Parenting

Menjadi Single Mom Sukses untuk Tumbuh Kembang Si Buah Hati

01-09-2022

Menjadi Single Mom Sukses untuk Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Ketika situasi dan kondisi membuat Bunda menjadi single mom, wajar jika kemudian muncul rasa khawatir, apakah Bunda bisa menjadi single mom yang baik dan sukses mengasuh Si Buah Hati? Dengan strategi yang tepat dan modal kuat #CintaBundaSempurna untuknya, Bunda bisa menjadi single mom yang sukses mengasuh Si Buah Hati agar tumbuh-kembangnya optimal.

Tantangan Menjadi Single Mom

Saat menjadi seorang single mom, tak terhindari Bunda akan memiliki berbagai tantangan besar, baik dari dalam maupun luar. Kalau dibayangkan, mungkin Bunda tak akan sanggup menjalani tantangan menjadi Ibu tunggal. Namun tentu saja, semua orang diberkati dengan kekuatan dan ketangguhan dalam menghadapi masalah hidup. Karena itu, walaupun terasa sangat berat, Bunda pasti akan bisa menjalaninya.

Berbagai tantangan yang umum dihadapi oleh seorang single mom di antaranya adalah:

Meragukan kemampuan diri

Karena mengasuh Si Buah Hati seorang diri, maka rasa ragu apakah Bunda sudah menjadi ibu yang baik, atau apakah pola asuh yang Bunda terapkan sudah tepat, pasti akan hadir. Jika memiliki pasangan, ada orang lain yang bisa memberi penilaian dan masukan. Kalau sendirian, siapa yang akan melakukannya untuk Bunda?

Mengambil keputusan sendirian

Memutuskan sesuatu sendirian, apalagi jika berkaitan dengan Si Buah Hati, bisa menjadi sesuatu yang membingungkan karena khawatir membuat keputusan yang salah. Walau mungkin mendapat masukan dari orang-orang terdekat, tapi mengambil keputusan sendiri tanpa berbagi dengan pasangan tetap saja terasa berat.

Kesepian

Memang, kehadiran pasangan tak menjamin Bunda tak merasa kesepian. Namun jika penyebab Bunda menjadi single mom adalah kematian pasangan, maka wajar jika Bunda merasa sangat kehilangan dan kesepian. Selain itu, rasa sepi juga bisa muncul saat si Buah sedang menghabiskan waktu bersama Ayahnya.

Kekhawatiran soal keuangan

Masalah keuangan memang bisa menjadi penyebab kecemasan dan kekhawatiran bagi single mom karena pemasukan yang berkurang. Ini bisa membuat menutupi pengeluaran untuk kebutuhan primer saja kadang sudah terasa berat, belum lagi untuk mengisi tabungan.

Stigma negatif di masyarakat

Jika Bunda memutuskan bercerai dengan pasangan sehingga menjadi single mom, tantangan yang Bunda hadapi bertambah dengan adanya stigma yang negatif di masyarakat karena dianggap gagal membina rumah tangga. Padahal, kebanyakan orang tidak tahu penyebabnya tapi sudah memberi penilaian dan penghakiman.

Baca Juga: Cara Menjadi Ibu yang Baik Versi Diri Sendiri

Cara Menjadi Single Mom yang Sukses

Melihat tantangan-tantangan ini, rasanya sangat sulit untuk menjadi single mom yang bahagia dan sukses. Jangan putus asa dulu, Bunda, coba terapkan kiat-kiat cara menjadi single mom yang baik berikut ini:

Yakin pada diri-sendiri

Bunda mungkin merasa kurang sebagai seorang single mom, padahal sebenarnya Bunda telah memenuhi kriteria seorang ibu yang baik, terlepas dari status single atau tidak. Cobalah Bunda kilas balik dan melihat perjalanan selama menjadi single mom; Bunda akan melihat betapa kuat dan tahan bantingnya Bunda menghadapi segala tantangan yang ada. Karena itu, Bunda harus yakin dan bangga pada diri-sendiri.

Mengatur waktu sebaik mungkin

Mengasuh Si Buah Hati, mengurus rumah, bekerja, acara keluarga, dan lainnya, bisa membuat Bunda kewalahan. Karena itu, mengatur waktu dengan membuat jadwal aktivitas setiap hari akan sangat membantu. Jika memungkinkan, libatkan juga Ayahnya untuk mengasuh Si Buah Hati, misalnya dengan mengantarkannya untuk mengikuti kelas renang pada akhir pekan atau menemaninya mencari buku yang dibutuhkan untuk belajar.

Membangun support system

Berbagai penilaian negatif dari orang lain bukanlah sesuatu yang bisa Bunda kontrol, jadi memikirkannya hanya akan membuat sedih dan stres berkepanjangan. Akan lebih baik jika Bunda fokus membangun jaringan berisi orang-orang yang paham dan suportif terhadap Bunda, bisa terdiri dari keluarga, sahabat, teman-teman dekat, tetangga dekat, dan anggota komunitas. Akuilah jika Bunda butuh bantuan mengurus Si Buah Hati, dan terimalah bantuan saat mereka melihat Bunda kewalahan.

Tetap merawat diri

Wajar jika single mom banyak menghabiskan waktu untuk mengurus rumah dan Si Buah Hati. Jangan lupakan untuk mengurus diri sendiri ya, Bunda. Secara rutin, lakukan berbagai aktivitas yang dapat memicu kebahagiaan dan kebaikan bagi diri, misalnya berolahraga, merawat tubuh, melakukan hobi, menjadi relawan, atau berkumpul bersama teman-teman dekat. Jika Bunda bahagia menjadi single mom, maka kebahagiaan ini akan menular ke Si Buah Hati.

Buatlah prioritas

Jika kondisi keuangan Bunda tak sebaik saat masih menikah, maka Bunda harus menyusun skala prioritas. Dengan demikian, Bunda tahu uang yang terbatas ini harus disalurkan untuk kebutuhan yang mana.  Bunda juga sebaiknya melakukan penyesuaikan. Jika sebelumnya terbiasa berbelanja pangan impor, maka Bunda bisa memilih pangan lokal tapi berkualitas baik. Jika sebelumnya rutin liburan ke luar negeri, maka kali ini liburan ke kota terdekat sudah cukup.

 

Untuk urusan pemenuhan gizi Si Buah Hati sehari-hari, Bunda tak perlu risau karena ada DANCOW FortiGro yang bisa membantu melengkapi kebutuhan gizi Si Buah Hati untuk tumbuh-kembangnya karena DANCOW selalu membantu hadirkan #CintaBundaSempurna.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas Si Buah Hati.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, Vitamin A, C, dan D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan boks); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam tiga macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.

Menjadi single mom yang sukses memang tak mudah, tapi tak berarti mustahil. Yuk, tetap semangat dan berusaha keras, Bunda!