Parenting

4 Persiapan Puasa Ramadan untuk Mental dan Fisik Si Buah Hati

30-10-2020

4 Tips Menyiapkan Mental

Dalam persiapan puasa Ramadan, ada berbagai hal yang harus dilakukan untuk Si Buah Hati, termasuk mental dan fisiknya. Meski belum memasuki usia wajib berpuasa, mengajarkan anak untuk mulai berpuasa dapat dilakukan sejak dini agar saat waktunya datang, dia sudah siap. 

Ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk menyiapkan mental dan fisik Si Buah Hati sebagai persiapan menyambut bulan Ramadan, antara lain:

  1. Jelaskan Manfaat Berpuasa
    Sesuai dengan usia serta kapasitas pemahamannya, Bunda bisa mulai memberi tahu alasan mengapa bagi umat Islam, berpuasa itu merupakan hal yang wajib dilakukan. Bagi anak yang belum wajib, Bunda bisa menjelaskan juga dari segi manfaat yang didapat sekaligus cara berpuasa yang menyenangkan dan dapat dimengerti oleh Si Buah Hati.

    Dengan demikian, dia bisa belajar berpuasa dengan ikhlas atas kehendak sendiri sekaligus dapat menikmati puasa yang dijalaninya.

  2. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan
    Karena Si Buah Hati belum wajib berpuasa, dorongan untuk terus ikut berpuasa menjadi hal yang memotivasi dirinya agar selesai berpuasa hingga berbuka.

    Yang perlu diingat, jangan sampai Si Buah Hati melakukannya dengan terpaksa karena akan menghilangkan esensi dari berpuasa itu sendiri. Biarkan dia menjalani puasa dengan langkahnya sendiri secara bertahap. Yang terpenting adalah mulai untuk memahami puasa itu sendiri.

  3. Menyusun Menu Sahur dan Berbuka
    Melibatkan Si Buah Hati dalam menyusun menu sahur dan berbuka akan membuatnya semangat untuk mulai berpuasa. Apalagi ketika sahur, rasa kantuk biasanya membuat Si Buah Hati malas makan.

    Keterlibatannya dalam penyusunan menu bisa membuatnya semangat menyambut makanan yang sudah dipersiapkan. Begitu juga saat berbuka puasa, dia akan mengantisipasi untuk makan menu yang sudah dia susun sebelumnya.

  4. Pastikan Si Buah Hati Sehat
    Jika bagi orang dewasa yang sakit saja puasa tidak wajib, apalagi bagi anak-anak. Untuk itu, dalam persiapan bulan Ramadan dan ketika menjalani puasa, kesehatannya turut penting untuk selalu memerhatikan kesehatan anak.

    Dengan tubuh yang sehat, maka dia akan siap belajar mulai berpuasa. Tidak hanya sehat secara fisik tapi juga siap secara mental.

    Persiapan puasa Ramadan untuk Si Buah Hati memang meliputi banyak aspek. Makanya, kekuatan Si Buah Hati yang baru mulai berpuasa juga harus didukung dengan gizi yang cukup dan seimbang agar kebutuhan gizi hariannya tetap terpenuhi meski sedang berpuasa.

    Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian Si Buah Hati, beri dia dua gelas DANCOW FortiGro setiap hari saat sahur dan sebelum tidur.

Baca Juga: Manfaat Susu UHT yang Praktis dan Bergizi

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. DANCOW FortiGro UHT praktis dikonsumsi anak di saat berbuka puasa sebagai menu takjil. Selamat mencoba, ya Bunda!