Parenting

Tingkatkan Empati di Bulan Puasa dengan Mengajarkan Manfaat Berbagi kepada Si Buah Hati

28-04-2022

Tips Mengajarkan Anak Manfaat Berbagi di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi Bunda untuk mengajarkan si Buah Hati tentang manfaat berbagi karena berempati kepada mereka yang tidak mampu merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Ramadan.

Ada berbagai cara untuk mendorong si Buah Hati agar ia tergerak untuk berbagi kepada sesama dan manfaat yang akan ia dapatkan. Apa saja? Cek info lengkapnya berikut ini!

 

Manfaat Berbagi untuk Si Buah Hati

Bunda tentu ingin agar Si Buah Hati bisa tumbuh menjadi seseorang yang memiliki kepedulian yang tinggi, tidak hanya kepada orang-orang terdekatnya tapi juga kepada seisi Bumi. Ini merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh Si Buah Hati jika ia sudah diajarkan dan diajak untuk berbagi sejak kecil.

Ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan anak dengan berbagi, terutama manfaat berbagi di bulan Ramadan.  Di antaranya adalah:

  • Lebih bersyukur. Dengan berbagi kepada yang tidak mampu, Si Buah Hati akan lebih bersyukur dan menghargai apa yang ia miliki dan kondisi tempat ia hidup, bahwa ia masih memiliki orang tua lengkap, tinggal di rumah yang nyaman, bisa bersekolah, dan punya mainan yang banyak.

  • Memperluas wawasannya. Dengan ikut melakukan kegiatan relawan, Si Buah Hati akan terpapar dengan dunia di luar rumah, lingkungan tempat tinggal, dan sekolahnya. Ini akan memicu rasa ingin tahu yang lebih besar

  • Aktivitasnya jadi lebih variatif. Dengan rutin melakukan kegiatan berbagi, ia akan punya bentuk aktivitas yang lebih bervariasi dibanding sebelumnya. Misalnya, bulan ini ikut membantu Bunda berjualan di bazar untuk amal, lalu bulan depan ikut Ayah mengunjungi shelter hewan terlantar untuk memberikan sumbangan dan bermain-main bersama hewan di sana.

 

Baca Juga: Sumber Nutrisi Anak untuk Daya Tahan Tubuh di Bulan Ramadan

 

Cara Mengajarkan Pentingnya Berbagi dengan Sesama

Tahukah Bunda bahwa sebenarnya anak-anak secara alami memiliki kecenderungan untuk berbagi?

Hal ini terlihat dari hasil sebuah penelitian terhadap anak-anak pada umumnya yang membuktikan bahwa anak-anak sebenarnya tidaklah egois, tapi mau berbagi kepada yang lain. Tak hanya berbagi, anak-anak ini juga mau memberi sebagian barang yang mereka miliki agar anak lain bisa memiliki barang tersebut dalam jumlah yang sama.

Berdasarkan penelitian ini, sebenarnya terlihat bahwa anak-anak sudah memiliki dasar alami untuk berbagi, tinggal Bunda mengasahnya dengan tepat agar hal ini menjadi kebiasaan baik sehingga kebiasaan ini terus berlanjut sampai ia dewasa.

Cara yang bisa Bunda lakukan adalah:

  • Menjadi contoh yang baik bagi si Buah Hati. Menurut penelitian, anak akan tumbuh menjadi baik dan murah hati jika paling tidak salah satu orang tuanya memberi contoh seperti itu. Jangan lupa, jelaskan apa alasan Bunda melakukannya agar anak paham dan tidak sekadar ikut-ikutan saja.

  • Jelaskan alasan ia perlu berbagi. Salah satu hal yang dapat memicu munculnya empati pada si Buah Hati adalah dengan memberi tahunya kalau ada orang-orang yang butuh bantuan dan mengajaknya untuk terlibat membantu mengatasi masalahnya.

  • Ajak ia ikut terlibat. Dengan mengajak si Buah Hati untuk ikut beraksi dan melihat langsung manfaat berbagi, maka ia akan benar-benar paham bahwa apa yang ia lakukan berdampak kepada sesama. Bunda bisa mengajaknya membeli sembako dan mengantarkannya ke panti jompo, membersihkan lingkungan di sekitar rumah, atau menyumbangkan buku-buku layak baca ke panti asuhan.

Agar si Buah Hati tetap berenergi saat ikut melakukan kegiatan amal dan berbagi dengan sesama, terutama pada bulan Ramadan, Bunda harus memastikan kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik. Bunda bisa melengkapi pemenuhan nutrisinya dengan pemberian DANCOW FortiGro.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan zat gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung zat gizi untuk dukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A dan C; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika sahur ataupun sebelum waktu tidur.

Dengan mengajarkan si Buah Hati manfaat berbagi pada bulan Ramadan ini, diharapkan kebaikan ini akan terus berlanjut pada bulan-bulan setelah Ramadan.