Nutrisi

Mau Dukung Prestasi Sekolah Si Buah Hati? Pastikan Kebutuhan Gizinya Terpenuhi

11-08-2021

Anak belajar dengan tersenyum

Memasuki usia sekolah, bobot pelajaran yang harus dipahami Si Buah Hati semakin meningkat. Untuk mendukungnya supaya dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan mendapatkan prestasi di sekolah, Bunda perlu memastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi. Selain dari makanan dan minuman yang Bunda hidangkan, gizi ini juga bisa didapatkan dari kandungan susu DANCOW FortiGro. Bagaimana asupan gizi yang seimbang dapat mempengaruhi semangat belajar Si Buah Hati? Yuk, kita simak bersama, Bunda.

Konsep Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Dibandingkan anak usia dini, anak usia sekolah mengalami pertumbuhan yang cenderung lebih lambat tapi stabil. Namun saat ia masuk ke usia puber, dimulai pada usia 8-9 tahun untuk anak perempuan dan 10-11 tahun untuk anak laki-laki, Si Buah Hati akan mengalami growth spurt yang membuat pertumbuhannya berlangsung dengan sangat cepat.

Jika pertumbuhannya cenderung stabil, maka perkembangan anak usia sekolah cenderung berlangsung dengan cepat. Hal ini terlihat dari empat aspek perkembangan anak, yaitu fungsi otak, tubuh, serta perilaku yang termasuk interaksi sosial dan komunikasi. Hal ini terjadi karena saat memasuki usia sekolah, Si Buah Hati mulai belajar menjadi individu yang independen. Ia akan semakin banyak belajar dari lingkungannya, termasuk dari sekolah.

Pemenuhan Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah

Bunda pasti sudah paham kalau Si Buah Hati yang kebutuhan gizinya tercukupi secara seimbang akan membantunya mengalami tumbuh-kembang yang optimal. Nah, untuk mendukung tumbuh-kembangnya ini, Bunda bisa menerapkan cara memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah, yaitu dengan pemberian gizi yang seimbang. Ini berarti bahwa Bunda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan makronutrien berupa karbohidrat, protein, dan lemak, serta mikronutrien berupa vitamin dan mineral.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang paling penting dan paling tersedia untuk dikonsumsi. Terbagi atas dua jenis, terdapat karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Asupan karbohidrat yang cukup dapat diubah menjadi energi agar tubuh dapat bekerja sepanjang hari. Pilihan sumber karbohidrat yang tepat termasuk sereal gandum, nasi merah, roti gandum, buah-buahan, sayuran, dan susu. Batasi asupan karbohidrat dari gula tambahan.

Lemak

Lemak adalah makronutrien sebagai sumber dari asam lemak penting yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Lemak berfungsi untuk menyerap vitamin A, D, dan E dan lemak ekstra yang tidak digunakan di dalam tubuh. Terdapat dua jenis lemak, yakni lemak jenuh dan tak jenuh. Pastikan agar makanan Si Buah Hati kaya akan lemak tak jenuh untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol di kemudian hari. Lemak tak jenuh ditemukan pada minyak dari tanaman dan ikan, alpukat, kacang-kacangan, jagung, dan lainnya.

Protein

Secara umum protein dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bekerja sebagaimana mestinya. Asupan protein yang cukup maka tubuh mendapatkan energi dan mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Protein juga dapat memproduksi antibodi untuk melawan infeksi dan penyakit sekaligus menjaga kesehatan dan menciptakan sel-sel baru. Buat Si Buah Hati, pilih sumber protein hewani yang sehat seperti ikan, daging unggas, daging sapi, tahu, telur, dan susu. Protein juga bisa didapat dari sumber nabati seperti kacang-kacangan, gandum, maupun biji-bijian.

Vitamin dan mineral

Secara umum, kedua mikronutrien ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh baik secara fisik maupun mental serta menjaga kesehatan. Baik vitamin dan mineral terdiri dari begitu banyak jenis dan anak-anak bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan. Kekurangan vitamin dan mineral dapat berdampak pada masalah pertumbuhan. Karenanya, asupannya tetap harus diperhatikan. Jumlah kebutuhan vitamin dan mineral sendiri berbeda-beda tergantung jenis dan usianya. Ada banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak usia sekolah, di antaranya adalah kalsium, zat besi, zink, serta Vitamin A, C, B, dan D. Vitamin bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan, sedangkan mineral bisa didapatkan dari lauk-pauk, kacang-kacangan, dan susu.

