Inspirasi Ngabuburit Seru di Rumah Bersama Si Buah Hati

16-09-2020

Si Buah Hati bosan karena puasa di rumah seharian

Si Buah Hati sudah mulai belajar puasa? Nah, supaya Si Buah Hati tidak bosan di rumah seharian selama puasa dan pandemi ini, Bunda perlu mengajaknya melakukan berbagai aktivitas seru hingga menjelang berbuka. Bunda bisa mendapatkan tips ngabuburit saat pandemi yang juga bermanfaat untuk mempererat ikatan batin dengan Si Buah Hati. Berikut ini adalah beberapa tips ngabuburit saat pandemi. Yuk, coba mengajarkan Si Buah Hati berpuasa di rumah diiringi dengan tips aktivitas ngabuburit!

Membuat Kerajinan Tangan Sesuai dengan Minat Si Buah Hati

Tips ngabuburit saat pandemi yang pertama adalah Bunda bisa memilih jenis kerajinan tangan yang disukai Si Buah Hati. Misalnya bila Si Buah Hati menyukai dongeng tentang putri kerajaan, Bunda bisa mengajaknya membuat mahkota dari kertas. Bentuk kegiatan lainnya adalah menggambar kartu ucapan puasa atau lebaran untuk difoto lalu dikirim ke teman-temannya. Sehingga, silaturahmi Si Buah Hati dengan teman-temannya tetap terjaga meski di rumah saja.

Bermain di Rumah atau via Online

Bunda bisa mulai dari permainan tebak-tebakan nama benda atau hewan via video call dengan keluarga atau teman Si Buah Hati. Selain itu, Bunda juga bisa ajak Si Buah Hati membuat vlog atau video sederhana bersama Si Buah Hati. Bentuk permainan lainnya yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah hati adalah board game seperti ular tangga, ludo, atau monopoli. Permainan ini bisa sekaligus mengajaknya belajar berhitung.

Beres-Beres Lemari

Selain untuk membuat lingkungan tempat tinggal Si Buah Hati lebih nyaman, aktivitas ini bisa sekaligus melatih Si Buah Hati untuk mandiri dalam menjaga kebersihan dan kerapian. Tak hanya itu, bila ada baju yang sudah tidak pernah dikenakan namun masih layak pakai, Bunda bisa membantu Si Buah Hati untuk memilih baju untuk disumbangkan. Jadi, sambil beres-beres lemari Bunda juga dapat mengasah kepekaan Si Buah Hati untuk berbagi.

Baca Cerita Sambil Camping

Sebisa mungkin, ajak Si Buah Hati melakukan kegiatan yang sekaligus dapat meningkatkan kemampuan kognitif atau berpikir, terutama bila kondisi saat ini mengharuskan ia belajar dari rumah. Tips ngabuburit saat pandemi yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati yaitu membaca buku cerita favoritnya. Agar lebih seru, Bunda bisa mengatur lokasi membaca di kamar atau halaman rumah seperti sedang camping atau piknik. Dengan demikian, Si Buah Hati pun akan melupakan rasa laparnya hingga waktu buka puasa tiba.

Memilah Mainan dan Pakaian untuk Disumbangkan

Ajarkan Si Buah Hati untuk dapat berbagi barang-barang yang mereka miliki. Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk membereskan mainan dan pakaian, sekaligus memilah barang-barang tersebut untuk bisa didonasikan kepada orang lain.
Libatkan Si Buah Hati dalam memilih dan memberikan setiap barang-barang yang masih layak digunakan. Dengan demikian, mereka bisa memiliki pengalaman langsung menyalurkan donasi tersebut secara langsung kepada orang-orang yang memerlukan.

Menyiapkan Takjil di Rumah

Ayo, ajak Si Buah Hati menyiapkan menu berbuka puasa, Bunda. Kesibukan menjelang buka puasa atau ngabuburit bisa mengalihkan perhatian Si Buah Hati yang tidak sabar menanti bedug Maghrib tiba. Pilih menu berbuka puasa kesukaan Si Buah Hati agar ia bersemangat untuk mempersiapkannya. Misalnya dengan menyajikan DANCOW FortiGro UHT sebagai salah satu pilihan menu takjil. Selain kemasannya yang praktis, DANCOW FortiGro UHT juga memiliki varian rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. 

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Baca Juga: 5 Ide Seru Belajar sambil Bermain di Rumah bersama Si Buah Hati

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream

Nah, itu dia Bunda tips kreatif ngabuburit bersama anak agar Si Buah Hati tidak bosan saat menunggu waktu berbuka dan semangat belajar puasanya. Kira-kira Bunda mau ajak Si Buah Hati lakukan apa hari ini berdasarkan tips ngabuburit saat pandemi di atas? Untuk cari tahu tips lainnya supaya #SiapBelajarPuasa, Bunda bisa cek infonya di sini.