Parenting

Seru! Ini 5 Aktivitas Ngabuburit di Bulan Puasa Bersama Si Buah Hati

28-04-2022

 Kegiatan Ngabuburit Bulan Puasa Bersama Anak

Ngabuburit bulan puasa adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa biasanya di sore hari. Selama ngabuburit, waktu biasanya akan terasa sangat lambat apalagi jika dilalui tanpa aktivitas.

Bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa, tentu akan berbeda lagi. Apalagi secara mental maupun fisik, tubuhnya masih beradaptasi dengan segala perubahan pola makan yang dilakukan. Untuk itu ketika puasa, penting untuk melibatkan Si Buah Hati untuk memanfaatkan waktu ngabuburit di bulan Ramadhan dengan melakukan berbagai kegiatan.

Agar Si Buah Hati tidak mudah bosan selama menunggu waktu berbuka puasa, berikut kegiatan ngabuburit bulan puasa bersama anak yang bisa Bunda lakukan:

Membuat prakarya

Membuat prakarya dengan anak-anak menjadi cara ngabuburit yang efektif dan bermanfaat. Tidak perlu terlalu membuat yang sulit, namun yang penting adalah membiarkan Si Buah Hati menyibukkan diri dalam dunianya untuk berkreasi. Beberapa contoh prakarya yang bisa Bunda lakukan antara lain dengan origami, lilin, ataupun menyusun balok.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari membuat prakarya bagi anak-anak. Antara lain melatih skill komunikasi, memecahkan masalah, sosial dan emosional, serta motorik. Membuat prakarya juga melatih kreativitasnya sekaligus melihat caranya mengekspresikan diri. Dengan menyibukkan diri, waktu akan terasa lebih cepat.

Movie marathon

Banyak manfaat dari menonton film untuk anak-anak. Oleh sebab itu, nonton film bisa dijadikan opsi untuk ngabuburit di bulan Ramadhan bersama anak. Selain menghibur, nonton film juga dapat menambah pengetahuan; memberi inspirasi; mengembangkan kemampuan kognitif dan bahasa; sekaligus meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Pilih film anak-anak yang mendidik sekaligus bermanfaat agar ada pelajaran yang dapat dipetik dari sana. Jangan lupa dampingi mereka, ya Bunda!

Baca Juga: Persiapan Mental dan Fisik Anak Menyambut Puasa

Olahraga ringan

Meski berpuasa, tubuh harus tetap bergerak untuk menjaga kebugaran. Jika Si Buah Hati sedang menjalani pembelajaran jarak jauh atau sedang banyak menghabiskan waktu di rumah, maka otomatis waktu yang dihabiskan untuk berolahraga turut berkurang.

Nah, untuk itu, berolahraga di rumah bersama anak-anak dapat dilakukan. Tidak perlu terlalu berat, yang penting bergerak dan berkeringat. Cari inspirasi di Youtube dan ikuti gerakannya.

Melakukan kegiatan sosial

Selain menambah pahala, melibatkan Si Buah Hati untuk melakukan kegiatan sosial seperti menyumbang takjil ke masjid atau berbagi makanan maupun pakaian yang membutuhkan dapat meningkatkan kesadaran dan skill sosial sekaligus empati. Kegiatan sosial juga dapat mengajarkan Si Buah Hati mengenai pentingnya berbagi.

Menyiapkan sajian buka puasa

Mempersiapkan makanan kegemaran untuk disantap sendiri saat lapar sudah melanda di waktu berbuka puasa pastinya sangat menyenangkan. Beri Si Buah Hati tugas sesuai usia dan kemampuannya saat menyiapkan sajian untuk berbuka. Meski tugas yang diberikan tidak terlalu berat, namun menyiapkan sajian buka puasa dengan anak-anak menjadi cara ngabuburit yang ampuh, lho, Bunda.

Betapa menyenangkan ngabuburit di bulan puasa bersama anak-anak, apalagi jika dilalui dengan hal yang berguna dan Si Buah Hati mendapatkan banyak manfaat dari hal-hal tersebut. Nah, untuk menjaga agar tubuh anak tetap bugar dan dapat aktif pada waktu ngabuburit tiba, pastikan agar dia mendapatkan gizi yang cukup ketika sahur dan berbuka.

Selain makanan yang bermanfaat, jangan lupakan DANCOW FortiGro, ya Bunda!

DANCOW FortiGro merupakan susu formula untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Gizi yang terkandung dalam DANCOW FortiGro dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung zat giziuntuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan gizinya untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan giziuntuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

DANCOW FortiGro tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Bunda juga bisa memberi Si Buah Hati DANCOW FortiGro dalam kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila yang praktis dikonsumsi di kala sahur maupun berbuka. Selamat mencoba!