Nutrisi

Benarkah Asupan Zink Pengaruhi Tumbuh Kembang Si Buah Hati di Masa Prasekolah?

16-06-2021

Benarkah Asupan Zink Pengaruhi Tumbuh Kembang Si Buah Hati di Masa Prasekolah?

Memastikan Si Buah Hati dapatkan asupan nutrisi secara lengkap dan seimbang adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal. Selain itu, memberikan asupan nutrisi yang cukup juga merupakan salah satu bentuk kasih sayang yang Bunda berikan pada Si Buah Hati. Apalagi di masa Prasekolah ini, tentu Bunda berharap agar proses tumbuh kembang Si Buah Hati dapat terus berjalan dengan optimal. Tapi, ada yang bilang kalau Si Buah Hati tidak mendapatkan atau kekurangan asupan zink, maka proses tumbuh kembangnya bisa terhambat. Benarkah pernyataan ini? Atau hanya sekadar mitos saja?

 

Menurut penelitian, salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang optimal Si Buah Hati adalah asupan mikronutrien yaitu zink. Lalu, apa saja manfaat pengaruh asupan zink pada tumbuh kembang Si Buah Hati di masa Prasekolah? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

 

  1. Pertumbuhan Tinggi Badan

image

Jika Bunda ingin Si Buah Hati tumbuh dengan tinggi badan ideal, maka asupan zink hariannya harus selalu terpenuhi. Zink merupakan salah satu mikronutrien penting yang berfungsi sebagai mediator hormon pertumbuhan. Asupan Zink membantu meningkatkan hormone pertumbuhan seperti Insulin-like Growth Factor 1 yang berperan dalam membantu mempercepat proses pertumbuhan. Hal ini juga dibuktikan lewat sebuah penelitian pada tahun 2018 terhadap balita yang menyebutkan bahwa asupan zink membantu meningkatkan pertumbuhan khususnya tinggi dan berat badan anak-anak.

 

  1. Memengaruhi Kemampuan Kognitif

image

 

Zink dapat ditemukan di otak, di mana mikronutrien ini berikatan dengan protein dan membantu membangun struktur serta fungsi otak agar optimal. Kekurangan asupan zink dapat mengganggu pembentukan jalur saraf Si Buah Hati, sehingga secara tak langsung mempengaruhi perkembangan kognitifnya. Selain memengaruhi kognitif, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kekurangan asupan zink berpengaruh pada kemampuan motorik Si Buah Hati sehingga membuat tumbuh kembang anak jadi kurang opimal.

 

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Nutrisi Agar Si Buah Hati Tumbuh Optimal

 

  1. Memengaruhi Fungsi Kekebalan Tubuh

image

 

Zink juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh Si Hati karena zink dibutuhkan dalam fungsi dasar sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan adanya zink, maka sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal. Zink juga merupakan elemen penting bagi sel neutrofil (jenis sel darah putih yang berperan melawan infeksi dan menyerang sel yang membawa penyakit) agar bisa berfungsi optimal.

 

Anak-anak yang tinggal di negara berkembang rentan mengalami kekurangan asupan zink.

Secara global, angka kekurangan asupan zink tertinggi ditemukan pada negara-negara di

Asia Tenggara dan Selatan, yaitu sebesar 34%-73%. Untuk memastikan Si Buah Hati tak kekurangan asupan zink, menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi, anak berusia tiga tahun membutuhkan sekitar 3 mg zink per hari, sedangkan anak berusia 4-6 tahun membutuhkan sekitar 5 mg zink per harinya.

 

Memenuhi asupan zink harian Si Buah Hati penting agar tumbuh kembang optimal. Dengan memberikan zink sesuai kebutuhannya, Bunda dapat membantu lindungi langkah eksplorasi Si Buah Hati di usia Prasekolah.

 

DANCOW 5+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. 99% #BundaBangga memilih DANCOW Nutritods untuk Si Buah Hati dan 98% #BundaBangga setuju bahwa zink mendukung daya tahan tubuh anak , bagaimana dengan Bunda? Yuk, cari tahu apa kata para #BundaBangga lainnya yang sudah memilih DANCOW Nutritods di sini.