Parenting

Tips Mendidik Anak Agar Percaya Diri dan Mandiri

22-08-2022

Tips Mendidik Anak Agar Percaya Diri dan Mandiri

Tahukah Bunda, saat Si Buah Hati memasuki usia sekolah, maka ia akan banyak sekali belajar untuk menjadi mandiri? Tak hanya di sekolah, menjadi mandiri juga akan ia pelajari di rumah, tentunya dengan bantuan Bunda. Salah satu modalnya untuk menjadi mandiri adalah rasa percaya diri. Nah, ini yang perlu Bunda didik agar ia menjadi percaya diri, nyaman dengan dirinya, dan yakin dengan apa yang ia lakukan. Tips mendidik anak untuk percaya diri ini akan sangat membantu bagi Bunda yang masih bingung bagaimana melakukannya.

Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri

Rasa percaya diri pada Si Buah Hati berkaitan erat dengan kompetensi. Saat ia berhasil melakukan sesuatu dengan baik, sekecil apa pun itu, maka rasa percaya diri dan keyakinannya pada diri-sendiri meningkat. Kepercayaan dirinya akan semakin meningkat saat ia melihat kalau apa yang ia lakukan berarti bagi orang lain, termasuk Bunda.

Karena itu, tips mendidik anak untuk percaya diri akan lebih berkisar pada membantunya untuk kompeten dalam melakukan sesuatu. Cara mendidik anak agar berani dan percaya diri di sekolah dan di luar cukup beragam. Bentuknya adalah sebagai berikut:

Menjadi panutan yang baik

Orang tua merupakan panutan bagi anak-anaknya dan mereka meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Bunda bisa memberi contoh dengan melakukan apa pun yang Bunda kerjakan dengan benar dan menikmatinya. Selain itu, berbanggalah saat telah menyelesaikan pekerjaan dengan hasil sesuai harapan. Si Buah Hati akan mencontoh hal ini dari Bunda.

Beri kesempatan Si Buah Hati untuk belajar

Sejak bayi, Si Buah Hati sebenarnya sudah belajar untuk menjadi kompeten, dan itu berlangsung terus bahkan sampai saat ia dewasa nanti. Hal yang perlu Bunda lakukan adalah memberi kesempatan baginya untuk belajar, karena ia tak akan menjadi andal dalam waktu instan. Misalnya, saat ia membantu Bunda menyapu lantai tapi masih banyak kotoran yang tercecer, maka biarkan saja. Bunda bisa terus ajarkan cara menyapu dengan benar sampai pada akhirnya ia akan mampu melakukannya sesuai ajaran Bunda.

Beri pujian dengan bijak

Saat merasa bangga terhadap Si Buah Hati, Bunda bisa memberikannya pujian. Namun pujian yang Bunda berikan hendaknya sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh Si Buah Hati dan tidak berlebihan. Sebaiknya hindari memberi pujian berdasarkan hasil akhir, tapi lebih kepada usaha yang ia lakukan. Misalnya saat Bunda melihat kalau ia berusaha keras untuk meyapu dengan benar sampai lantai bersih, maka berilah pujian untuk usahanya itu.

Dorong Si Buah Hati untuk mencoba hal-hal baru

Jika Si Buah Hati telah kompeten melakukan sesuatu, maka Bunda bisa mendorongnya untuk mencoba hal-hal baru untuk ia kerjakan. Dengan demikian, ia akan terus belajar untuk menjadi kompeten dalam berbagai hal. Cara mendidik anak agar cerdas dan percaya diri ini akan membuatnya merasa mampu dan percaya diri bahwa ia dapat menyelesaikan apa pun yang datang ke kehidupannya.

Tunjukkan bahwa Bunda mencintainya

Tips mendidik anak untuk percaya diri yang sangat penting adalah tunjukkan kepadanya bahwa apa pun yang terjadi, Bunda akan selalu mencintainya karena #CintaBundaSempurna. Ini akan membuatnya merasa diterima dengan segala kekurangan yang dimiliki. Cinta Bunda akan membuatnya akan selalu berusaha keras untuk melakukan yang terbaik, bahkan pada saat-saat ia tidak yakin dengan dirinya sendiri.

Baca Juga: Tips untuk Dukung Perkembangan Anak

Mendidik Anak Agar Mandiri dan Percaya Diri

Saat Bunda sudah mendidik Si Buah Hati untuk percaya diri, maka tak akan sulit bagi Bunda untuk mengarahkannya menjadi mandiri. Beberapa hal penting yang harus Bunda perhatikan agar Si Buah Hati menjadi mandiri adalah:

Membangun rutinitas

Anak-anak butuh struktur dan rutinitas agar mereka bisa berkembang dengan optimal. Karena itu, buatlah rutinitas harian baginya agar ia tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Menjalani rutinitas ini sendiri akan membuatnya terlatih menjadi mandiri.

Buatlah ekspektasi yang masuk akal

Ekspektasi yang terlalu tinggi bisa membuat Si Buah Hati ciut nyali terlebih dahulu untuk mengerjakannya, sementara jika terlalu rendah tidak membuat ia bersemangat untuk mengerjakannya. Nyatakan ekspekstasi Bunda dengan singkat dan jelas agar ia paham.

Biarkan Si Buah Hati menerima konsekuensi

Si Buah Hati harus belajar bahwa jika ia tidak melakukan sesuatu dengan baik, maka kemungkinan akan ada konsekuensinya, baik berupa disiplin dari Bunda ataupun konsekuensi alami.

Selama Si Buah Hati banyak belajar menjadi anak yang percaya diri dan mandiri, Bunda bisa mendukung proses belajarnya dengan memberi asupan gizi seimbang yang ia butuhkan agar proses belajarnya optimal. Untuk melengkapi kebutuhan gizinya sehari-hari, Bunda bisa berikan susu DANCOW Fortigro sesuai kebutuhan.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas Si Buah Hati.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, Vitamin A, C, dan D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan D (khusus varian Instant kemasan boks); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam tiga macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.

Menerapkan tips mendidik anak untuk percaya diri dan mandiri, baik saat ia di rumah maupun di sekolah, akan membantunya hidupnya pada saat ini dan masa depan. Yuk Bunda, semangat melakukannya untuk menuangkan segala rasa #CintaBundaSempurna.