Parenting

Cara Menahan Nafsu Makan Saat Si Buah Hati Belajar Puasa

28-04-2022

Tips Mengajarkan Anak Cara Menahan Nafsu Makan Selama Puasa

Salah satu tantangan berat yang dihadapi si Buah Hati saat ia mulai berlatih puasa adalah menahan keinginan untuk makan karena merasa lapar. Tidak seperti orang dewasa yang memiliki kontrol diri, anak-anak belum dapat mengontrol dirinya dengan baik.

Maka dari itu, Bunda perlu mengajarkan dan melatih cara menahan nafsu makan saat puasa agar ia tidak uring-uringan dan sebentar-sebentar mengeluh lapar.

Cara Mengajarkan Anak Menahan Nafsu Makan

Mungkin Bunda khawatir saat si Buah Hati ingin belajar berpuasa di bulan Ramadan. Jika biasanya ia mudah sekali lapar, bagaimana saat berpuasa nanti?

Sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab si Buah Hati sulit menahan nafsu makannya. Berikut ini beberapa di antaranya, lengkap dengan penjelasan tips menahan nafsu makan yang berkaitan:

  • Si Buah Hati memang benar-benar lapar. Ia akan merasa benar-benar lapar karena asupan makanan sudah diubah menjadi energi dan energi tersebut telah habis digunakan untuk berbagai hal, misalnya untuk ia beraktivitas dan untuk tumbuh-kembangnya.

  • Si Buah Hati belum pintar mengenali tanda-tanda rasa lapar serta rasa kenyang. Bunda bisa mengajarkannya untuk mengenali apa yang ia rasakan sebelum, saat, dan setelah ia makan. Jika ia sudah kenal dan paham, maka Bunda bisa mengajarkannya cara menahan nafsu makan karena bisa jadi sebenarnya ia belum lapar.

  • Si Buah Hati bisa jadi belum mengenali apa dia benar-benar lapar atau hanya ingin mengunyah. Hal ini juga penting untuk ia kenali dan sadari sehingga Bunda bisa memintanya untuk menahan nafsu makan kalau hanya ingin mengunyah.

Cara menahan nafsu makan pada poin dua dan tiga bisa Bunda terapkan pada bulan Ramadan saat ia mulai mengeluh lapar. Lakukan dengan perlahan karena si Buah Hati juga butuh waktu untuk belajar mengenali berbagai rasa yang berkaitan dengan lapar.

Baca Juga: Saat Tepat Mengajarkan Si Buah Hati Berbagi saat Puasa

Bantu Anak agar Tidak Mudah Lapar saat Berpuasa

Bunda sebenarnya bisa lho, membantu si Buah Hati agar tidak mudah lapar saat puasa. Coba Bunda terapkan cara-cara berikut:

  • Wajib makan sahur

Jika ingin kuat berpuasa dan tidak mudah lapar, maka si Buah Hati wajib makan sahur ya, Bunda. Agar ia lebih bersemangat makan sahur, Bunda bisa menyiasati dengan menyajikan variasi makanan yang ia sukai, tapi harus tetap memasukkan empat kelompok makanan, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan.

  • Berikan makanan yang sesuai untuk sahur dan berbuka puasa

Untuk makanan saat sahur, utamakan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah serta tinggi kandungan protein dan serat. Ini dapat membantu si Buah Hati tidak mudah lapar. Sementara pada saat berbuka puasa, utamakan makanan yang memiliki indeks glikemik sedang sampai tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam waktu singkat, tapi hanya untuk saat berbuka saja, tidak untuk makan malam.

  • Hindari makan berlebih

Makan kalap sampai berlebih saat berbuka puasa berpotensi menyebabkan si Buah Hati mengalami masalah pencernaan. Selain itu, jika terlalu banyak konsumsi makanan tinggi gula, maka ia akan cenderung menjadi lemas keesokan harinya.

  • Hindari terlalu banyak beraktivitas

Bunda bisa meminta si Buah Hati untuk tidak terlalu banyak beraktivitas karena dapat membuat energinya cepat habis dan ia menjadi cepat haus. Jika memang tidak terhindari aktivitas yang banyak, maka cara menahan nafsu makan saat puasa pun juga tidak akan berhasil sehingga sebaiknya si Buah Hati dibiarkan untuk berbuka puasa.

Untuk membantu si Buah Hati tidak mudah lapar, Bunda bisa juga bisa memberikannya segelas susu DANCOW FortiGro sebagai pelengkap makan sahur.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan nutrisi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan minyak ikan (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi dan Vanila yang praktis dikonsumsi.

Dengan menerapkan cara menahan nafsu makan serta cara agar si Buah Hati tidak mudah lapar saat puasa, maka ia tidak akan lagi sering mengeluh lapar. Selamat mencoba, ya Bunda!