Stimulasi

5 Manfaat Memberikan Waktu Istirahat Optimal untuk Si Buah Hati

25-11-2021

Inilah cara menjaga kesehatan tubuh anak yang mudah dan efektif!

Di tengah kesibukan pembelajaran, penting bagi Si Buah Hati untuk mendapatkan istirahat yang cukup baik di sekolah ataupun selama belajar di rumah. Oleh sebab itu, Bunda juga perlu tahu cara menjaga kesehatan tubuh anak. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup, Si Buah Hati dapat belajar dengan lebih optimal dan kreativitas anak pun terasah. Belajar dengan waktu yang terlalu lama tidak efektif bagi Si Buah Hati, dan akan sangat sulit apabila Bunda tetap memaksa ia untuk belajar terlalu lama tanpa istirahat.
Istirahat dapat meningkatkan fokus si Buah Hati secara signifikan. Setelah beristirahat, Si Buah Hati cenderung belajar dengan pikiran sehat dan jernih, dan hal ini dapat membantunya untuk menyerap dan memproses informasi lebih lanjut dengan baik. Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan Si Buah Hati dengan istirahat yang cukup, seperti yang dipaparkan di bawah ini. 

1. Meningkatkan Konsentrasi & Produktivitas Si Buah Hati

Anak Sekolah di papan tulis

Menurut Rachel Dawkins, dokter spesialis anak di Johns Hopskins Children Hospital, Amerika Serikat, ketika Si Buah Hati memperoleh waktu istirahat yang cukup setiap harinya, ia akan menunjukkan perkembangan kemampuan kognitif seperti cara berpikir, daya ingat, dan konsentrasi yang lebih pesat. 


Bunda mungkin pernah mendengar tentang teknik belajar Pomodoro. Menerapkan teknik belajar ini mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas pada anak, lho. Bunda hanya perlu mengatur waktu belajar Si Buah Hati selama 25 menit, dan ketika waktu habis Bunda bisa mengijinkan Si Buah Hati untuk beristirahat selama 5 menit. Lakukan lagi belajar selama 25 menit, kemudian istirahat selama 5 menit.


Kegiatan ini dapat dilakukan hingga 4 kali dalam sehari dan periodenya tidak terputus. Menurut penelitian yang dilakukan University of Illinois, memberikan jeda di istirahat singkat di antara waktu belajar atau menyerap informasi meningkatkan kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan yang sama saat dilakukan dalam durasi yang lebih panjang. 


Nah, jika cara belajar itu sudah dilakukan, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk beristirahat lebih lama. Hal ini juga sekaligus merupakan cara menjaga kesehatan tubuh anak.

2. Memberikan Energi Tambahan untuk Si Buah Hati

Suatu hal yang wajar ketika Si Buah Hati merasa lelah setelah melakukan banyak tugas. Oleh karena itu, memberikan waktu istirahat selama 10-20 menit dapat mengembalikan energi Si Buah Hati lho, Bunda. Pada waktu istirahat, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai atau mengajaknya tidur siang. Tidur siang selama 2-3 jam bisa mengembalikan fokus Si Buah Hati.

3. Mengurangi Stres

Tahukah, Bunda? Tidak hanya orang dewasa yang dapat mengalami stres. Si Buah Hati pun bisa merasakan stres. Kegiatan yang terus menerus dilakukan apalagi dengan tugas-tugas sekolah yang setiap hari diberikan dapat membuat Si Buah Hati merasa stres. Hal ini berisiko berkembang menjadi kecemasan yang berlebih. Nah, waktu istirahat ini bisa menjadi jeda untuk Si Buah Hati sehingga ia dapat meredakan stresnya dan mood-nya membaik kembali.

4. Mengoptimalkan Imun Tubuh

Mendapatkan istirahat yang cukup dapat mengoptimalkan sistem imun Si Buah Hati dan menjauhkan ia dari penyakit. Dengan istirahat cukup, maka Si buah Hati bisa lebih mengeksplorasi dirinya. Yuk, Bunda, ajak Si Buah Hati untuk mulai terbiasa disiplin dengan jadwal istirahat yang telah dibuat. Dengan demikian, kreativitas anak juga bisa berkembang dengan optimal.

5. Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Pada si Buah Hati

Anak sedang melakukan pesta

Dengan memberikan waktu istirahat kepada Si Buah Hati, ia jadi memiliki waktu untuk mengembangkan kreativitasnya karena tidak dihadapkan dengan tugas yang monoton terus menerus. Misalnya, mengajaknya bermain, menghias kue, dan masih banyak lagi.
Selain itu, Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati menjelajahi dunia virtual dengan kacamata 3D bersama DANCOW FortiGro dalam Seri Ensiklopedia Dani & Dania. Baca ensiklopedianya, scan QR code-ya, dan jelajahi serunya dunia Flora dan Fauna, Robot, Time Travel, serta Luar Angkasa bersama Dani & Dania! Yuk, koleksi keempat serinya dan ikuti petualangannya di sini.


Sebagai #ProteksiUntukSiapBelajar, terapkan cara menjaga kesehatan tubuh anak dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Salah satunya adalah dengan rutin minum susu DANCOW FortiGro.


DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak. 


Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan nutrisi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan minyak ikan (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium. 


Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat dan Stroberi yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.


Dengan asupan yang tepat, kreativitas anak pun terasah. Semoga informasi ini bermanfaat, Bunda!