Nutrisi

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu Saat Puasa? Ini Penjelasannya!

28-04-2022

Inilah Waktu Terbaik Anak Minum Susu Agar Kuat Berpuasa

Salah satu bentuk dukungan Bunda terhadap Si Buah Hati yang sedang belajar berpuasa adalah dengan memastikan ia mendapatkan asupan gizi yang cukup. Bunda dapat melengkapi pemenuhan kebutuhan gizinya lewat pemberian susu.

Adapun waktu terbaik minum susu Si Buah Hati adalah pada saat sahur agar ia mendapat cukup asupan gizi agar tetap siap berpuasa seharian dan bisa ditambahkan pula pada malam hari sebelum tidur.

Memenuhi Asupan Gizi Si Buah Hati saat Berpuasa

Anak usia sekolah ada pada tahap belajar dan membentuk kebiasaan berpuasa. Namun, Si Buah Hati biasanya antusias untuk mencoba dan menjalani bulan Ramadan dengan ikut berpuasa bersama anggota keluarga. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga asupan gizi anak agar selalu terpenuhi agar tumbuh kembangnya tetap berjalan optimal.

Bunda harus secara cermat memperhatikan kandungan gizi di dalam makanan yang dikonsumsi keluarga, terlebih menu makanan Si Buah Hati. Pastikan ia mendapatkan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan dengan porsi tepat dan menu bergizi seimbang.

Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan:

  • Menyajikan makanan yang bervariasi dari empat kelompok makanan, yaitu makanan pokok (sumber karbohidrat), lauk-pauk (sumber protein dan lemak), sayuran, dan buah (sumber seratm vitamin, dan mineral).

  • Pada saat sahur, siapkan cadangan energi dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks (serealia), protein,  lemak sehat, dan makanan yang mengandung serat dalam menu makanan lengkap agar rasa kenyang bertahan lebih lama Pada saat berbuka puasa, mulai dengan makanan ringan dan lanjutkan makan makanan dengan porsi dan kandungan gizi lengkap

  •  Pada saat sahur dan berbuka, pastikan Si Buah Hati mengkonsumsi cairan sesuai kebutuhan yang bisa didapatkandari air putih, jus buah, smoothies, dan tentunya susu

  • Berpuasa bisa menjadi waktu mengajari Si Buah Hati untuk mengatur pola makannya. Hindari makanan tinggi gula tambahan, tinggi garam, dan tinggi lemak untuk menjaga kualitas asupan gizinya.

Baca Juga: Saat Tepat Mengajarkan Buah Hati Berbagi di Bulan Ramadan

Waktu Terbaik Minum Susu bagi Si Buah Hati

Lalu, kapan waktu terbaik minum susu saat puasa? Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa Si Buah Hati bisa diberikan susu sebagai pelengkap asupan gizi saat berpuasa, oleh sebab itu susu dapat diberikan pada saat sahur maupun makan malam setelah berbuka puasa. Waktu makan ini menjadi waktu terbaik minum susu untuk melengkapi kebutuhan gizinya agar anak  tercukupi kebutuhan gizinya dan dapat menjalani puasa bulan Ramadan dengan lancar. Pilih susu dengan kandungan gizi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan untuk dukung tumbuh kembang Si Buah Hati, seperti kombinasi tinggi protein serta sumber vitamin dan mineral.

Setelah mengetahui waktu terbaik anak minum susu agar kuat puasa, Bunda bisa berikan Si Buah Hati susu DANCOW FortiGro. Susu bubuk instan ini memiliki kandungan protein yang tinggi yang dibutuhkan sebagai zat gizi untuk puasa.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung daya tahan tubuh anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung zat gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A & C; kandungan gizinya untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan minyak ikan (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein, kalsium, dan Vitamin D.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika berbuka.

Jangan lupa untuk memberikan segelas DANCOW FortiGro pada waktu terbaik minum susu tersebut agar Si Buah Hati bisa tetap berenergi dan dapat menjalani puasa dengan lancar, ya Bunda!