Nutrisi

Fakta Seputar Susu untuk Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

08-11-2022

Fakta Seputar Susu untuk Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Bunda tentu ingin Si Buah Hati memiliki tinggi badan yang berada di rentang normal menurut usianya, karena tinggi badan merupakan salah satu indikator ia mengalami pertumbuhan yang optimal. Tinggi badan memang sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, tapi bagi Si Buah Hati yang berada dalam masa pertumbuhan, tinggi badan juga bisa dipengaruhi oleh asupan yang bergizi, salah satunya susu untuk pertumbuhan tinggi badan. Dengan kandungan gizinya, susu pertumbuhan ini dapat membantu Si Buah Hati mencapai tinggi optimal untuk usianya.

Zat Gizi Pendukung Pertumbuhan Tinggi Badan dalam Susu

Pencarian terhadap makanan dan minuman yang mendukung pertumbuhan anak telah dilakukan sejak dahulu, dan berbagai studi telah menunjukkan bahwa konsumsi susu secara teratur setiap hari pada masa kanak-kanak dan pubertas dapat membantu anak mencapai tinggi badan yang optimal.

Studi tentang hubungan antara konsumsi susu dengan pertambahan tinggi badan telah dilakukan pada tahun 1928 menyebutkan bahwa anak-anak yang rutin minum susu memiliki tubuh 20 persen lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak minum susu. Selain itu, sebuah studi di Jepang pada tahun 1984 menunjukkan bahwa konsumsi susu di negara tersebut sejak tahun 1950-an telah membantu masyarakat mengalami percepatan pertumbuhan tinggi badan.

Hubungan antara konsumsi susu secara teratur dan pertambahan tinggi badan tak lepas dari kandungan berbagai zat gizi yang terdapat di dalam susu. Susu sapi merupakan salah satu sumber kalsium utama, ditambah lagi susu juga mengandung protein yang berkualitas dalam jumlah besar.  Kedua zat gizi ini memiliki peranan penting dalam pertumbuhan manusia, baik untuk pertumbuhan tulang, otot, dan jaringan tubuh lainnya. Umumnya, susu untuk pertumbuhan tinggi badan yang dijual di pasaran juga difortifikasi Vitamin D dalam jumlah besar untuk membantu penyerapan kalsium oleh tubuh.

Baca Juga: Pentingnya Kandungan Susu FortiGro Full Cream untuk Anak

Susu sapi juga disebut memiliki kandungan hormon berupa Insulin-like growth factor 1 (IGF 1) yang, bersama human growth hormone, ikut berperan dalam pertumbuhan tulang dan jaringan otot di tubuh manusia. Kandungan IGF 1 ditemukan dalam jumlah besar dalam susu sapi. Karena hormon ini cenderung stabil, maka bisa bertahan terhadap paparan suhu yang tinggi dan kondisi lingkungan yang asam sehingga tidak rusak saat susu sapi diproses menjadi susu bubuk dan susu UHT.

Selain kalsium, protein, dan Vitamin D, di dalam susu sapi juga terdapat zat gizi lainnya yang penting untuk mendukung tumbuh-kembang anak, yaitu lemak, karbohidrat (dalam bentuk laktosa), vitamin berupa Vitamin A (fortifikasi), Vitamin C (fortifikasi), dan Vitamin B, serta mineral berupa zinc, fosfor, kalium, potasium, dan magnesium. Ini membuat susu sapi menjadi susu yang baik untuk pertumbuhan tinggi badan Si Buah Hati.

Kalsium, Zat Gizi Penting dalam Susu Anak untuk Pertumbuhan Tinggi Badan

Masa anak-anak dan remaja merupakan masa yang tepat untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat, serta tidak mudah keropos saat usia tua. Ini dimungkinkan jika Si Buah Hati mendapat asupan kalsium yang cukup. Anak-anak usia 4–8 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1.000 mg per hari, sedangkan anak dan remaja usia 9–18 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1.300 mg per hari.

Dalam satu cangkir (244 gram) susu sapi full cream terdapat kandungan kalsium sebesar 27 persen AKG, sedangkan dalam susu bubuk anak seperti DANCOW FortiGro Full Cream memiliki kandungan kalsium sebesar 25 persen AKG. Kalsium juga bisa didapatkan dari sumber selain susu sapi, yaitu produk turunan susu (dairy) seperti keju dan yogurt, sayuran berdaun hijau, ikan berlemak, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Membahas kalsium, Bunda jangan melupakan Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dengan optimal oleh tubuh sehingga dapat digunakan untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang. Pastikan susu untuk pertumbuhan tinggi badan Si Buah Hati difortifikasi Vitamin D sehingga menjadi paket yang komplet.

DANCOW FortiGro Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan Si Buah Hati

Memastikan Si Buah Hati bisa memiliki tinggi badan yang optimal dengan memberikan asupan makanan bergizi seimbang dan susu untuk pertumbuhan tinggi badan anak merupakan wujud #CintaBundaSempurna. DANCOW FortiGro dapat menjadi pilihan Bunda untuk melengkapi kebutuhan gizi Si Buah Hati yang ia butuhkan untuk pertumbuhannya, termasuk tinggi badan. 

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas Si Buah Hati.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, Vitamin A, C, dan D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan boks); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam tiga macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Bunda juga bisa berpartisipasi mengumpulkan poin dan dapatkan hadiah menarik di Parenting Rewards.

Jadikan DANCOW FortiGro sebagai susu untuk pertumbuhan tinggi badan Si Buah Hati untuk dikonsumsi sehari-hari bersama makanan kaya gizi lainnya.