Nutrisi

Bunda, Penuhi Asupan Karbohidrat dan Protein Saat Sahur Agar Si Buah Hati #SiapJadiJagoanPuasa

04-05-2021

Ibu dukung anak minum susu

Tahukah Bunda? Ketika Si Buah Hati sedang belajar puasa berjam-jam, nutrisi dalam tubuhnya berkurang, seperti asupan Karbohidrat dan Protein. Untuk mendukung Si Buah Hati #SiapJadiJagoanPuasa, pastikan asupan Karbohidrat dan Proteinnya terpenuhi ya, terutama di saat jam sahur anak.

Asupan Karbohidrat & Protein Berkurang Saat Si Buah Hati Berpuasa

Bunda, berdasarkan temuan dari University of Sousse, Tunisia, yang telah mengumpulkan berbagai penelitian  tentang pengaruh puasa dan asupan nutrisi anak, disimpulkan bahwa puasa ternyata memengaruhi jumlah asupan makronutrisi dalam tubuh anak, seperti Karbohidrat dan Protein. Lalu, kalau asupan Karbohidrat dan Protein Si Buah Hati berkurang saat puasa, apa akibatnya ya? Baca terus informasi lengkapnya di bawah ini, ya Bunda. 

Pentingnya Karbohidrat untuk Si Buah Hati yang Berpuasa

Asupan Karbohidrat dibutuhkan oleh Si Buah Hati saat puasa, karena ini adalah sumber energi bagi tubuhnya. Ketika Si Buah Hati tidak mendapatkan asupan Karbohidrat karena tidak makan dan minum setelah selesai sahur, maka kadar gula dalam tubuhnya jadi menurun. Hal ini dapat menyebabkan Si Buah Hati jadi lemas dan berisiko terkena hipoglekimia (turunnya kadar gula darah dalam kadar yang banyak). Gejala yang timbul biasanya adalah wajah pucat, kepala pusing, dan juga berkeringat.

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Puasa

Untuk mencegah hal itu terjadi, Bunda perlu memberikan asupan Karbohidrat kompleks terutama di saat jam sahur. Ini karena jenis Karbohidrat ini lebih lama dicerna dalam tubuh, sehingga Si Buah Hati mendapatkan asupan Karbohidrat dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, proses pencernaan Karbohidrat kompleks juga membantu Si Buah Hati mempertahankan rasa kenyang saat puasa. Beberapa contoh Karbohidrat kompleks di antaranya, beras merah, oatmeal, roti gandum, kacang hijau, ubi, sayuran, dan buah-buahan seperti pisang tanduk, apel, atau jeruk.

image

Apa Manfaat Protein Saat Si Buah Hati Puasa?

Tentu Bunda tahu, bahwa Protein adalah nutrisi penting untuk membangun sel-sel dalam tubuh Si Buah Hati. Nah, selain itu Protein juga merupakan komponen penting dalam pembentukan antibodi atau sistem imun tubuhnya. Jadi, supaya asupan Protein Si Buah Hati terpenuhi selama berpuasa, pastikan saat sahur ia mengonsumsi makanan yang mengandung Protein seperti daging, telur, ikan, tempe dan tahu. Kelebihan lainnya dari mengonsumsi Protein dengan cukup adalah dapat membantu Si Buah Hati agar tidak cepat merasa lapar, Bunda. 

Yuk, lengkapi asupan Protein Si Buah Hati dengan memberikannya segelas susu saat sahur dan juga sebelum tidur. Salah satunya adalah DANCOW FortiGro, yang mengandung Protein, Kalsium, Zat Besi, Zink serta Vitamin A, B1, B3, B6, C, D, E dan Omega 6, untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisinya dan dukung ia #SiapJadiJagoanPuasa.

image

Sambil memenuhi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan menyiapkan menu sahur anak yang bergizi lengkap, Bunda dapat mendukungnya #SiapJadiJagoanPuasa dengan mengajarinya makna tentang puasa. Karena dari hati yang kuat, perut juga kuat untuk berpuasa. Nah, mau tahu tips lainnya untuk bantu Si Buah Hati #SiapJadiJagoanPuasa? Bunda bisa cek di sini!