Nutrisi

Si Buah Hati Butuh Penyemangat Puasa? Simak Tips Sahur agar tidak Lapar Saat Puasa Ini!

30-10-2020

menu sahur

Walaupun anak-anak yang belum akil balig tidak diwajibkan untuk berpuasa, tapi banyak orangtua yang sudah mulai mengajarkan anak untuk berpuasa sejak kecil. Tujuannya adalah supaya saat Si Buah Hati sudah tumbuh dewasa, ia dapat menjalankan puasa dengan baik. 

Namun, apakah Si Buah Hati terlihat lemas dan tidak kuat menahan lapar saat puasa, Bunda? Hal ini wajar terjadi bagi Si Buah Hati yang baru belajar puasa. Apalagi, di tahun ini ia juga harus berpuasa seharian di rumah saja. Agar ia dapat menghadapi tantangan tersebut, Bunda perlu mendampinginya dan memastikan mendapatkan asupan gizi yang cukup, terutama di saat sahur. 

Pasalnya, dibanding orang dewasa, anak-anak lebih mudah lemas saat menjalani puasa. Itulah mengapa orangtua dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisi anak secara optimal, agar Si Buah Hati bisa tetap semangat beraktivitas.

Meski ada banyak jenis makanan bisa diberikan pada anak saat makan sahur, namun, yang paling penting memberikan makanan sumber energi kepada Si Buah Hati di waktu ini. Salah satu tips sahur terbaik bagi anak untuk mendapatkan energi selama puasa adalah konsumsi makanan sumber protein dan karbohidrat yang cukup. 

Mau tahu inspirasi tips sahur yang dapat membantu Si Buah Hati tetap semangat puasa? Yuk, cek di bawah ini!

Nasi Goreng

nasi goreng

Tips sahur agar tidak lapar saat puasa yang pertama adalah dengan menyajikan menu nasi goreng. Menu masakan ini mudah disiapkan dan sering menjadi favorit anak-anak. Bunda dapat tambahkan sayur-sayuran seperti potongan wortel dan bulir jagung, serta protein seperti telur atau ayam, untuk melengkapi kandungan gizinya.

Bento Lucu

Bento Lucu

Tips sahur agar tidak lapar saat puasa berikutnya adalah dengan membuat kreasi menu sahur yang menarik, misalnya seperti wajah tersenyum atau karakter kartun. Bentuk bento yang menarik tentunya akan memberi semangat Si Buah Hati untuk menyantap makanan sahurnya. Jangan lupa, pastikan bentonya dilengkapi dengan sayur juga ya, Bunda!

Sereal

Sereal

Sereal merupakan salah satu tips sahur sehat yang tepat diberikan untuk Si Buah Hati. . Pasalnya, sereal memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membuat Si Buah Hati kenyang lebih lama. Selain itu, sereal juga merupakan karbohidrat kompleks yang dapat membantunya agar tidak cepat lemas saat berpuasa. Nah, supaya Si Buah Hati semangat menyantap serealnya, Bunda bisa memilih bentuk sereal yang unik serta tambahkan susu DANCOW FortiGro ke dalamnya. 

Tidak begitu suit kan Bunda, untuk membuat beberapa menu sahur di atas? Dengan menyiapkan hidangan sahur yang bergizi, Bunda dapat memastikan kebutuhan nutrisi Si Buah Hati tercukupi. Hal ini penting untuk membantu memperkuat daya tahan tubuhnya, sehingga ia tidak gampang lemas dan sakit selama berpuasa.

Baca Juga: 5 Sumber Nutrisi Anak yang Mendukung Pertumbuhan Daya Tahan Tubuh

Bantu lengkapi asupan nutrisi saat puasa Si Buah Hati dengan menyiapkan segelas DANCOW FortiGro sebelum tidur dan saat sahur. DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. DANCOW FortiGro UHT praktis dikonsumsi anak di ketika berbuka puasa sebagai salah satu menu takjil. 

Selain melaksanakan tips sahur agar tidak lapar saat puasa di atas, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan memberikan dukungan pada Si Buah Hati. Berikanlah penjelasan mengapa ia harus menjalankan puasa Ramadan agar mereka semakin semangat dan termotivasi.

Nah, selamat berkreasi dengan menu sahur Si Buah Hati ya, Bunda. Untuk membuat Si Buah Hati makin semangat puasa, cari tahu tipsnya di sini.