Nutrisi

Bunda, Harus Tahu! Ini Fungsi Utama Dari Susu Tinggi Vitamin D

08-06-2022

Bunda, Harus Tahu! Ini Fungsi Utama Dari Susu Tinggi Vitamin D

Salah satu jenis vitamin yang penting dalam mendukung tumbuh-kembang Si Buah Hati adalah Vitamin D.

Vitamin ini sangat dikenal dengan manfaatnya dalam membantu pertumbuhan tulang karena membantu penyerapan kalsium dan fosfor di tubuh. Tapi, tahukah Bunda bahwa sebenarnya Vitamin D punya banyak manfaat lain? Baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut.

Sebelum itu, Bunda perlu paham bahwa untuk membantu memenuhi kebutuhan Vitamin D Si Buah Hati, Bunda bisa menambahkan susu tinggi Vitamin D dalam asupan makanan dan minumannya sehari-hari.

Sumber Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu dari kelompok vitamin yang larut dalam lemak. Untuk sehari-hari, kebutuhan Vitamin D untuk Si Buah Hati dari usia satu tahun dan seterusnya adalah 600 IU (15 mcg) dengan maksimal asupan sebesar 2.500 IU (62,5 mcg) untuk toddler, 3.000 IU (75 mcg) untuk usia 4-8 tahun, dan 4.000 IU (100 mcg) untuk usia 9 tahun ke atas.

Tubuh manusia dapat secara alami memproduksi Vitamin D3 saat terpapar sinar matahari. Namun paparan sinar matahari dikhawatirkan dapat membuat kulit anak-anak yang masih rentan menjadi terbakar dan mengalami kerusakan. Makanya, paparan sinar matahari pada anak-anak dianjurkan hanya beberapa menit saja dalam sehari.

Sumber lain dari Vitamin D alami adalah makanan, tapi hanya sedikit jumlahnya, yaitu ikan berlemak (salmon, makarel, sarden, kembung, tuna), hati sapi, jamur, dan kuning telur. Karena itu, untuk memastikan kebutuhan Vitamin D anak-anak tercukupi, produk susu kebanyakan difortifikasi dengan Vitamin D menjadi susu tinggi Vitamin D.

Bahkan ada beberapa negara yang mewajibkan fortifikasi ini, terutama di tempat yang intensitas sinar mataharinya tergolong rendah.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Susu FortiGro untuk Si Buah Hati

Manfaat Vitamin D bagi Tumbuh Kembang Buah Hati

Selain penting bagi pertumbuhan tulang dan menjaganya tetap sehat, Vitamin D juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan otot, mendukung fungsi kognitif, dan mengurangi peradangan. Lebih jelasnya adalah bisa Bunda simak berikut ini:

1. Membantu pertumbuhan tulang

Si Buah Hati yang berada dalam masa tumbuh-kembang membutuhkan Vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang penting bagi tulang. juga menjadi padat dan sehat sehingga ia terhindar dari penyakit rakitis, yaitu sebuah penyakit melemahnya tulang yang umum diderita anak-anak yang kekurangan asupan Vitamin D.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Otot yang kuat akan membuat Si Buah Hati lincah bergerak karena memiliki lebih banyak massa otot dan fungsi otot yang baik.

3. Mendukung fungsi sistem imun

Sebagai antioksidan, Vitamin D dapat meredam kerusakan sel-sel darah putih akibat peradangan di tubuh, serta meningkatkan produksi protein di sel-sel imun. Vitamin D efektif untuk membantu mengatasi ISPA.

4. Mendukung fungsi kognitif

Vitamin D yang dapat mendukung aktivitas sel-sel syaraf di otak secara tidak langsung juga mendukung fungsi kognitif Si Buah Hati. Namun tak berarti mengonsumsi susu Vitamin D tinggi akan membuat Si Buah Hati pasti cerdas ya, Bunda, karena banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasannya.

5. Meningkatkan mood

Rendahnya asupan Vitamin D juga dikaitkan dengan suasana hati yang buruk, bahkan dapat mengarah ke depresi. Memastikan asupan Vitamin D yang cukup akan membuat Si Buah Hati tehindar dari kondisi ini.

Melihat berbagai manfaat ini, Bunda dapat memastikan Si Buah Hati mendapat asupan Vitamin D yang cukup dengan pemberian susu yang mengandung kalsium tinggi dan Vitamin D untuk anak. Seperti DANCOW FortiGro, dengan Vitamin D untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak usia sekolah.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan gizinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas Si Buah Hati.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung gizi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, Vitamin A, C, dan D; kandungan gizi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan boks); serta kandungan gizi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan Vitamin D DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan gizi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam tiga macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream.

Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan. Selamat mencoba, Bunda!