diarrhea. Ratna menyatakan bilsa penyakit diare adalah salah satu penyakit yang paling sering mengganggu kesehatan si Kecil. Bahkan sekitar 30-70 persen pasien anak di rumah sakit mengalami masalah diare akibat rotavirus.

"Pada kondisi tertentu, diare bisa menyebabkan dehidrasi dan bila tidak segera diatasi bisa menyebabkan masalah kesehatan lanjutan, bahkan bisa berakibat fatal," tulis Ratna dalam penelitiannya. Selain itu, diare juga bisa menurunkan semangat si Kecil untuk melakukan beragam kegiatan. Termasuk mengeksplorasi banyak hal yang penting untuk masa depannya.

Untuk itu, Bunda perlu memberikan si Kecil susu pertumbuhan dan beragam asupan kaya probiotik. Misalnya yogurt atau susu fermentasi, keju, serta mentega. Menurut Ratna, kombinasi probiotik dan prebiotik, seperti L.acidopholus, L.rhamnosus, B.bifidum, B.longun, E.faecium, dan fructooligosaccharida, membantu mempercepat penyembuhan si Kecil dari diare.

Sedangkan psikolog Nurul Chomaria dalam buku Panduan Terlengkap Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun mengingatkan Bunda untuk selalu mempersiapkan makanan yang memadai, sehat, bergizi, dan bersih. Juga menjaga kebersihan tubuh si Kecil dan anggota keluarga lainnya; serta membiasakan mencuci tangan bagi si Kecil dan diri sendiri.

Selain itu, ada baiknya Bunda untuk mengajarkan si Kecil membuang air di WC atau toilet, sedini mungkin; memastikan tempat sampah selalu tertutup dan dibuang setiap hari; memberantas lalat agar tidak menghinggapi makanan; dan selalu menjaga lingkungan yang sehat. Menurut Nurul, pada umumnya diare ditularkan melalui 4F. Yakni Food (makanan), Feces (kotoran), Fly (lalat), dan Fingers (jari-jari tangan).

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.