Parenting

Bunda, Ajarkan Si Buah Hati Cara Beramal Berikut Ini!

29-10-2020

3 Cara Mengajarkan Anak Beramal

Perbanyak amalan di bulan suci Ramadan adalah salah satu seruan bagi kita umat Muslim, termasuk di dalamnya zakat, infak dan sedekah. Alangkah baiknya jika jiwa dan semangat beramal juga diajarkan kepada anak-anak kita. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan cara beramal bersama Si Buah Hati:

Bangun Rasa Peduli

Jelaskan kepada Si Buah Hati bahwa manusia diciptakan berbeda-beda. Ada yang mampu dan ada yang berkekurangan. Mereka yang kurang beruntung bisa menjadi ladang amal bagi mereka yang lebih mampu. Agama pun mengajarkan kita untuk saling membantu dan saling berbagi. Cara beramal ini bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian harta untuk menyantuni mereka yang miskin, membantu anak yatim, menolong mereka yang terkena bencana, dan sebagainya.

Beri Contoh

Mengajarkan Si Buah Hati cara beramal tidak cukup melalui kata-kata semata tetapi alangkah baiknya jika dengan memberi contoh. Usahakan Bunda sesering mungkin memberi teladan dengan mengisi kotak amal saat di masjid, mengajak Si Buah Hati ke panti asuhan atau memberi makan kaum dhuafa. Dengan begitu mereka akan terpacu untuk mengikuti jejak Bunda.

Sediakan Celengan Amal di Rumah

Cara mengajarkan anak beramal saat puasa adalah dengan mengajaknya menyisihkan sisa uang jajan mereka di sekolah atau uang kecil kembalian berbelanja dengan memasukkannya ke celengan khusus amal.. Sesekali berikan juga mereka uang yang lebih besar nominalnya untuk dapat dimasukkan ke dalam celengan tersebut. Sehingga mereka mengerti bahwa Ayah dan Bunda juga menyisihkan harta yang jumlahnya lebih besar untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Tetapkan Tugas di Rumah

Memberikan tugas di rumah tidak hanya melatih Si Buah Hati  bertanggung jawab dan disiplin, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara mengajarkan anak beramal sejak dini..  Si Buah Hati bisa mempelajari konsep berbagi misalnya saat membereskan mainannya Bunda bisa menanyakan mainan apa saja yang sudah tidak dipakai dan menanyakan apakah boleh jika disumbangkan.

Berikan Apresiasi

Berilah apresiasi secara positif setelah Si Buah Hati menerapkan cara beramal yang baik. Bunda bisa memberikan pujian yang layak baginya dan ajak ia untuk memahami perasaannya setelah melakukan kegiatan beramal. Dengan demikian, Si Buah Hati bisa merasa lebih termotivasi untuk berbuat kebaikan di kemudian hari.
 
Itulah beberapa cara beramal yang bisa Bunda ajarkan kepada Si Buah Hati. Membesarkan Si Buah Hati untuk menjadi anak yang dermawan dan berhati mulia juga perlu dukungan asupan gizi yang baik. Untuk itu, pastikan DANCOW FortiGro selalu tersedia bagi Si Buah Hati saat sahur dan sebelum tidur.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. 

Selamat mencoba!