Kebutuhan gizi anak bisa Bunda penuhi setiap hari lewat tiga kali makan utama, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam, serta dua kali camilan di antara sarapan-makan siang dan sore hari. Berikan makanan dengan kandungan zat gizi makro dan zat gizi mikro yang lengkap dan seimbang. Sebagai panduan porsinya, Bunda bisa mengacu ke panduan Isi Piringku.

Baca Juga: Pentingnya Kandungan Gizi Susu DANCOW untuk Prestasi Si Buah Hati

Pengaruh Terpenuhinya Kebutuhan Gizi Anak terhadap Akademis

Terpenuhinya kebutuhan gizi anak diperlukan oleh anak usia sekolah selain untuk proses kehidupan, juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan kognitif, yang akan berpengaruh terhadap kemampuan belajar anak. Anak dengan gizi normal lebih aktif dan lebih energik karena ketersediaan sumber energi dalam tubuhnya mencukupi  untuk  mereka  beraktivitas  dan belajar. Anak dengan status gizi normal dan asupan makanan yang adekuat menunjang untuk mereka berekspresi dan untuk perkembangan otak, pemeliharaan dan fungsi organ tubuhnya. Oleh sebab itu, kekurangan asupan zat gizi dapat menghambat pertumbuhan myelin pada otak, menurunkan kecerdasan sehingga dapat menyebabkan gangguan belajar.

Mendukung fungsi kognitif dan perkembangan sistem syaraf

Untuk dapat mendukung fungsi kognitif dan perkembangan sistem syaraf Si Buah Hati, Bunda perlu memenuhi kebutuhan Vitamin B dalam tubuhnya. Setidaknya, terdapat beberapa jenis Vitamin B, seperti:

  • Vitamin B1 dan B2 membantu menjaga fungsi sel-sel syaraf pada otak
  •  
  • Vitamin B3 sebagai pelindung sel-sel tubuh, salah satunya sel syaraf dalam otak
  •  
  • Vitamin B6 membantu proses metabolisme zat gizi dalam tubuh

Kombinasi lengkap Vitamin B membantu perkembangan sistem syaraf sehingga mendukung perkembangan fungsi kognitif anak

Mendukung konsentrasi belajar Si Buah Hati

Kandungan zat besi Vitamin B juga dapat mendukung konsentrasi belajar Si Buah Hati. Beberapa jenis Vitamin B yang dapat mendukung konsentrasi belajar Si Buah Hati di antaranya:

  • Vitamin B12 mendukung kelancaran peredaran darah dengan menjaga fungsi pembuluh darah
  • Zat Besi sebagai salah satu komponen penyusun sel darah merah yang membawa oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh
  • Zat Besi dan Vitamin B12 berperan dalam proses transportasi oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh, termasuk ke otak sehingga mendukung kerja otak dan menjaga tetap fokus

Dukung daya tahan tubuh

Ada beberapa Vitamin dan Mineral yang dapat mendukung daya tahan tubuh Si Buah Hati, di antaranya adalah Vitamin A, C, dan D, serta zat besi dan zink.  Untuk mendapatkan Vitamin yang cukup, Si Buah Hati perlu mengonsumsi beragam jenis buah dan sayur, misalnya wortel, jeruk, stroberi, dan juga berbagai jenis sayuran hijau. Jangan lupa, ajak Si Buah Hati beraktivitas di bawah sinar matahari untuk mendapatkan asupan Vitamin D. Sedangkan zat besi dan zink bisa diperoleh dari lauk-pauk seperti ikan, daging sapi, daging ayam, telur, dan boga bahari.

DANCOW FortiGro untuk Dukung Tumbuh-Kembang Anak Usia Sekolah

Bunda, ayo dukung proses belajar Si Buah Hati dengan memberikannya DANCOW FortiGro, yaitu susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan serta mendukung kekuatan daya tahan tubuh Si Buah Hati.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, Vitamin A, C, dan D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan boks); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam tiga macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.

Bunda, sekarang pasti jadi lebih paham tentang pentingnya asupan gizi untuk dukung prestasi belajar Si Buah Hati. Karena itu, pastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi secara seimbang agar Si Buah Hati selalu merasakan #CintaBundaSempurna, ya.