Parenting

Ini Dia Kunci Agar Si Buah Hati Semangat Mengerjakan PR

30-10-2020

Bunda, Ini Dia Rahasia Si Buah Hati Semangat Mengerjakan PR

image 0

PR atau pekerjaan rumah sering kali diberikan oleh guru pada Si Buah Hati untuk mengasah keterampilan dan wawasannya. Tak jarang, semangatnya mengendur ketika harus mengulang pelajarannya di rumah. Pernah mengalami hal seperti ini, Bunda? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang, Bunda dapat membantunya tetap semangat belajar dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.


1. Ciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

image 2

Pilih tempat di bagian rumah yang tenang, pencahayaan ruangan cukup, dan perlengkapan sekolah yang memadai. Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati untuk mendekorasi ruang belajarnya sesuai kesukaannya. Kemudian, Bunda dapat memantau aktivitas Si Buah Hati selama mengerjakan PR sambil memberikan motivasi agar pekerjaan rumahnya cepat selesai. Cara ini juga cukup efektif untuk membantu Si Buah Hati tetap fokus pada tugasnya.


2. Buat Jadwal Belajar Si Buah Hati

Misalnya, pada sore hari selama satu jam. Tetapkan waktu ini dalam periode tertentu, supaya Si Buah Hati terbiasa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengerjakan PR atau belajar apa pun jika sedang tak diberikan PR oleh guru sekolahnya. Tantang Si Buah Hati untuk memperkirakan berapa lama ia dapat menyelesaikan pekerjaan rumahnya, kemudian atur waktu belajar Si Buah Hati sambil memberikan pengertian bahwa Si Buah Hati harus mengikuti aturan durasi waktu tersebut,

 

Misalnya, Bunda dapat mengatur waktu belajar pada pukul lima hingga enam sore. Baik ada PR maupun tidak, pastikan Si Buah Hati tetap menjadikannya sebagai rutinitas belajar. Dengan demikian, Si Buah Hati pun akan terbiasa untuk belajar, mengingat ada PR atau mengerjakan tugas tanpa disuruh. Pembuatan jadwal belajar ini juga sekaligus menguji pemikiran Si Buah Hati, berikut kemampuannya untuk bertahan dari tekanan mengerjakan pekerjaan rumah.

 

 

3. Dampingi Si Buah Hati Selama Belajar

image 3

 

Bunda bisa mendampingi Si Buah Hati selama proses belajar, termasuk juga saat mengerjakan PR. Bunda dapat membantu memberikan pemahaman pada Si Buah Hati seputar materi yang belum dikuasainya. Untuk hal ini, Bunda dituntut memiliki kesabaran tingkat tinggi.


4. Berikan Apresiasi

 

Ketika Si Buah Hati telah selesai mengerjakan pekerjaan rumah, usahakan untuk memberikan apresiasi yang membuatnya merasa bahagia setelah menyelesaikan tugas. Misalnya, Bunda dapat memberikan tepuk hebat atau tepuk jagoan sebagai hadiah. Atau, Bunda juga bisa memberikan stiker bintang di ruang belajarnya setiap ia selesai mengerjakan PR dengan baik. Bila memungkinkan, Bunda juga boleh menghadiahkan es krim atau kue kesukaan Si Buah Hati sebagai bentuk apresiasi lainnya. Jenis apresiasi ini bisa bervariasi sesuai kreativitas Bunda.

 

5. Hindari Si Buah Hati dari Distraksi Saat Belajar

Usahakan tidak ada benda atau hal yang dapat mengganggu proses belajar Si Buah Hati, seperti gadget atau mainan. Pertahankan gangguan seminimal mungkin. Dengan demikian, ia pun bisa lebih fokus selama belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya.

image 4

Selain berbagai cara di atas, pastikan Bunda selalu mendukung proses belajar Si Buah Hati dengan memberikannya asupan nutrisi yang cukup, dan lengkapi dengan susu DANCOW FortiGro yang merupakan sumber protein, kalsium, zat besi, zink; vitamin A, E, B3, B6 dan B12; serta kaya akan Vitamin C, D,  B1 dan B2, yang berperan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak agar #SiapSekolah.