Parenting

Si Buah Hati Susah Bangun? Simak Cara Membangunkan Sahur Ini!

02-11-2020

si buah hati susah bangun

Anak sulit bangun sahur? Yuk, simak cara membangunkan sahur dengan mudah yang bisa Bunda lakukan di rumah.

Siapkan Menu Favoritnya

Apakah itu nasi chicken katsu atau nasi goreng sosis. Apa pun menu favorit Si Buah Hati, gunakan sebagai "umpan" agar Si Buah Hati semakin semangat berpuasa dan mau bangun sahur dengan tidak terpaksa. Pastikan ia tahu bahwa makanan favoritnya akan menjadi menu sahur sejak malam sebelumnya dan kalau memungkinkan, ajak dia mempersiapkannya bersama-sama. Waktu sahur jadi lebih seru, kan?

Menonton Acara Kesukaan Bersama-sama

Agar Si Buah Hati lebih segar dan bersemangat ketika sahur, Bunda juga bisa mengajaknya menikmati sahur sambil menonton film kartun kesukaannya. Pilihlah jenis kartun kesukaan yang bisa memberikan mereka edukasi. Sehingga, tidak hanya terhibur, tontonan tersebut juga bisa menjadi sarana edukasi yang baik bagi Si Buah Hati.

Libatkan Si Buah Hati Mempersiapkan Makanan Sahur

Cara membangunkan sahur yang berikutnya adalah dengan mengajak Si Buah Hati untuk ikut terlibat dalam mempersiapkan menu sahur kesukaannya. Beri juga ia kesempatan untuk berkreasi agar ia ikut merasakan proses memasak dan lebih semangat untuk memakannya.

Baca Juga: Menu Sahur Praktis Penyemangat Puasa

Tidur Lebih Cepat

Tidur yang cukup menjadi kunci agar bangun sahur tidak terlalu sulit. Agar waktu tidur Si Buah Hati tercukupi minimal 8 jam sebagaimana mestinya, ajak ia tidur malam lebih cepat daripada biasanya sebagai salah satu cara membangunkan sahur dengan mudah. Siapkan segelas susu DANCOW FortiGro sebelum tidur agar tidurnya lebih nyenyak.

DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak. Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. DANCOW FortiGro UHT praktis dikonsumsi anak di sela-sela aktivitasnya di sekolah maupun di rumah.
Untuk bantu penuhi asupan nutrisi Si Buah Hati selama berpuasa, Bunda dapat menyiapkan satu gelas DANCOW FortiGro sebelum tidur dan saat sahur.

Buat Aktivitas Menyenangkan Setelah Sahur

Ini akan menjadi penambah semangat lainnya bagi anak untuk dapat bangun sahur karena setelah sahur mereka memiliki kegiatan lain yang akan mereka lakukan, sehingga bangun sahur bisa menjadi sebuah tantangan untuk mereka. Setelah sahur dan salat subuh, apabila jika Si Buah Hati sedang libur sekolah, Bunda bisa mengajak mereka untuk berjalan-jalan sebentar mengitari lingkungan rumah menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Namun, jika keadaan tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, ajak anak untuk bermain game board di dalam rumah, atau membuat semacam kerajinan tangan.

Berikan Reward

Berhasil berpuasa sehari penuh ataupun sepanjang bulan Ramadan tentunya sesuatu yang istimewa bagi anak-anak. Memberikan mereka reward setelahnya akan memompa semangat mereka untuk berpuasa kembali keesokan harinya. 

Reward tidak harus mahal, cukup berupa pujian dan pelukan atau makanan kesukaan mereka untuk takjil, entah itu es krim atau cupcake favoritnya. Bentuk reward juga bisa lebih besar lagi seperti sepeda baru atau baju lebaran baru. Tentunya semua kembali ke kebijaksanaan Bunda. 

Semoga dengan tips membangunkan sahur di atas Bunda dapat membangunkan Si Buah Hati untuk sahur dengan lebih mudah, ya!