Parenting

Trik dan Cara Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

04-08-2022

Trik dan Cara Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

Membesarkan Si Buah Hati bukanlah perkara mudah. Namun di balik itu, melihat mereka tumbuh secara optimal tentu menjadi kepuasan tersendiri. Pada dasarnya, Bunda atau Ayah mungkin tidak selalu fasih akan hal-hal yang bisa diterapkan sebagai cara menjadi orang tua yang baik.

Sebab, pelajaran menjadi orang tua bukan sesuatu yang kita dapatkan dalam pendidikan formal maupun non-formal, melainkan terjadi secara natural. Melalui artikel ini, akan dijelaskan hal-hal seputar prinsip yang perlu diterapkan dan cara menjadi orang tua yang baik untuk anak, khususnya dalam masa pertumbuhannya. Berikut adalah hal-hal yang bisa Bunda terapkan.
 

Mengubah cara pandang dalam melihat masalah

Salah satu cara menjadi orang tua yang baik dimulai dari mengubah cara pandang dalam melihat suatu permasalahan. Bayangkan perilaku Si Buah Hati yang sewaktu-waktu bisa membuat Bunda kehilangan ketenangan. Setiap orang tua tentu memiliki pemicu yang berbeda. Misalnya, ketika Si Buah Hati mulai meninggikan suaranya di depan umum, menolak untuk makan, atau membantah perintah Bunda.

Sebelum mengeluarkan reaksi marah, Bunda perlu memikirkan terlebih dahulu, mengapa hal-hal tersebut mengganggu Bunda? Apakah perilaku ini tidak berterima saat Bunda dan Ayah masih kecil? Apa yang mungkin didapatkan oleh Si Buah Hati dari perilaku tersebut?

Melalui pemikiran tersebut, Bunda diharapkan lebih tenang saat menghadapi anak. Reaksi marah atau negatif dari orang tua akan terekam sebagai sinyal “perhatian” bagi Si Buah Hati. Jadi, bukan tidak mungkin mereka akan melanjutkan perilaku tersebut. Semakin tenang Bunda menghadapi permasalahan yang mengganggu, akan semakin cepat berakhir pula masalahnya.

Percaya pada kemampuan anak

Selain menjadi lebih tenang saat menyaksikan permasalahan yang ditimbulkan atau dialami Si Buah Hati, belajar percaya merupakan suatu cara menjadi orang tua yang baik yang perlu diasah. Dalam masa pertumbuhan anak, mereka akan mengalami perkembangan dalam “kesadaran diri”.

Dengan membangun kepercayaan dan memperbolehkan mereka bereksplorasi, Buah Hati Bunda tentu akan menyadari dengan sendirinya bahwa mereka adalah pribadi yang terpisah dari orang lain dan memiliki tanggung jawab sendiri, tanpa mengenyampingkan bahwa Bunda adalah tempat mereka merasa aman.

Jangan sampai, ketakutan Bunda dalam menyaksikan perkembangan Si Buah Hati mempengaruhi kepercayaan dirinya dalam melakukan hal-hal baru yang mungkin berguna untuk tumbuh kembangnya.

Baca Juga: Cara Menjadi Ibu yang Baik Versi Diri Sendiri

Menghabiskan waktu bersama anak

Fondasi dari pertumbuhan Si Buah Hati yang sehat adalah hubungan yang sehat pula antara orang tua dan anak. Jika hal ini terpenuhi, kesehatan emosional yang lebih baik akan terbangun dalam diri anak Bunda. Dari hubungan yang baik dapat meningkatkan empati dan kreativitas, meminimalisasi tingkat kecemasan, dan memicu kemampuan lebih baik dalam menghadapi kehidupannya.

Agenda kesibukan lain mungkin menjadi penghalang Bunda untuk menghabiskan waktu bersama Buah Hati, tapi Bunda bisa, lho, memulai dari hal-hal kecil. Misalnya, apabila Bunda bekerja, usahakan bangun pagi agar bisa sarapan bersama sebelum berangkat. Adakan sesi jalan-jalan setiap minggu, movie night, jalan sore, memasak bersama atau kegiatan sederhana lain yang bisa dijalankan bersama-sama.
 

Dengan menerapkan prinsip dan cara menjadi orang tua yang sabar dan baik di atas, Bunda akan mendukung perkembangan mental Si Buah Hati dengan baik dan membentuk #CintaBundaSempurna. Lalu, untuk melengkapinya agar optimal Bunda juga perlu memenuhi nutrisinya agar Si Buah Hati bisa tumbuh secara optimal. DANCOW FortiGro merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun.

Dengan kandungan zat besi, zink, Vitamin A, C, & D, serta Vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega dan DHA (khusus varian Instant kemasan box), akan menjaga imunitas serta mendukung proses belajar buah hati. Selain membantu memenuhi asupan gizi, DANCOW FortiGro juga tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Kemasan UHT siap minum pun tersedia dalam berbagai rasa, yaitu rasa Cokelat, Stroberi dan Vanila yang praktis dikonsumsi kapan pun dan di mana pun.