Parenting

Cukupi Nutrisi Buah Hati Agar ia #SiapSekolah

29-10-2020

Tips Agar Si Buah Hati Siap Sekolah

ahukah, Bunda? Salah satu cara agar Si Buah Hati #SiapSekolah adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Kenapa ini begitu penting? Lalu, apa saja sih asupan nutrisi yang wajib Bunda siapkan untuk Si Buah Hati? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini, Bunda!

Pentingnya Nutrisi dalam Proses Belajar Si Buah Hati

Nutrisi yang cukup dapat memengaruhi mood dan membantu Si Buah Hati lebih fokus untuk belajar, serta mendukung perkembangan otaknya dengan optimal. Ini karena nutrisi yang terdiri dari makro nutrisi (karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikro nutrisi (vitamin dan mineral) yang dibutuhkan tubuh, memainkan peran penting dalam pertumbuhan, perkembangan dan pembelajaran anak.

 

1

 

Berdasarkan pedoman dan standar untuk bekal sekolah yang disusun Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), disebutkan bahwa pemberian asupan nutrisi yang cukup bagi anak, khususnya pada usia sekolah, dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, proses belajar yang lebih baik, dan kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, pentingnya kecukupan nutrisi untuk anak juga diperkuat dengan temuan peneliti pada tahun 2014, yang menyimpulkan bahwa anak yang mendapatkan perawatan kesehatan dan makanan bergizi seimbang, dapat mengurangi risiko penyakit darah tinggi, kolesterol, diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung, saat berusia 40 tahun.

 

Siapkan Menu Bergizi untuk Si Buah Hati Setiap Hari

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati, Bunda perlu memberikan makanan bergizi seimbang yang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, dan sayuran. Supaya lebih jelas, Bunda dapat menyimak rekomendasinya dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat berikut ini:

 

1. Protein

image 2

 

Sebagai sumber asupan protein, Bunda bisa memilih telur, daging sapi, dan unggas rendah lemak atau bahkan tanpa lemak. Lebih baik lagi bila Bunda memilih ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga kacang polong.

 

2. Biji-bijian

Makanan pokok yang terbuat dari gandum, beras, tepung jagung, atau biji-bijian sereal lainnya adalah sumber energi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati agar #SiapSekolah.

 

 

3. Sayuran

image 3

 

Bunda, variasikan menu sayur Si Buah Hati dengan menyuguhkan beragam sayuran berwarna, termasuk sayuran hijau tua, merah dan oranye. Ragam sayuran seperti ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat mendukung proses belajar Si Buah Hati di kelas. Bunda juga bisa menambahkan kacang polong dan kacang-kacangan lainnya untuk membuat piring Si Buah Hati tampil lebih menarik.

 

4. Buah-buahan

Ya, buah dikenal sebagai sumber vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Si Buah Hati. Baik buah segar, jus, buah kalengan, buah kering, hingga yang dipotong maupun dihaluskan, sama-sama baik, asal tidak mengandung gula tambahan. American Academy of Pediatrics merekomendasikan anak usia 7-18 tahun harus membatasi konsumsi jus hingga delapan ons atau satu cangkir jus per harinya.

 

5. Susu

Untuk membantu melengkapi asupan gizi Si Buah Hati, Bunda dapat memberikannya susu DANCOW FortiGro yang merupakan sumber protein, kalsium, zat besi, zink; vitamin A, E, B3, B6 dan B12; serta kaya akan Vitamin C, D,  B1 dan B2, yang berperan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak agar #SiapSekolah.

 

Nah Bunda, pastikan Si Buah Hati mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tiap harinya, ya. Dengan begitu, Bunda dapat membantunya fokus belajar di sekolah dan mendukungnya selalu #SiapSekolah.