Nutrisi

Jaga Si Buah Hati Tetap Kuat Puasa dengan Nutrisi Susu

28-04-2022

Bantu Si Buah Hati Siap Puasa dengan Nutrisi Susu Saat Sahur

Si Buah Hati memang belum wajib berpuasa, tapi tak ada salahnya Bunda mengajak ia berlatih berpuasa sejak kecil agar terbiasa. Lagi pula, jika dilakukan dengan benar dan dengan asupan nutrisi yang sesuai, maka puasa dapat berdampak baik bagi kesehatan. Jangan lupa berikan nutrisi susu saat sahur untuk membantu asupan gizinya tetap terpenuhi selama berpuasa.

Anjuran Jenis Makanan untuk Sahur

Makanan pada saat sahur menjadi kunci penting agar puasa dapat berjalan dengan lancar. Makan saat sahur akan memberi asupan gizi yang menjadi sumber energi dan cairan bagi tubuh si Buah Hati. Makanya, Bunda harus memperhatikan kandungan zat gizi dalam makanannya dengan cermat. Pastikan agar si Buah Hati makan saat sahur, sebab tidak makan saat sahur akan membuatnya lemas dan lapar saat berpuasa.

Menurut IDAI, makanan yang diberikan pada saat sahur dan berbuka puasa memiliki perbedaan. Pada saat sahur, sebaiknya pilih makanan yang mengandung jenis karbohidrat kompleks agar dapat memberikan energi dan rasa kenyang yang lebih lama.

Pada saat sahur, Bunda bisa menyajikan berbagai variasi dari makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan dengan memperhatikan saran dari IDAI. Menambahkan bumbu-bumbu masakan akan menggugah selera makan si Buah Hati yang kadang tidak ingin makan saat sahur.

Pastikan ia juga mendapatkan cairan yang cukup, bisa dari air putih dan susu, untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa.

Baca Juga: Saat Tepat Mengajarkan Buah Hati Berbagi saat Ramadan

Nutrisi Susu, Penting Diberikan saat Sahur

Dari penjelasan di atas, Bunda jadi paham pentingnya nutrisi susu untuk anak saat puasa. Berikut ini manfaat susu untuk sahur yang bisa didapatkan oleh si Buah Hati:

  • Karbohidrat yang terkandung dalam susu merupakan gula alami (laktosa). Laktosa memiliki glukosa yang rendah sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap normal dan membantu tubuh tidak mudah lapar.

  • Nutrisi susu berupa protein yang tinggi dapat membantu si Buah Hati kenyang lebih lama karena protein mempengaruhi kerja hormon-hormon yang menimbulkan rasa lapar.

  • Karena termasuk ke dalam jenis minuman, susu dapat membantu menghidrasi tubuh si Buah Hati, terutama jika ia kurang suka minum air putih. Konsumsi cairan yang cukup akan membantunya tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Susu juga dilengkapi dengan kandungan nutrisi susu lain berupa vitamin dan mineral yang dibutuhkan si Buah Hati untuk tumbuh-kembangnya. Melengkapi makan sahur dengan susu akan membantunya tetap berenergi selama berpuasa serta tetap mengalami tumbuh-kembang yang optimal.

DANCOW FortiGro Full Cream sebagai Nutrisi Susu untuk Sahur

Memberikan DANCOW FortiGro Full Cream kepada si Buah Hati saat sahur merupakan pilihan yang tepat karena susu bubuk ini memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi. Kandungan sukrosa 0 gram akan membantu ia tidak mudah haus karena konsumsi garam dan gula tambahan berlebih dapat membuat tenggorokannya menjadi kering.

Dancow FortiGro Full Cream memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi si anak usia sekolah, yaitu:

  • Protein, kalsium, dan Vitamin D untuk pertumbuhan tubuhnya.

  • Vitamin C dan Zink yang membantu agar imun tubuh dapat berfungsi normal.

  • Zat besi serta Vitamin B12, B2, dan B6 yang membantu fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Jadikan DANCOW FortiGro Full Cream sebagai nutrisi susu saat makan sahur untuk si Buah Hati yang sedang belajar berpuasa, ya Bunda! Berikan pada saat sahur dan berbuka puasa untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.