Stimulasi

5 Rutinitas di Rumah yang Dapat Menstimulasi Motorik Si Buah Hati Usia 1 Tahun

21-01-2020

Tingkatkan Kemampuan Motorik untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Tahukah Bunda, tumbuh kembang anak akan lebih optimal dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai usianya? Di usia satu tahun ke atas, Si Buah Hati sedang aktif-aktifnya bergerak. Salah satu yang harus distimulasi adalah kemampuan motoriknya. Kemampuan motorik adalah kemampuan Si Buah Hati menggerakkan bagian-bagian tubuhnya. Pada anak berusia 1 tahun, perkembangan motorik bisa terlihat kemampuan Si Buah Hati melangkah sendiri atau berusaha berdiri.  Di saat-saat inilah waktu yang tepat bagi Bunda untuk memberikan stimulasi yang akan mengembangkan kemampuan motoriknya. Baik stimulasi untuk kemampuan motorik kasar seperti berjalan dari satu tempat ke tempat lain atau pun kemampuan motorik halus seperti memegang benda-benda yang ada di sekelilingnya.

Mengembangkan kemampuan motorik anak bahkan bisa dilakukan lewat kegiatan sehari-hari lho, Bunda. Dengan mengajarkan Si Buah Hati melakukan kegiatan sederhana sehari-hari, Bunda tidak hanya melatih kemampuan motoriknya tapi juga memberikan bekal penting untuk tumbuh kembang Si Buah Hati di masa depan.  Yuk, simak, kegiatan sehari-hari apa saja yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati untuk menstimulasi kemampuan motoriknya.

1. Makan Sendiri

Tumbuh kembang anak di usia satu tahun ke atas memang membuat Si Buah Hati belum kuat memegang sendok dengan mantap. Namun meski begitu, anak berusia satu tahun ke atas sudah mulai bisa memegang peralatan makannya sendiri. Dengan berlatih memegang sendoknya sendiri, kemampuan motorik halusnya akan terstimulasi. Selain itu, anak juga jadi belajar tentang koordinasi antara tangan dan matanya.

 

2. Membereskan Mainan

Ajari anak untuk membereskan mainannya sendiri. Kemampuan motorik halusnya akan terstimulasi saat ia berusaha menggenggam mainan. Kemampuan motorik kasarnya juga akan terlatih saat ia berusaha bergerak membawa mainan yang dipegangnya dari satu tempat ke tempat lainnya. Agar anak jadi lebih semangat melakukannya, Bunda bisa melakukan hal ini bersama-sama.

 

3. Mencuci Peralatan Makan

Spons untuk mencuci memiliki tekstur yang menarik untuk Si Buah Hati. Ajaklah ia bermain mencuci peralatan makannya sendiri dengan spons. Saat menggenggam, meremas, dan menggerakkan spons, maka kemampuan motorik halus anak juga dilatih untuk lebih kuat.

 

4. Berkebun

Saat berkebun, Si Buah Hati belajar kemampuan mengontrol objek dan motorik kasar saat memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kemampuan motorik halusnya pun terlatih saat harus menggenggam sekop kecil, misalnya. Tidak hanya itu, berkebun juga menstimulasi panca indera Si Buah Hati.

 

5. Membuka atau Memasang Pakaian

Anak berusia satu tahun memang belum bisa melepas pakaiannya sendiri, namun Bunda bisa mengajarinya secara perlahan dengan cara membimbingnya. Misalnya Bunda mengarahkan lengannya agar masuk ke dalam baju. Ini juga akan membantu melatih kemampuan motorik halus pada Si Buah Hati. Agar lebih menarik, Bunda bisa bermain cilukba saat membantu anak memakai bajunya.

 

Dengan stimulasi yang tepat, tumbuh kembang anak serta kemampuan motoriknya juga akan lebih maksimal. Selain stimulasi yang tepat, Bunda juga perlu memberikan gizi dan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Berikan Si Buah Hati DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA),  Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizinya. Jika kehabisan ide kegiatan apa yang tepat untuk menstimulasi perkembangan motorik anak sesuai usia, Bunda dapat melihat ide permainan edukatif di DANCOW Parenting Center, ya.