Parenting

Bunda, Inilah Gizi yang Wajib Ada di Menu Sarapan Sehat untuk Anak

08-06-2022

Bunda, Inilah Gizi yang Wajib Ada di Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Sarapan adalah kegiatan mengonsumsi makanan dan minuman dalam rentang waktu dari bangun tidur sampai jam sembilan pagi. Bagi Si Buah Hati dalam usia sekolah, sarapan penting demi memastikan ia memiliki energi yang cukup serta bisa berkonsentrasi dengan baik saat belajar di sekolah.

Untuk itu, Bunda dapat menyajikan menu sarapan sehat untuk anak agar proses belajarnya di sekolah tidak sampai terganggu.

Manfaat Konsumsi Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Sarapan dapat memenuhi kebutuhan gizi harian Si Buah Hati sampai 30 persen. Karena itu, penting baginya untuk selalu mengonsumsi sarapan setiap hari.

Dengan menu sarapan sehat untuk anak sekolah, ia akan memiliki asupan gizi yang cukup untuk berpikir dan beraktivitas fisik pada pagi hari. Asupan ini penting setelah ia berpuasa selama beberapa jam saat tidur malam.

  • Sarapan menyediakan zat gizi yang esensial bagi sistem saraf pusat, sehingga cara berpikir Si Buah Hati menjadi lebih efisien.
  • Sarapan membantunya memiliki berat badan yang sehat dan indeks massa tubuh normal karena ia terhindar dari jajan makanan yang tidak sehat.
  • Sarapan membantu menjaga kesehatan mentalnya dengan menurunkan kadar kecemasan dan depresi.
  • Secara keseluruhan, sarapan sehat terbukti memberi pengaruh positif bagi anak-anak usia sekolah, baik dari perilaku, kognitif, dan kinerja akademis di sekolah.

Manfaat ini akan didapatkan oleh Si Buah Hati secara optimal saat ia rutin sarapan dengan menu sarapan pagi sehat untuk anak. Karena itu, Bunda, jangan lewatkan untuk memberinya asupan gizi yang penting baginya untuk mengawali hari.

Tips Menyiapkan Sarapan Sehat untuk Anak Usia Sekolah

Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk memadukan semua kelompok pangan dalam menu sarapan Si Buah Hati untuk memastikan ia mendapat asupan gizi yang seimbang, yaitu makanan pokok. lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Bunda dapat memberi porsi lebih untuk karbohidrat, protein, dan lemak sehat.

Untuk menu sarapan sehat untuk anak, IDAI menganjurkan 50 persennya terdiri dari karbohidrat berupa gabungan karbohidrat sederhana yang cepat memberi energi dan karbohidrat kompleks yang membuat gula darah stabil lebih lama. Karbohidrat akan menjadi bahan bakar yang memberi energi kepada Si Buah Hati saat ia beraktivitas. Protein dan lemak dibutuhkan untuk mendukung fungsi kognitif serta memberi rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Pentingnya Memenuhi Asupan Nutrisi Anak Sekolah

Agar Si Buah Hati tidak bosan, Bunda dapat berkreasi menu sarapan sehat untuk anak yang lezat. Bunda tak perlu melarang ia mengonsumsi makanan yang mengandung gula atau lemah jenuh saat sarapan, cukup berikan sesekali dan dalam jumlah kecil sebagai penarik agar ia bersemangat untuk sarapan. Supaya tidak terburu-buru, Bunda dapat menyiapkan bahan-bahan makanan untuk sarapan dari malam hari sebelum tidur, sehingga tinggal memprosesnya pada pagi hari.

Jika Si Buah Hati tak bisa sarapan besar karena merasa perutnya belum siap, maka tak perlu dipaksakan untuk makan satu porsi. Bunda bisa mengubah menu sarapan menjadi setengah porsi atau porsi kecil, tapi pastikan kaya akan zat gizi.

Nah, untuk melengkapi asupan gizi dari makanan, Bunda bisa memberikan segelas susu DANCOW FortiGro agar kebutuhan gizi Si Buah Hati terpenuhi.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas Si Buah Hati.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, Vitamin A, C, dan D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan boks); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam tiga macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.