Nutrisi

Alasan Si Buah Hati Membutuhkan Susu Anak 7 Tahun

28-03-2022

Alasan Si Buah Hati Membutuhkan Susu Anak 7 Tahun

Minum susu merupakan sebuah kebiasaan baik yang dapat Bunda masukan ke dalam pola makan Si Buah Hati sehari-hari, termasuk ketika Si Buah Hati sudah memasuki masa usia sekolah. Bunda tentu harus mengetahui bagaimana proses tumbuh kembang anak usia sekolah dan apa saja zat gizi yang dibutuhkan, serta perlukah Si Buah Hati minum susu anak 7 tahun untuk bantu dukung tumbuh kembangnya?

Proses Tumbuh Kembang Anak 7 Tahun

Saat Si Buah Hati berusia 7 tahun, proses tumbuh kembang anak masih berjalan menuju transformasi ke usia remaja dan dewasa nantinya. Sebagai gambaran untuk Bunda, pencapaian tumbuh kembang anak usia sekolah khususnya umur 7 tahun adalah sebagai berikut:

  • Pertumbuhan fisik: tinggi badan bertambah sekitar 6 cm dan berat badan bertambah 3 kg dalam setahun.
  • Perkembangan kognitif: mengenal konsep waktu secara detail, memiliki cara belajar yang disukai, paham matematika sederhana, dan mulai bisa menyelesaikan masalah namun baru dari satu sudut pandang.
  • Perkembangan psikososial: mulai memiliki rasa empati, mulai dapat mengatasi penyebab rasa takut, mulai bisa memulai sendiri berteman dengan anak seusianya, serta sudah bermain dalam kelompok besar namun tetap butuh untuk bermain sendiri.
  • Perkembangan kemampuan komunikasi: senang berbicara saat merasa nyaman, bisa mengucapkan kata dan merangkai dengan benar, mulai bisa membaca maupun mengeja dengan baik.
  • Perkembangan sensori dan motorik: penggunaan otot-otot  dengan lebih terkoordinasi, dapat menggunakan gunting dengan tepat, dapat menggenggam alat tulis (pensil, krayon, dan lainnya) dengan benar, dan menulis namanya menggunakan pensil.

Protein sebagai Zat Gizi Makro untuk Dukung Tumbuh Kembang

Agar Si Buah Hati bersemangat makan bergizi seimbang termasuk terbiasa minum susu, Bunda bisa ajak dia ikut memilih makanan sesuai kesukaan dan jelaskan dengan sederhana tentang manfaat makan bergizi termasuk minum susu untuk anak 7 tahun, seperti kandungan protein di dalam susu. Menurut Pedoman Gizi Seimbang, susu dimasukkan dalam kelompok sumber protein hewani yang juga memiliki keunggulan sebagai berikut:  

  • Protein adalah salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Protein sebagai sumber cadangan energi utama bagi tubuh, merupakan zat gizi yang harus dipenuhi agar metabolism tubuh anak berjalan dengan optimal.
  • Fungsi protein sebagai zat pembangun dan penjaga jaringan serta sel-sel di dalam tubuh, ikut berperan dalam menjaga imunitas.
  • Protein khususnya protein susu lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi guna membantu memenuhi kebutuhan gizi yang meningkat sesuai bertambahnya umur anak.

Baca Juga: Kenapa Susu DANCOW FortiGro UHT Baik untuk Si Buah Hati?

Lengkapi Asupan Gizi dan Pilih Susu Anak 7 Tahun, Usia Sekolah

Si Buah Hati tentu sudah tahu pentingnya makan bergizi seimbang, termasuk minum susu. Untuk dapat memenuhi gizi harian Si Buah Hati, berikan DANCOW FortiGro. DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanilla dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. DANCOW FortiGro UHT praktis dikonsumsi anak di sela-sela aktivitasnya di sekolah maupun di rumah.