Nutrisi

Tips Menyiapkan Menu Sarapan Sehat untuk Anak

21-03-2022

Pentingnya Memberikan Menu Sarapan Sehat untuk Anak Sebelum Berangkat Sekolah

Apa menu sarapan favorit keluarga di rumah, Bunda? Tak hanya memberikan zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas, sarapan juga bisa jadi momen menyenangkan untuk Si Buah Hati, lho. Apalagi, kalau menu sarapan sehat untuk anak dibuat dari bahan makanan yang disukai anak serta bergizi lengkap dan seimbang. Lalu, bagaimana caranya membuat momen sarapan menjadi lebih menyenangkan sekaligus memberikan pemahaman soal pentingnya sarapan untuk anggota keluarga? Yuk, cari tahu!

Pentingnya Sarapan Sehat untuk Anak Usia Sekolah

Bunda tentu sering mendengar bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam satu hari. Hal ini benar adanya karena banyak sekali manfaat baik yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi sarapan.

Sarapan dapat bantu memenuhi sekitar 30% dari kebutuhan gizi harian dan waktu terbaik adalah setiap pagi di antara jam 7-9 pagi sebelum memulai aktivitas setiap hari. Menu sarapan bergizi seimbang Sarapan tidak hanya terdiri dari makanan, tetapi terdiri dari makanan dan minuman, oleh karena itu pilih sarapan sehat untuk anak dan seluruh anggota keluarga ya, Bunda!

Khusus untuk Si Buah Hati di usia sekolah, zat gizi yang didapat dari sarapan sehat untuk anak dapat membantu dia berpikir dan meningkatkan konsentrasi belajar. Anak sekolah yang sudah sarapan memiliki cukup energi untuk melakukan berbagai aktivitas maupun fokus untuk mengerjakan tugas. Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa adanya hubungan antara kebiasaan sarapan sehat untuk anak dengan perilaku di kelas dan performa akademik anak usia sekolah. Hal ini karena dengan terpenuhinya kebutuhan gizi anak, tumbuh kembang serta fungsi tubuhnya berjalan dengan optimal.

Tidak hanya manfaat akademis, ada banyak manfaat lain yang di dapat Si Buah Hati yang mengonsumsi sarapan sehat setiap hari, yaitu:

  • Mencukupi asupan gizi harian sesuai dengan kebutuhan
  • Menjaga keseimbangan gula darah
  • Mendukung kemampuan belajar serta kekuatan fisik dan stamina untuk beraktivitas
  • Sarapan sehat dapat mengontrol berat badan, karena dapat mencegah nafsu makan berlebihan saat jam makan siang.
  • Menanamkan rutinitas sejak dini pada Si Buah Hati. Membiasakan ia untuk bangun lebih pagi dan menyantap sarapan sebelum melakukan ativitas sehari-hari akan menjadi kebiasaan baik yang tertanam sejak kecil sampai dewasa nanti.

Begitu banyaknya manfaat sarapan sehat untuk anak dan keluarga, oleh sebab itu ajak anak untuk selalu membiasakan konsumsi sarapan bergizi seimbang dan jadikan sarapan sebagai salah satu kebiasaan baik yang menyenangkan.

Baca Juga: DANCOW UHT Stroberi: Minuman Bergizi untuk Buah Hati

Menyiapkan Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Menurut Simposium Sarapan Sehat tahun 2012, Bunda disarankan untuk menyiapkan menu sarapan pagi yang mengutamakan kandungan bahan pangan karbohidrat kompleks yang rendah gula, mengandung serat pangan untuk mempertahankan rasa kenyang, dan memiliki menu dengan komposisi berbagai jenis bahan pangan seperti sumber protein, sayur, dan buah, serta mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan. Gunakan panduan “Isi Piringku” untuk porsi makan bergizi seimbang.

