Nutrisi

Mau Dukung Prestasi Sekolah Si Buah Hati? Pastikan Kebutuhan Gizinya Terpenuhi

11-08-2021

Anak belajar dengan tersenyum

Memasuki usia sekolah, bobot pelajaran yang harus dipahami Si Buah Hati semakin meningkat. Untuk mendukung Si Buah Hati supaya dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan mendapatkan prestasi di sekolah, Bunda perlu memastikannya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Selain dari makanan dan minuman yang Bunda hidangkan, nutrisi ini juga bisa didapatkan dari kandungan susu DANCOW FortiGro. Tapi, apa benar asupan nutrisi itu dapat memengaruhi kemampuan akademik anak?


Nutrisi Anak Usia Sekolah

Di usia sekolah, kemampuan belajar Si Buah Hati akan ditantang dengan semakin kompleksnya mata pelajaran yang mesti dipahami. Supaya anak dapat memahami pelajaran dengan baik dan mendapatkan prestasi, Bunda perlu mendukungnya dengan memberikan nutrisi yang cukup. Sebab, fungsi kognitif otak seperti kemampuan berpikir, penalaran dan pemecahan masalah, serta perkembangan otak sangat dipengaruhi oleh faktor gizi.

 

Sayangnya, banyak dari makanan yang tersedia di kalangan anak-anak justru bisa menghambat kemampuan Si Buah Hati dalam belajar karena tidak memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan anak usia Sekolah. Rata-rata makanan tersebut mengandung gula tinggi, kafein, bahan kimia dan natrium. Berbagai kandungan tersebut bisa menyebabkan Si Buah Hati mudah lelah, tidak fokus, gelisah dan mudah sakit.

 

Nutrisi dan Prestasi Anak
Menurut penelitian, dari St. John’s University, New York, Amerika Serikat, anak yang dapatkan asupan nutrisi cukup kemampuan akademiknya lebih baik, lho.  Lalu, bagaimana sih pengaruh asupan nutrisi dengan prestasi sekolah anak? Berikut ini adalah pemaparannya:


1. Nutrisi yang Tepat Dukung Kemampuan Memori & Mood Belajar

 

 

image

 

Tahukah, Bunda? Kadar gula darah dalam tubuh berkaitan dengan fungsi memori dan mood Si Buah Hati dalam belajar. Berdasarkan studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, saat Si Buah Hati sedang berpikir dalam sesi belajar, otak membutuhkan asupan gula darah yang stabil untuk mengoptimalkan kemampuan mengingat dan meningkatkan susasana hati. Untuk itu, Bunda perlu menyiapkan makanan yang dapat menjaga asupan gula darah dalam tubuh, seperti roti gandum, buah, sayuran, daging ayam tanpa lemak, ikan, dan telur


2. Nutrisi yang Tepat Dukung Perkembangan Otak Anak

Nutrisi seperti DHA dan Omega 6 juga penting untuk mendukung perkembangan otak Si Buah Hati. Penelitian yang dilakukan oleh IPB menemukan bahwa 8 dari 10 anak usia sekolah di Indonesia kekurangan nutrisi otak sebab hanya mendapatkan asupan DHA yang sedikit. Padahal, nutrisi tersebut sangat bermanfaat dalam perkembangan otak, perkembangan sistem saraf, pembentukan membran sel sehat, dan hormon yang mengatur respon imun. Oleh karena itu, Bunda bisa bantu lengkapi asupan DHA dan Omega 6 Si Buah Hati dengan minum susu seperti DANCOW FortiGro.

Baca Juga: Ini Pentingnya DHA untuk Dukung Si Buah Hati Lebih Siap Belajar di Rumah


3. Kekurangan Nutrisi dapat Mengganggu Konsentrasi Belajar

 

image

 

Nutrisi berikutnya yang tak kalah penting adalah Zat Besi. Nutrisi ini bermanfaat dalam mendukung fungsi otak dalam berpikir, dan juga menjaga imun tubuh. Kekurangan Zat Besi dikaitkan dengan  kesulitan fokus atau konsentrasi saat belajar. Jadi Bunda, ayo penuhi kebutuhan asupan Zat Besi harian Si Buah Hati agar ia senantiasa bisa fokus dalam proses belajar.


4. Nutrisi Penting Dapat Dukung Daya Tahan Tubuh Anak

Ada beberapa Vitamin dan Mineral yang dapat mendukung daya tahan tubuh Si Buah Hati, di antaranya adalah Vitamin A, C dan D. Vitamin A berguna sebagai pendukung imun tubuh. Kemudian, vitamin C merupakan nutrisi utama yang berfungsi sebagai antibakteri. Sedangkan, Vitamin D dapat mengurangi risiko penyakit autoimun dan mencegah osteoporosis. Untuk mendapatkan Vitamin yang cukup, Si Buah Hati perlu mengonsumsi beragam jenis buah dan sayur, misalnya wortel, jeruk, stroberi, dan juga berbagai jenis sayuran hijau. Jangan lupa, ajak Si Buah Hati beraktivitas di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan asupan Vitamin D.

 

Bunda, ayo dukung proses belajar Si Buah Hati dengan menyiapkan segelas DANCOW FortiGro dua kali dalam sehari. Apa saja manfaat DANCOW FortiGro? DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Karena ketika memasuki usia Sekolah kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung Vitamin dan Mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak. Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung imunitas seperti Zat Besi, Zink, Vitamin A, C, & D; kandungan nutrisi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan Minyak Ikan (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti Protein dan Kalsium. Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat dan Stroberi yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.

 

Bunda, sekarang jadi lebih paham kenapa asupan nutrisi itu penting untuk dukung prestasi belajar Si Buah Hati, ya. Nah, pastikan Si Buah Hati mendapatkan semua asupan nutrisi tadi. Berbagai kandungan susu DANCOW FortiGro dapat melengkapi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati supaya dapat berprestasi di sekolah!