Parenting

Langkah Mudah Mengajarkan Si Buah Hati Makna Puasa

28-04-2022

Langkah Mudah Mengajarkan Si Buah Hati Makna Puasa

Bagi anak-anak yang umurnya belum mencukupi, berpuasa pada bulan Ramadan bukanlah sebuah kewajiban. Namun sering kali, si Buah Hati tidak ingin ketinggalan dan ikut berpuasa karena orang tua dan anggota keluarga yang lain di rumah melakukannya.

Agar ia paham mengenai puasa dan tidak hanya menjalaninya karena ikut-ikutan, Bunda bisa mengajarkan makna puasa, tentunya dengan cara-cara yang simpel dan mudah ia pahami.

Makna Puasa Ramadan, Bukan Sekadar Tidak Makan-Minum

Dalam Islam, menjalankan ibadah puasa merupakan rukun Islam keempat. Umat Islam yang wajib menjalankannya adalah yang dianggap mampu. Anak-anak yang belum akil balig termasuk kelompok yang dianggap tidak berkewajiban menjalani puasa.

Makanya, puasa bagi anak-anak merupakan bentuk latihan saja dan disarankan orang tua untuk tidak memaksakan si Buah Hati menjalaninya, apalagi jika masih kecil.

Bisa jadi si Buah Hati berpikir bahwa puasa Ramadan hanyalah untuk menahan keinginan untuk makan dan minum. Padahal esensi di balik ibadah ini bukan soal mengalami lapar dan haus, tapi mengenai mengontrol dan menahan diri sehingga dapat terbentuk kebiasaan baik yang terus berlangsung pada bulan-bulan setelah Ramadan.

Puasa Ramadan juga menjadi bentuk empati kepada orang-orang tidak mampu dengan ikut merasakan penderitaan mereka yang sering kali terpaksa tidak makan dan minum karena tidak punya uang untuk membelinya.

Baca Juga: Saat Tepat Mengajarkan Si Buah Hati Berbagi saat Ramadan

Cara Mengajarkan Anak Makna Berpuasa

Bunda bisa jelaskan semua ini dengan cara yang simpel dan mudah dipahami. Cara menjelaskan makna berpuasa pada anak ini bisa dilakukan dengan:

  • Mempelajarinya bersama

Ada berbagai buku atau acara anak Islami yang dapat dan dibaca dan ditonton si Buah Hati agar ia dapat belajar tentang makna puasa Ramadan. Walaupun begitu, akan lebih baik jika kegiatan ini dilakukan bersama orang tua. Dengan demikian, Bunda bisa memberikan penjelasan lebih banyak untuk memuaskan rasa ingin tahunya dan ia lebih paham.

  • Memberi contoh

Anak-anak merupakan peniru apa yang dilakukan orang tuanya. Jadi, Bunda sebaiknya memberikan contoh yang baik kepada si Buah Hati agar ia lebih paham tentang makna puasa. Tak hanya menahan hawa nafsu dalam bentuk makan dan minum, tapi juga dalam hal-hal lain. Mengajak si Buah Hati untuk lebih banyak beribadah dan melakukan kebaikan kepada sesama akan membuat hal ini tertanam di dirinya.

  • Memberi dukungan

Si Buah Hati tentu akan merasa sangat senang jika apa yang ia lakukan mendapat dukungan orang tuanya. Karena itu, dukunglah semangatnya untuk belajar berpuasa, walaupun ia baru kuat melakukannya beberapa jam atau separuh hari. Berikan penghargaan jika ia berhasil menjalani puasa sesuai target yang ia tetapkan sendiri. Penghargaan tak harus berupa uang dan barang, tapi bisa berupa pujian dan pelukan untuk si Buah Hati.

Salah satu bentuk dukungan yang bisa Bunda berikan kepada si Buah Hati adalah memastikan ia mendapatkan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya selama latihan berpuasa.

Sajikan menu yang bervariasi dari empat kelompok makanan, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan. Utamakan yang kaya protein dan serat untuk membantunya tidak mudah lapar saat berpuasa. Pastikan juga ia minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

Untuk melengkapi menu puasanya, Bunda bisa memberikan DANCOW FortiGro. DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung zat gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan gizii untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika sahur ataupun sebelum waktu tidur.

Berikan segelas susu DANCOW FortiGro pada saat sahur dan segelas lagi pada saat berbuka puasa agar kebutuhan gizinya tetap terpenuhi walau sedang belajar berpuasa, ya Bunda!