Nah, supaya momen menikmati menu sarapan sehat untuk anak jadi makin seru, Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati dan keluarga melakukan kegiatan yang seru ini di pagi hari, terutama di hari yang santai pada akhir pekan. Yuk, simak inspirasinya di bawah ini!
 

1. Pilih menu sarapan

Bunda dan keluarga bisa melakukan kegiatan ini di malam hari. Caranya, siapkan kertas dan bentuklah menjadi lingkaran, kemudian Bunda bisa membagi kertas yang sudah berbentuk lingkaran itu menjadi 4-6 bagian. Setelah itu, siapkan gambar (sesuai dengan pembagian kertas) makanan yang diinginkan di keesokan paginya dan tempelkan gambar makanan tersebut pada bagian kertas. Kemudian, Bunda bisa siapkan satu botol kosong, yang nanti akan dipakai sebagai penunjuk gambar. Ketika botol diputar dan berhenti moncong botol menunjukkan satu menu, berarti itulah makanan yang akan disajikan sebagai sarapan esok harinya.

2. Membuat sarapan bersama

Membuat menu sarapan sehat untuk anak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga. Jadi, Bunda sebaiknya libatkan Si Buah Hati dan anggota keluarga lainnya untuk menyiapkan menu makanan di pagi hari. Aktivitas seperti ini membutuhkan komunikasi dan kerja sama, sehingga Bunda dan keluarga dapat terus menjaga kekompakan di rumah sekaligus melatih kemampuan bahasa Si Buah Hati.

3. Menata meja makan

Nah! Bunda juga bisa mengajak anggota keluarga untuk membantu menyiapkan meja makan. Misalnya, menata piring, sendok, dan garpu, atau menatanya dengan hiasan seperti bunga atau tanaman. Kalau mau membuat suasana sarapan yang berbeda, Bunda juga bisa mengajak keluarga untuk sarapan dengan duduk lesehan seperti piknik yang bisa dilakukan di dalam rumah ataupun di halaman rumah. Kegiatan ini bisa membantu Bunda untuk membuat suasana sarapan menjadi lebih hangat, sehingga Si Buah Hati dan keluarga jadi makin semangat untuk sarapan.

4. Bercerita tentang kegiatan yang akan dijalani

Berbagi cerita tentang kegiatan-kegiatan yang akan dijalani pada hari itu ke seluruh anggota keluarga akan membantu Si Buah Hati lebih ringan dalam menjalani hari. Misalnya hari ini Si Buah Hati ada tes di sekolah, maka anggota keluarga lain dapat memberinya semangat sehingga ia juga bersemangat mengerjakan tesnya.

Begitu juga Bunda, misalnya dapat menanyakan menu makanan yang diinginkan keluarga untuk hari itu. Obrolan-obrolan ringan seperti ini akan memperkuat ikatan seluruh anggota keluarga.

5. Lengkapi menu sarapan dengan segelas susu

Setelah mengetahui pentingnya sarapan dengan menu bergizi lengkap dan seimbang, Bunda bisa pilih segelas susu sebagai pilihan pelengkapnya. Di dalam segelas susu terkandung Protein serta Kalsium sebagai sumber zat gizi pendukung pertumbuhan anak. Selain itu, susu yang difortifikasi dengan berbagai zat gizi lainnya seperti Vitamin A, B, C, Zink, dan Selenium juga menambah nilai manfaat gizinya jika disertai dengan konsumsi makanan bergizi seimbang.

 

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan zat gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Karena ketika memasuki usia sekolah kebutuhan zat gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas Si Buah Hati.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung zat gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, Vitamin A, C, & D; kandungan zat gizi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan minyak ikan (khusus varian Instant kemasan boks); serta kandungan zat gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan zat gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat dan Stroberi yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.

Nah, bagaimana Bunda? Semoga tips seputar aktivitas seru saat menyajikan menu sarapan sehat untuk Si Buah Hati di atas membantu, ya. Jangan lupa siapkan segelas DANCOW FortiGro pada pagi hari supaya lebih semangat sarapan. Selamat mencoba!