Nutrisi

6 Makanan yang Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Si Buah Hati

08-05-2020

Susu Pertumbuhan Anak Bantu Optimalkan Penyerapan Nutrisi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan lengkap, dipadukan dengan susu pertumbuhan anak memang  penting dan harus dipenuhi untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati. Namun, tahukah Bunda? Ada beberapa makanan yang jika dipadukan dan dikonsumsi secara bersamaan oleh Si Buah Hati, bisa lebih mengoptimalkan penyerapan nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya. Makanan apa saja kah itu?

6 Pasangan Makanan untuk Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Ketika dikonsumsi sendiri, makanan-makanan berikut mungkin sudah memiliki manfaat untuk kesehatan anak, namun jika kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi, mengapa tidak? Simak daftar makanan berikut yang bisa Bunda siapkan untuk Si Buah Hati untuk mendapatkan penyerapan nutrisi optimal:

  1. Vitamin C dan Zat Besi yang Berasal dari Tumbuh-tumbuhan

Untuk menyerap zat besi nabati, Bunda disarankan memasangkannya dengan sumber Vitamin C. Vitamin C membantu memecah zat besi menjadi bentuk yang membuat tubuh lebih mudah menyerapnya. Contoh padanan: tambahkan perasan jus lemon atau jeruk ke salad bayam.

  1. Vitamin C dan Asam Lemak Omega 3

Contoh paling mudah bisa ditemukan pada tomat dan minyak zaitun. Kandungan antioksidan dalam tomat, dipanggang dengan percikan minyak zaitun, selain lezat, manfaatnya pun berlipat!

  1. Vitamin D dan Kalsium

Perpaduan vitamin dan mineral ini akan menjaga kesehatan tulang Si Buah Hati.

Bentuk vitamin D aktif membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam saluran cerna. Selain itu, diet protein tinggi juga sebenarnya bisa bermanfaat untuk kepadatan mineral tulang. Contoh padanannya, salmon atau tuna, dan brokoli, atau susu dan produk susu.

  1. Makanan yang Mengandung Protein Nabati

Manfaatnya untuk melengkapi asupan asam amino esensial selain asupan protein hewani dari susu; contohnya tahu, tempe, bayam, dan kacang almond.

  1. Protein dan Serat

Contoh padanannya antara lain masakan kacang buncis dan nasi. Jika dimakan sendiri-sendiri, kedua makanan ini baik untuk tubuh, namun jika dipadukan, serat dalam kacang buncis akan memudahkan tubuh untuk mengatur karbohidrat dari nasi dan mencegah lonjakan gula darah.

  1. Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Konsumsi makanan berlemak sehat (lemak tak jenuh) bermanfaat dalam proses penyerapan vitamin A, D, E, dan K, dan mineral yang terdapat dalam susu pertumbuhan anak – terutama jika Si Buah Hati sudah lepas dari ASI; contoh makanan ini antara lain, ikan, alpukat, cokelat hitam, dan kacang.

Mengapa ini penting? Mendapatkan cukup vitamin ini dan menyerapnya secara maksimal adalah penting karena defisiensi vitamin ini akan berhubungan dengan peningkatan risiko kanker dan diabetes tipe 2.

Pastikan menu harian Si Buah Hati terdiri dari makanan tadi untuk bantu optimalkan tumbuh kembangnya, dan lengkapi dengan susu pertumbuhan untuk mengoptimalkan asupan nutrisinya.

DANCOW 1+ dengan Nutritods #ToddlerExpert, adalah susu pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, 3X lebih banyak vitamin D dibandingkan dengan formula sebelumnya, protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati. Dengan kebutuhan gizi yang tercukupi, Bunda dapat membantu memberikan perlindungan kesehatannya saat bereksplorasi.

Temukan inspirasi menu bergizi lengkap dan seimbang dari pakar DANCOW Parenting Expert di Piring Nutrisi.