Parenting

5 Cara Mengembangkan Kreativitas Anak

29-10-2020

5 Aktifitas Untuk Kembangkan Kreatifitas

Kreativitas merupakan bagian penting dari proses berpikir, belajar, dan berkreasi Si Buah Hati. Salah satu faktor yang berpengaruh saat mengembangkan kreativitas anak, antara lain lingkungan, stimulasi, dukungan dari orang tua, serta lingkungan sekitar. 

Nah, di bulan puasa seperti ini, Si Buah Hati akan lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Apalagi di masa pandemi sekarang, banyak aktivitas di luar yang kini dilakukan di dalam rumah. Hal ini pun membuat Bunda harus memutar otak agar lebih kreatif dalam mengembangkan kreativitas Si Buah Hati. Maka dari itu, ada beberapa cara mengembangkan kreativitas anak selama puasa, seperti:

  1. Diskusi dengan Pertanyaan Terbuka
    Biasakan mengajukan pertanyaan terbuka kepada Si Buah Hati yang jawabannya tak terbatas pada “ya” dan “tidak” saja ya, Bunda. Selain itu, bebaskan Si Buah Hati bertanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya melalui diskusi yang positif bersama Bunda.

    Di bulan puasa khususnya, akan sangat banyak pertanyaan yang muncul mengenai puasa dan bulan Ramadan itu sendiri. Dengan cara berdiskusi dengan sehat, maka akan semakin membuka wawasannya untuk terus kritis dan kreatif karena memahami hal lebih banyak dan mendalam.

  2. Dorong Anak untuk Berani Mengeksplorasi
    Bunda, ajak Si Buah Hati melakukan aktivitas eksplorasi. Tak perlu terlalu rumit, kok. Eksplorasi bisa dilakukan saat bermain di luar, saat berkunjung ke tempat wisata atau sesederhana mencari jawaban untuk suatu pertanyaan melalui berbagai sumber.

    Di rumah, eksplorasi bisa dilakukan secara online dengan pendampingan Bunda. Sisihkan waktu beberapa jam untuk dia mengeksplorasi dunia yang dia minati sekaligus belajar memahaminya. 

  3. Bermain dengan Mainan Konstruksi
    Mainan konstruksi seperti balok, mainan lilin, atau slime memberi kesempatan bagi Si Buah Hati untuk mengembangkan kreativitas melalui imajinasi yang bersarang di kepalanya. Tak perlu ada instruksi khusus, biarkan saja dia merangkainya sesuai dengan apa yang tersedia di depannya. Bunda akan dibuat kagum dengan apa yang Si Buah Hati bisa lakukan. Mainan seperti ini efektif untuk ngabuburit menanti waktu tiba.

  4. Bermain Peran
    Yuk, kembangkan imajinasi dan kreativitas Si Buah Hati dengan bermain peran atau role play sesuai peran dan imajinasi Si Buah Hati. Bunda dapat memanfaatkan berbagai benda yang ada di rumah dan barang-barang bekas agar permainan bersama Si Buah Hati jadi makin seru.

  5. Fasilitasi, Bukan Mengatur
    Untuk aktivitas apa pun, termasuk saat Si Buah Hati bermain, peran orang tua adalah sebagai fasilitator saja. Biarkan Si Buah Hati yang “memimpin” dalam aktivitas tersebut dan bukan Bunda atau orang tua yang menemani. Dengan demikian, hal yang utama ada kreativitasnya.

    Mengembangkan kreativitas untuk Si Buah Hati kala bulan puasa memang rentan kendur akibat kehabisan energi dan berimbas pada terhambatnya pertumbuhan kreativitas anak. Lagipula, perkembangan kreativitas juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk asupan gizi yang diperolehnya setiap hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Memberikan Waktu Istirahat Optimal untuk Si Buah Hati

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Bunda perlu memastikan agar Si Buah Hati mendapatkan asupan gizi harian yang cukup. Memberikan DANCOW FortiGro bisa dijadikan salah satu pilihan untuk membantu Bunda memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun.

Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.
Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. DANCOW FortiGro UHT praktis dikonsumsi anak selama bulan Ramadan, yaitu sebagai salah satu menu takjil Ketika berbuka puasa.