Parenting

Yuk, Dukung Si Buah Hati Belajar Bergaul di Sekolah!

29-10-2020

Tips Agar Si Buah Hati Pandai Bergaul di Sekolah

Di sekolah, Si Buah Hati tentunya akan berkenalan dengan banyak orang baru seperti teman, guru, atau warga sekolah lainnya. Situasi seperti ini bisa jadi suatu tantangan baginya untuk beradaptasi, apalagi kalau ini adalah kali pertama Si Buah Hati masuk sekolah di tahun ajaran baru. Rasa malu untuk berkenalan terdengar wajar. Namun, Bunda bisa melatih Si Buah Hati untuk berani berkenalan dengan lingkungan barunya. Sehingga, ia jadi pandai bergaul dan #SiapSekolah. Yuk, simak cara-caranya di bawah ini, Bunda!

1. Ajak Temannya di Sekolah untuk Berkunjung ke Rumah

image 1

 

Tak ada salahnya bila Bunda ingin memperbolehkan teman Si Buah Hati untuk main di rumah atau belajar kelompok. Hal ini akan membantu Si Buah Hati agar terbiasa bergaul dengan teman sebayanya di sekolah.

 

2. Ajak Si Buah Hati ke Acara Keluarga Besar

image 2

 

Bunda bisa mulai mengajarkan Si Buah Hati konsep berkenalan dengan keluarga besar. Karakter dan tingkatan usia yang beragam dalam keluarga besar, akan membuat Si Buah Hati terbiasa berhadapan dengan orang yang usianya lebih tua darinya di sekolah.

 

3. Dukung Si Buah Hati Gabung di Kegiatan Ekskul Sekolah

Biasanya sekolah memberikan fasilitas pada para siswanya untuk mengasah bakat atau minat dalam kegiatan ekstrakurikuler (ekskul), seperti menggambar, bermain alat musik, atau menekuni olahraga. Nah, Bunda bisa mendukung Si Buah Hati untuk bergabung di salah satu ekskul yang sesuai minatnya. Dengan mengikuti ekskul, Si Buah Hati punya kesempatan lebih luas untuk bergaul bersama teman baru dengan minat yang sama dengannya.

 

4. Ajari Cara Berkomunikasi yang Sopan

image 3

 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ruth Feldman, pakar parenting dari lembaga Association for Psychological Science di Amerika Serikat, menyatakan bahwa orang tua yang memberi contoh cara komunikasi pada anaknya, dapat melatih keterampilan komunikasi dan negosiasi yang lebih baik dibanding anak yang tidak diajarkan.

 

Bunda dapat membawa Si Buah Hati ke dalam sebuah topik pembicaraan yang menarik bersama anggota keluarga besar lainnya, misalnya seputar hobi yang ditekuni atau film kartun yang disukainya. Ajarkan juga Si Buah Hati teknik komunikasi yang sopan, seperti membuat kontak mata, mengarahkan tubuh ke arah pembicara, serta berbicara dengan kosakata yang baik.

 

5. Perhatikan Kehidupan Sosialnya

Meski mengajarkan Si Buah Hati tentang pergaulan, Bunda juga perlu untuk tetap memantau kegiatan sosialnya. Bunda dapat mengawasi Si Buah Hati selama bermain di taman dengan teman-teman sebayanya. Hal ini juga dapat memperkecil kemungkinan Si Buah Hati menjadi korban bullying atau bahkan pelakunya.

 

Bila memang Si Buah Hati melakukan hal yang tidak menyenangkan pada temannya, Bunda dapat memberikan nasihat dan aturan main untuk menghindari hal tersebut terulang kembali. Misalnya, bila Si Buah Hati mendorong atau berteriak ke temannya, ia harus duduk untuk beberapa menit, baru boleh ikut bermain lagi.

 

6. Berikan Nutrisi yang Cukup

Bagaimana pun, nutrisi tetap yang utama. Dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup, dapat membantu Si Buah Hati untuk memahami informasi baru dalam belajar bergaul. Bunda dapat mendukung proses belajar Si Buah Hati dengan memberikan dua gelas DANCOW FortiGro yang merupakan sumber protein, kalsium, zat besi, zink; vitamin A, E, B3, B6 dan B1; serta kaya akan Vitamin C, D,  B1 dan B2, yang berperan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak agar #SiapSekolah.

 

Bagaimana Bunda, sudah siap dukung Si Buah Hati agar pandai bergaul di sekolah? Harapannya, tentu supaya ia terus semangat dan #SiapSekolah, serta mendukungnya menjadi pribadi yang pandai bergaul di setiap situasi.