Nutrisi

9 Tanda Si Buah Hati Tumbuh Sehat dengan Gizi Seimbang

09-03-2020

Ini Ciri-ciri Anak Tumbuh Sehat dengan Gizi Seimbang

Sebagai orang tua, hanya satu yang menjadi kekhawatiran utama kita, apakah Si Buah Hati tumbuh dengan baik? Apakah makanan yang Bunda berikan sehari-hari cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi seimbang Si Buah Hati? Terutama saat ia di usia  Prasekolah. Masalahnya, bahkan dengan persiapan yang sangat detil pun, agenda memberi makan Si Buah Hati tak selalu berjalan mulus.

Apakah Si Buah Hati Cukup Makan?

Saat Si Buah Hati sudah cukup umur untuk belajar makan secara mandiri, keterampilan motorik dan rasa ingin tahunya pun ikut berkembang. Sering terjadi, waktu makan menjadi waktu bereksplorasi untuk Si Buah Hati--dari yang tidak mau duduk diam, bermain-main dengan makanannya, dan berakhir dengan ia tidak menghabiskan jatah makan siang yang sudah Bunda siapkan.

Jangan khawatir, Bunda. Anak-anak makan ketika mereka lapar dan biasanya berhenti ketika mereka kenyang. Jika masih sulit untuk membuatnya makan lebih banyak di waktu makan utamanya, pastikan memberi variasi makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Jadi meskipun ia makan dalam porsi sedikit-sedikit dan dalam waktu yang sporadis, ia tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

 

Tanda Si Buah Hati Cukup Gizi

Sebelum panik, sebenarnya ada tanda-tanda umum yang bisa Bunda perhatikan untuk mengecek apakah Si Buah Hati tumbuh sehat dengan gizi seimbang seperti dikutip dari wakil ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), DR. Dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, SpGK berikut:

1. Tinggi Badan dan Berat Badan

Si Buah Hati dengan asupan gizi yang baik, akan memiliki ciri tubuh dengan tinggi dan berat badan yang sesuai dengan standar ideal tinggi dan berat badan rata-rata usianya. Untuk pengukuran standar ini, bisa dengan pedoman kurva Kartu Menuju Sehat (KMS).

 

2. Postur Tubuh Kuat dan Tegap

Si Buah Hati yang gizinya baik berarti asupan lemak, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineralnya tercukupi. Mudahnya bisa dilihat dari postur tubuhnya yang kuat serta tegap, yang merupakan hasil dari optimalnya manfaat asupan nutrisi yang diterima anak.

 

3. Kulit Sehat

Perhatikan, jika kulit Si Buah Hati tidak kusam, tidak bersisik, tidak ada korengan, lembap, dan tidak kering, artinya ia cukup gizi. Kulit sehat artinya, manfaat dari asupan zat besi, zink, dan vitamin E diserap dengan optimal oleh anak, sebab manfaat dari nutrisi-nutrisi tadi antara lain membantu pertumbuhan kulit dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga kuman dari luar tidak akan mudah menembus kulit.

 

4. Mata Jernih

Pertanda Si Buah Hati tercukupi kebutuhan asupan vitamin A dan proteinnya. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan rabun, buta senja, dan situasi terburuk dapat mengarah pada kebutaan, meskipun ini jarang terjadi.

 

5. Rambut Berkilau

Merupakan tanda Si Buah Hati tercukupi kebutuhan zink, protein, dan vitamin B.

 

6. Tanggap dan Ceria

Si Buah Hati yang kekurangan zat besi dan yodium rentan terkena anemia. Selain itu, anak mudah lelah dan mengantuk juga merupakan pertanda anak kekurangan karbohidrat sebagai sumber energinya. Jika Si Buah Hati tanggap dan ceria, berarti kebutuhan nutrisi di atas cukup terpenuhi.

 

7. Nafsu Makan

Anak yang tidak pilah-pilih makanan dan makan teratur biasanya karena porsi dan kandungan nutrisi dalam makanan hariannya sudah sesuai dengan kebutuhannya (tidak kurang ataupun berlebih).

 

8. Buang Air Besar Secara Teratur

Artinya Si Buah Hati cukup serat dan air. Sebagai panduan, frekuensi ideal buang air adalah satu kali dalam sehari. Jika dalam satu hari ia buang air sebanyak tiga kali, masih normal asal tidak mencret.

 

9. Tidur Nyenyak

Durasi ideal untuk tidur anak adalah delapan jam setiap malamnya. Jika kurang dari jumlah jam tersebut, Si Buah Hati akan mengantuk keesokannya dan mengurangi konsentrasi dan aktivitasnya.

Agar lebih yakin, pastikan mengecek kondisi Si Buah Hati secara berkala ke tenaga medis terpercaya, selain juga selalu menyiapkan makanan bergizi lengkap dan seimbang untuk anak.

Bantu penuhi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW  3+ dengan Nutritods, susu pertumbuhan anak yang diformulasikan khusus untuk Si Buah Hati di masa Prasekolah usia 3-5 tahun dengan  0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zat besi & zink, tinggi vitamin A & C, omega 3 & 6, serta Lactobacillus rhamnosus untukbantu lindungi eksplorasi Si Buah Hati .

Yuk Bunda, pastikan Si Buah Hati mendapatkan asupan gizi seimbang untuk dukung eksplorasinya di masa Prasekolah ! #Nutritods101 #ToddlerExpert #PreschoolExpert