Nutrisi

Asupan untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati sebagai #ProteksiUntukSiapBelajar

06-09-2021

5 Nutrisi untuk Dukung Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

Agar Si Buah Hati mendapatkan #ProteksiUntukSiapBelajar, Bunda tentu perlu memberikan nutrisi terbaik untuknya. Salah satunya adalah nutrisi pada anak yang membantu melindungi daya tahan tubuhnya. Selain memberikan makanan bergizi seimbang yang diperkaya makronutrien seperti protein, lemak, dan karbohidrat, tubuh juga memerlukan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Apa saja mikronutrien yang bisa membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh Si Buah Hati? Yuk, cari tahu, termasuk bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh anak.

  1. Vitamin A

Vitamin A bisa ditemukan di ikan salmon atau tuna, keju, telur, susu, sayur-sayuran seperti kangkung, brokoli, wortel, dan juga buah-buahan seperti mangga, semangka, pepaya, dan jambu. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, Bunda membantu Si Buah Hati untuk menjaga penglihatan mata, dan juga kekebalan tubuhnya. Kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh anak adalah sekitar 400-600 mcg perhari, yaitu 400 mcg untuk usia usia 4-8 tahun, dan 600 mcg per hari bagi Si Buah Hati yang berusia 9-14 tahun.

  1. Vitamin C

image

Vitamin C adalah makronutrien yang bertugas menjaga sistem pertahanan tubuh dengan meningkatkan kerja sel NK yang berperan aktif dalam melawan kuman, virus, dan bakteri, serta menjaga fungsi sel darah putih. Umumnya vitamin C bisa ditemukan pada buah-buahan yang memiliki rasa sedikit asam seperti jeruk, pepaya, lemon, dan stroberi, dan juga di sayuran seperti bayam, paprika, dan brokoli. Kebutuhan Vitamin C yang harus dipenuhi oleh tubuh adalah sekitar 100-200 mg per hari. Asupan vitamin C yang cukup amat berperan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh anak.

  1. Vitamin D

image

Vitamin D juga memiliki peran yang tak kalah penting dalam sistem kekebalan tubuh. Terlebih pada saluran pernapasan, kulit, dan kesehatan usus. Selain itu, vitamin D juga bertugas menjaga sel dari serangan kuman.

Untuk mendapatkan vitamin D, Bunda bisa mendapatkannya dari sinar matahari langsung (berjemur), juga dari makanan seperti ikan yang berlemak, kuning telur, susu hewani maupun susu nabati, dan jamur.  Kebutuhan vitamin D Si Buah Hati dalam sehari sebanyak 600 IU.

  1. Zat Besi

Zat besi membantu mengoptimalkan kerja sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kebutuhan zat besi yang diperlukan Si Buah Hati adalah sekitar 8-15 mg perhari, tergantung usia dan jenis kelamin, karena biasanya anak perempuan lebih banyak membutuhkan asupan zat besi dibandingkan anak laki-laki.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi yang juga merupakan kebutuhan nutrisi pada anak, Bunda bisa menyiapkan sayuran yang berwarna gelap seperti bayam dan brokoli; biji-bijian dan kacang-kacangan; daging merah seperti daging sapi, kerbau, atau kambing; daging unggas seperti ayam atau bebek; dan juga seafood.

  1. Zink

Zink berperan aktif dalam mengoptimalkan daya tahan tubuh dan membantu memproduksi antibodi Si Buah Hati. Mengonsumsi susu, keju, kacang-kacangan, daging sapi, sayuran seperti kangkung, kentang, dan telur bisa meningkatkan produksi zink dalam tubuh. Sama seperti zat besi, kebutuhan harian yang dibutuhkan berbeda tergantung dari usia dan jenis kelaminnya. Si Buah Hati yang berusia 4-8 tahun membutuhkan zink sebanyak 5mg/hari, sementara pada usia 9-13 tahun membutuhkan 8 mg/hari.

Dengan melengkapi nutrisi pada anak, Bunda membantunya untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga Si buah Hati tetap sehat dan selalu ceria. Bunda juga bisa berikan #ProteksiUntukSiapBelajar bagi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW FortiGro setiap hari sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh anak.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Karena ketika memasuki usia Sekolah kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung daya tahan tubuh anak. Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan nutrisi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan minyak ikan (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium. Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat dan Stroberi yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah, setelah bermain dan berkreasi di rumah, atau juga selama perjalanan.