Parenting

Manfaat dan Tips Maksimalkan Waktu Bersama Anak

22-08-2022

Manfaat dan Tips Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Bagi anak, bermain adalah bagian dari belajar. Banyak sekali manfaat dari orang tua yang bermain bersama Buah Hatinya. Dengan bermain juga berarti Ayah dan Bunda meluangkan waktu di tengah kesibukan sehari-hari. Manfaat yang didapat dari bermain tidak hanya bisa dirasakan oleh Si Buah Hati, melainkan juga orang tua. Jadi, sesibuk apapun Bunda, usahakan untuk menyediakan waktu bersama anak. 

Manfaat Meluangkan Waktu Berharga Bersama Anak

Bermain bersama Si Buah Hati tak hanya membuat ia bahagia, tapi juga memberikan dia kesempatan untuk mengasah berbagai keterampilan yang ia butuhkan di masa depan. Manfaat yang didapat oleh orang tua dan Si Buah Hati saat bermain bersama tak hanya secara fisik, tapi juga mental dan sosial.

Apa saja keuntungan atau manfaat yang didapat saat Ayah dan Bunda meluangkan waktu bersama anak?

Meningkatkan kemampuan Si Buah Hati dalam berkomunikasi

Bermain adalah saat yang tepat untuk mengasah kemampuan komunikasinya, terutama bagi anak usia sekolah, yaitu 6-12 tahun. Ajak juga ia untuk membicarakan apa yang terjadi di sekolah, atau biarkan ia bercerita tentang teman-temannya. Bermain bersama juga dapat mengajarkan Si Buah Hati kata-kata baru, sehingga perbendaharaan katanya menjadi lebih banyak. Terutama jika sedang bermain watak atau pretend play

Ia menjadi lebih percaya diri

Ternyata, menikmati waktu bersama anak di tengah kesibukan Ayah dan Bunda, dapat membuat Si Buah Hati lebih percaya diri, lho. Bermain mengajarkannya berbagai keterampilan yang ia butuhkan dalam kehidupan di masa dewasanya, seperti memecahkan masalah, berpikir kreatif, termasuk menyadari kemampuan dirinya sendiri. Hal ini membuat ia kan lebih merasa percaya diri.

Orang tua lebih memahami kondisi emosional Si Buah Hati

Ketika bermain bersama, orang tua juga perlu mengawasi, mendengarkan, mendukung, dan berbicara dengan Si Buah Hati agar dapat memahaminya. Dalam tahap ini, Ayah dan Bunda akan dapat merasakan bagaimana kondisi emosional yang sesungguhnya, apakah ada hal yang mengganggu pikirannya, atau justru ia sedang merasa senang. Ayah dan Bunda dapat memberikan dukungan mental kepada Si Buah Hati agar kondisi emosionalnya pun lebih baik.

Memperkuat kelekatan dengan Si Buah Hati

Meluangkan waktu bersama anak untuk bermain atau sekadar berbicara ternyata dapat memperkuat kelekatan antara Bunda dan Si Buah Hati. Hal ini disebabkan oleh munculnya hormon oksitosin dalam otak Ayah dan Bunda ketika sedang bermain bersamanya. Hormon ini berfungsi untuk menumbuhkan rasa sayang kepada Si Buah Hati.

Baca Juga: Pentingnya Memberikan Susu sesuai Tahapan Usia Anak

Tips Memaksimalkan Waktu Bersama Anak

Ayah dan Bunda tentunya juga sudah memiliki kesibukan sendiri sehari-hari. Namun jangan lupa untuk meluangkan waktu berharga bersama anak. Berikut adalah cara menghabiskan waktu bersama anak:

  • Hindari penggunaan gadget ketika bersamanya. Hal ini agar baik orang tua maupun anak sama-sama fokus dengan apa yang dilakukan. Buatlah perjanjian bersama untuk menaruh dahulu gadget di dalam boks saat sedang bermain atau ngobrol.
  • Lakukan permainan di dalam maupun luar ruang. Buatlah perencanaan bersama Si Buah Hati untuk menentukan aktivitas apa yang ingin dilakukan bersama.
  • Melibatkannya dalam kegiatan sehari-hari di rumah, misalnya meminta ia menyapu atau mencuci piring. Hal ini dapat mengajarinya tanggung jawab. Berikan pujian jika ia menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, atau jika ia mengerjakannya tanpa diminta.
  • Jadikan makan bersama sebagai kebiasaan sehari-hari. Jika tidak dapat dilakukan di malam hari, setidaknya sediakan waktu di pagi hari saat sarapan singkat sebelum berangkat bekerja dan ke sekolah. Kalaupun hal itu sulit dilakukan, jadikan akhir minggu sebagai waktu istimewa untuk memasak atau makan bersama keluarga.
  • Tunjukkan kasih sayang kepada Si Buah Hati setiap hari dengan mengatakan betapa Ayah dan Bunda sangat menyayanginya, memberinya pelukan atau ciuman di pipi, serta mendengarkan celotehannya.

Manfaatkanlah waktu berharga bersama anak semaksimal mungkin agar Si Buah Hati selalu merasakan #CintaBundaSempurna. Tips bagi menghabiskan waktu bersama anak bagi ibu bekerja dapat diikuti, sehingga walaupun waktu yang Bunda dan Ayah punya sangat terbatas, namun jika bermain dengan anak dilakukan sepenuh hati, kegiatan ini akan jauh lebih bermanfaat.

Jangan lupa, sediakan selalu Dancow FortiGro yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.