Parenting

Kenali Minuman Berbuka Puasa yang Sehat, Tambah Energi dan Anti-Lemas

09-03-2023

Kenali Minuman Berbuka Puasa yang Sehat, Tambah Energi dan Anti-Lemas

Salah satu kunci sukses agar dapat berpuasa dengan lancar tanpa lemas adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh secara optimal. Tak hanya berlaku bagi orang dewasa, menghidrasi tubuh melalui konsumsi berbagai jenis minuman berbuka puasa yang sehat juga sangat baik untuk diberikan pada Si Buah Hati yang sedang belajar berpuasa.

Selain mencegah dehidrasi, minuman sehat dan segar untuk buka puasa juga berperan besar dalam mengembalikan energi agar dapat kembali berpuasa dan beraktivitas tanpa rasa lemas keesokan harinya. Demi kesehatan tubuh, pastikan memilih jenis minuman yang tepat saat berbuka dan tak perlu langsung tergoda untuk mencari minuman es atau minuman dingin.

Apakah Boleh Buka Puasa Minum Es?

Jangankan anak-anak, hampir sebagian besar orang dewasa juga seringkali merasa tergiur untuk langsung berbuka puasa dengan minuman dingin yang menggoda. Sayangnya, hal ini justru merupakan hal yang tidak disarankan untuk dilakukan.

Jadi, apakah boleh buka puasa minum es? Pakar nutrisi dan kesehatan mengungkap langsung mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa hanya akan membuat lambung bekerja dengan lebih lambat dan merasa ‘kaget’ karena harus beradaptasi dengan suhu dingin dari minuman yang dikonsumsi. Kondisi inilah yang seringkali membuat perut lebih mudah kembung atau terasa sangat penuh.

Selain itu, minuman yang tidak sesuai dengan suhu tubuh biasanya akan membuat tubuh bekerja lebih berat dalam mencernanya. Sebab tubuh harus menyesuaikan suhu makanan atau minuman dengan suhu tubuh terlebih dahulu sebelum dapat mencernanya dengan baik.

Baca Juga: Yuk, Buka Puasa dengan Hidangan Segar dan Menyehatkan!

Pilihan Minuman Berbuka Puasa yang  Sehat

Berikut ini rekomendasi minuman sehat dan segar untuk buka puasa yang bisa dikonsumsi oleh keluarga selama bulan Ramadan.

1. Air mineral

Alih-alih langsung minum air es, sebaiknya batalkan puasa dengan minum air mineral hangat atau air dengan suhu ruangan untuk membantu proses metabolisme tubuh dan mendapatkan beberapa manfaat lain seperti:

  • Mencegah dehidrasi.
  • Meningkatkan kesehatan ginjal.
  • Memelihara kesehatan kulit.
  • Mengatasi sembelit.
  • Memelihara kesehatan kulit.

Waktu terbaik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh melalui konsumsi air mineral selama bulan Ramadan antara lain saat bangun sahur, setelah sahur, saat berbuka puasa, setelah sholat maghrib, setelah makan malam, setelah sholat isya, setelah tarawih, dan sebelum tidur.

2. Air kelapa sebagai Pilihan Minuman Berbuka Puasa yang Sehat

Penelitian menyebut dalam 240 ml air kelapa murni mengandung 46 kalori dan gizi lainnya seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mineral (magnesium, kalsium, kalium), serta antioksidan. Hal inilah yang membuat air kelapa cocok dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa yang sehat, membantu mengatasi dehidrasi, meningkatkan stamina tubuh, dan menurunkan risiko penyakit serius selama berpuasa seperti jantung, batu ginjal, dan tekanan darah tinggi. Manfaat ini hanya bisa didapatkan dari air kelapa murni, oleh karena itu usahakan untuk tidak menambahkan pemanis tambahan ke dalam air kelapanya, ya!

3. Jus Buah

Kandungan vitamin dan mineral seperti kalium di dalam jus buah sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh yang hilang selama berpuasa. Beberapa buah yang bisa dijadikan sebagai jus yang menyegarkan dan bergizi antara lain semangka, melon, dan alpukat.

4. Smoothies Kurma

Selain jus buah, kita juga bisa membuat minuman berbuka puasa yang sehat seperti smoothies kurma yang terbuat dari campuran susu dan kurma tanpa pemanis tambahan lainnya. Bunda bisa menggunakan susu full cream yang kaya akan kandungan protein dan kalsium untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi. Selain berperan sebagai pemanis alami, kurma juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori tubuh berkat kandungan karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.
  • Menstabilkan gula darah.
  • Menggantikan elektriolit tubuh yang hilang selama berpuasa.
  • Melindungi tubuh dari peradangan.

5. Susu tanpa gula tambahan

Selain menyehatkan dan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lama, susu juga merupakan minuman buka puasa penambah energi untuk anak. hal ini karena kandungan protein dan kalsium di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya minum susu tanpa pemanis tambahan baik saat sahur dan berbuka puasa.

Jika Si Buah Hati di rumah sedang belajar untuk berpuasa, pastikan untuk memberikan susu yang sesuai dengan usia dan kebutuhan tubuhnya, seperti DANCOW FortiGro untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia 6-12 tahun, terutama saat berpuasa.

Saat ini, DANCOW FortiGro tersedia dalam tiga macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada DANCOW FortiGro:

  1. Zat besi, zink, Vitamin A, C, dan D, untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.
  2. Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan boks) untuk mendukung proses belajar anak.
  3. Protein dan kalsium untuk mendukung proses tumbuh kembang anak agar berjalan optimal.

Selain itu DANCOW FortiGro juga dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila. Sangat praktis, aman dikonsumsi kapan saja dan di mana saja, termasuk saat buka puasa.

Oleh karena itu, yuk sediakan selalu DANCOW FortiGro sebagai minuman berbuka puasa yang sehat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi anak setiap harinya!

Fortigro Ramadan