Nutrisi

5 Zat Gizi yang Diperlukan Tubuh Saat Puasa. Bunda Sudah Tahu?

28-04-2022

5 Nutrisi yang Diperlukan Tubuh Saat Puasa, Bunda Sudah Tahu?

Dalam menjalani puasa di bulan Ramadan, kita membutuhkan daya tahan tubuh yang baik agar tidak sakit. Bagi anak-anak yang baru mulai mencoba berpuasa baik hanya satu hari atau sebulan penuh, asupan nutrisi menjadi kunci.

Tidak hanya untuk menjaga agar tetap kuat  selama berpuasa, tapi juga untuk perkembangan tubuhnya. Oleh sebab itu, mesti dipastikan agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh harus selalu terpenuhi Si Buah Hati.

Untuk itu, pastikan agar asupan lima zat gizi berikut ini terpenuhi pada anak-anak:

Protein

Secara umum protein dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bekerja sebagaimana mestinya. Asupan protein yang cukup maka tubuh mendapatkan energi dan mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, protein penting sebagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh anak agar kuat puasa dan bugar sepanjang hari.

Protein juga dapat memproduksi antibodi untuk melawan infeksi dan penyakit sekaligus menjaga kesehatan dan menciptakan sel-sel baru. Anak-anak usia 4 hingga 8 membutuhkan 19 gram protein per hari sementara usia 9 hingga 13 membutuhkan 34 gram per hari.

Buat Si Buah Hati, pilih sumber protein hewani yang sehat seperti ikan, daging unggas, daging sapi, tahu, telur, dan susu. Protein juga bisa didapat dari sumber nabati seperti kacang-kacangan, gandum, maupun biji-bijian.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang paling penting dan paling tersedia untuk dikonsumsi. Terbagi atas dua jenis, terdapat karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Asupan karbohidrat yang cukup dapat diubah menjadi energi agar tubuh dapat bekerja sepanjang hari, terutama ketika puasa.

Kebutuhan karbohidrat harian anak-anak adalah sekitar 130 gram per hari. Pilihan sumber karbohidrat yang tepat termasuk sereal gandum, nasi merah, roti gandum, buah-buahan, sayuran, dan susu. Batasi asupan karbohidrat dari gula tambahan.

Serat

Serat atau fiber di bulan puasa untuk menjaga agar perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu, perubahan jam dan pola makan di bulan puasa dapat mengganggu pencernaan sehingga serat juga dibutuhkan.

Asupan serat dapat memperlancar pergerakan makanan di dalam saluran pencernaan. Untuk itu, pastikan agar Si Buah Hati mengonsumsi banyak serat yang didapat dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta roti maupun sereal gandum.

Baca Juga: Sumber Nutrisi Anak yang Mendukung Daya Tahan Tubuh Puasa

Lemak

Lemak adalah makronutrien sebagai sumber dari asam lemak penting yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Lemak berfungsi untuk menyerap vitamin A, D, dan E dan lemak ekstra yang tidak digunakan akan menahun di dalam tubuh. Terdapat dua jenis lemak, yakni lemak jenuh dan tak jenuh.

Pastikan agar makanan Si Buah Hati kaya akan lemak tak jenuh untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol di kemudian hari. Lemak tak jenuh ditemukan pada minyak dari tanaman dan ikan, alpukat, kacang-kacangan, jagung, dan lainnya. Setiap harinya, jaga asupan lemak total Si Buah Hati antara 25-35% dari kalori untuk usia 4 hingga 18 tahun.

Vitamin dan mineral

Secara umum, kedua mikronutrien ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh baik secara fisik maupun mental serta menjaga kesehatan. Oleh karena itu, vitamin dan mineral menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat puasa.

Baik vitamin dan mineral terdiri dari begitu banyak jenis dan anak-anak bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan. Kekurangan vitamin dan mineral dapat berdampak pada masalah pertumbuhan. Karenanya, asupannya tetap harus diperhatikan. Jumlah kebutuhan vitamin dan mineral sendiri berbeda-beda tergantung jenis dan usianya.

Nah, Bunda, sudahkah kebutuhan zat gizi tersebut  dipenuhi anak? Untuk membantu Si Buah Hati memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh saat puasa, pastikan dia mendapatkannya dari sumber yang baik seperti DANCOW FortiGro.

DANCOW FortiGro adalah susu untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Di usia ini, kebutuhan gizi Si Buah Hati berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung daya tahan tubuh anak.

Berikan DANCOW FortiGro saat berbuka dan sahur. Segelas susu DANCOW FortiGro mengandung zat gizi untuk dukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A & C; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

DANCOW FortiGro tersedia dalam 3 macam varian, yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi.