Nutrisi

3 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Berpuasa

29-10-2020

image anak minum susu

Bunda tentu sudah paham bahwa Ramadan menjadi bulan yang sangat dinanti-nanti. Selain ibadah puasa wajib, menjalani bulan ini di rumah dengan Si Buah Hati juga menjadi momen yang spesial. 

Walau ibadah puasa bukan sesuatu yang wajib bagi Si Buah Hati yang yang belum akil balig, tapi tidak ada salahnya untuk mulai mengajarkannya berpuasa. 

Apalagi, berpuasa juga menghadirkan berbagai manfaat seperti mengajarkan disiplin; kesabaran; tanggung jawab; serta memperkuat keimanan. Selain itu, Si Buah Hati pasti antusias mengikuti rangkaian rutinitas mulai dari sahur, buka puasa, tarawih berjamaah, dan tadarus yang juga dapat dilakukan bersama seluruh keluarga.

Meski demikian, di masa pertumbuhan, asupan gizi dan makanan Si Buah Hati mesti dijaga dengan baik agar tetap sehat. 
Untuk itu, bagi Bunda yang ingin mengajarkan Si Buah Hati berpuasa, berikut tips menjaga kesehatan selama puasa agar tetap fit sepanjang hari. 

Memberikan Asupan Gizi Yang Seimbang

Saat bulan puasa kita biasanya terpapar dengan aneka jenis hidangan enak dan lezat yang belum tentu semuanya sehat bagi Si Buah Hati.

Pastikan menu makanannya bersumber dari makanan yang berkualitas dan tetap mengandung komposisi gizi dan nutrisi yang seimbang antara lemak, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Untuk protein, pilih seafood, daging, telur, kacang-kacangan, dan lainnya. Selain itu, buah-buahan dan sayur-sayuran juga sangat penting karena mengandung gizi yang sangat kaya. Jangan lupakan asupan susu yang sehari-hari dikonsumsi Si Buah Hati.  
Gizi seimbang dari susu dapat membantu melengkapi kebutuhan harian anak-anak. Makanan dan minuman yang tepat penting untuk imunitas tubuh Si Buah Hati agar lebih kuat menjalani puasa setiap hari.

Perbanyak Cairan

Saat berpuasa kita mudah sekali terkena dehidrasi. Maka dari itu, penting bagi Bunda untuk memperhatikan asupan cairan bagi Si Buah Hati ketika waktu berbuka dan sahur tiba. Pastikan anak mendapatkan asupan cairan yang cukup terutama di waktu-waktu tertentu seperti:


●    2 gelas setelah berbuka
●    2 gelas sebelum tidur
●    2 gelas saat sahur


Jangan lupa untuk memberikan segelas susu DANCOW FortiGro saat sahur dan sebelum tidur untuk memastikan asupan gizi Si Buah Hati terpenuhi ketika menjalani ibadah puasa. Agar tidak mudah haus dan dehidrasi, hindari makanan asin dan olahraga terlalu berat. Sebisa mungkin, hindari minuman bersoda untuk mencegah masalah pencernaan.

Istirahat yang Cukup


Perubahan waktu tidur juga akan sangat memengaruhi rutinitas Si Buah Hati. Hal ini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan saat puasa. Jika anak terbiasa bangun pukul 5 atau 6 pagi, dengan mengikuti sahur, otomatis waktu tidur anak ikut berubah.
Untuk itu, pastikan dia tidur lebih awal agar tidak terlalu mengantuk saat bangun sahur dan di sekolah nantinya. Walau berpuasa, sebaiknya jumlah jam tidurnya tetap mencapai 8-12 jam sehari.

Jika perlu, upayakan agar Si Buah Hati menyempatkan diri tidur siang untuk menjaga stamina dan memberinya kekuatan lebih untuk meneruskan puasa hingga waktu berbuka tiba.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

Dengan beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak selama puasa, semoga momen Ramadan ini akan menjadi lebih berkesan baik Bunda sekeluarga termasuk Si Buah Hati dapat menjalaninya dengan baik, tetap sehat, dan mengambil hikmah terbaik dari bulan suci ini.
Agar Si Buah Hati tetap bersemangat dan sehat sepanjang bulan puasa, penting untuk menyempurnakan asupan hariannya dengan segelas susu bergizi. DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah 6-12 tahun. Di usia ini; apalagi memasuki bulan puasa, kebutuhan gizi hariannya tentu berbeda dibandingkan usia toddler maupun pra-sekolah.

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro, Si Buah Hati dapat menikmati manfaat dari gizi pendukung imunitas seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; kandungan nutrisi untuk dukung proses belajar seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian instant kemasan box); serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.
Dengan demikian, perkembangan fisik dan mental serta imunitas anak ketika puasa di bulan Ramadan dapat terjaga.

DANCOW FortiGro tersedia dalam 3 varian, yakni Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. DANCOW FortiGro UHT praktis dikonsumsi Si Buah Hati di waktu berbuka sebagai sajian takjil. Selamat mencoba!