Parenting

6 Cara Mengajarkan Anak Belajar dengan Menyediakan Perasaan Aman

05-01-2022

Bunda, Ini 6 Cara Mengajarkan Anak Belajar di Sekolah Saat Tatap Muka

Ketika melihat Si Buah Hati kembali sekolah tatap muka, Bunda pasti ingin ia menikmati proses belajar dan juga merasa aman di saat yang bersamaan. Bunda mungkin kini tidak dapat menemani Si Buah Hati secara terus-terusan. Meski begitu, Bunda tetap bisa membantunya dengan cara mengajarkan Si Buah Hati memiliki kebiasaan belajar yang baik, dan juga memberikan perasaan aman ketika ia harus belajar. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengajarkan anak belajar dan merasa nyaman.

Masa transisi pembelajaran ini membuat peran Bunda begitu penting, karena Bunda perlu menyiapkan diri untuk menjadi pendamping yang baik bagi Si Buah Hati. Hal terpenting yang bisa Bunda lakukan untuk membuat Si Buah Hati merasa aman untuk belajar adalah dengan menunjukkan minat Bunda terhadap pembelajarannya dan juga bersikap suportif. Biarkan Si Buah Hati merasa aman untuk bercerita kepada Bunda tentang masalah yang ia hadapi di sekolah.

Selain itu, Bunda juga dapat melakukan hal-hal ini sebagai cara mengajarkan anak belajar dan juga memberikan ia perasaan aman:

 

1. Pertimbangkan Keputusan Mengizinkan Si Buah Hati dengan Baik

Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Si Buah Hati sudah bisa kembali ke sekolah apabila Bunda memberikan izin untuk kembali bersekolah secara tatap muka. Jadi, keputusannya tetap ada di Bunda.

Sebelum membuat keputusan ini, Bunda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk mengizinkan Si Buah Hati kembali ke sekolah maupun tidak.

 

2. Jalin Komunikasi dengan Pihak Sekolah

Bunda juga bisa bertanya kepada pihak sekolah mengenai protokol kesehatan yang akan diterapkan selama proses belajar-mengajar berlangsung. Bunda bisa mengunjungi sekolah untuk melihat secara langsung bagai mana proses belajar akan dilakukan. Bunda juga bisa melihat apakah sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Bunda bisa mengajukan pertanyaan atau memberikan saran, asal itu masih berhubungan dengan keamanan dan kenyaman Si Buah Hati dan juga gurunya.

 

3. Pastikan Si Buah Hati Sehat

Berikan asupan nutrisi yang cukup agar Si Buah Hati tidak mudah sakit. Bunda bisa menyiapkan sarapan yang bisa membantu konsentrasi dan daya ingat seperti kacang-kacangan, roti gandum, brokoli, buah jeruk dan telur. 

Selain itu, Bunda juga bisa menyiapkan bekal makan siang dengan memenuhi rekomendasi gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Dengan asupan yang mencukupi, Si Buah Hati pun akan belajar dengan tenang dan optimal.

 

4. Sesuaikan Kembali Jadwal Keseharian Si Buah Hati

Cara mengajarkan anak agar bisa belajar dengan aman berikutnya adalah dengan mengatur kembali jadwal kesehariannya serta kedisiplinannya. Kembali biasakan Si Buah Hati untuk tidur tidak terlalu malam dan bangun tepat waktu di pagi hari. Sehingga, ia memiliki cukup waktu untuk mandi dan sarapan. Terapkan kebiasaan ini kurang lebih seminggu sebelum Si Buah Hati kembali belajar tatap muka di sekolah.

 

5. Ajarkan si Buah Hati mengenai Protokol Kesehatan

image

Beri tahu Si Buah Hati apa saja yang bisa membuat dia terpapar virus, seperti tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker. Sehingga, Si Buah Hati memahami cara untuk menjaga dirinya tanpa rasa cemas berlebihan. Jangan salah, menjaga kesehatan juga merupakan cara mengajarkan anak untuk bisa belajar dengan rasa aman.

6. Buatlah Rencana Pembelajaran untuk Si Buah Hati

Bunda dapat membantu Si Buah Hati menghadapi tugas sekolahnya di rumah, meski nanti ia sudah mulai masuk sekolah secara tatap muka. Buatlah rencana pembelajaran bersama yang tidak terlalu berat untuk dilakukan oleh Si Buah Hati, supaya ia tidak merasa bosan. Tidak perlu terlalu lama, yang penting tugas selesai dengan baik.

Selain mengajarkan Si  Buah Hati belajar dengan menyediakan perasaan aman, Bunda juga perlu menjaga mencukupi kebutuhannya agar tetap sehat sebagai salah satu cara mengajarkan anak belajar dalam kondisi aman. Berikan #ProteksiUntukSiapBelajar kepada Si Buah Hati dengan menyiapkan makanan bergizi seimbang. Salah satunya adalah dengan rutin minum susu DANCOW FortiGro.

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan nutrisi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan minyak ikan (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat dan Stroberi yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.

Dengan persiapan yang matang dan monitoring yang baik lewat penerapan cara mengajarkan anak dalam situasi aman di atas, selama Si Buah Hati belajar di sekolah secara tatap muka, Bunda tak perlu cemas. Yuk, mulai persiapkan dari sekarang!