Nutrisi

Zink, Nutrisi Penting untuk Si Kecil

14-11-2020

Zink, Nutrisi Penting untuk Si Kecil

Si Kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, jika mendapatkan asupan gizi lengkap. Karena itu, Bunda harus memperhatikan menu hariannya agar setiap makanan yang masuk ke tubuhnya mengandung nutrisi seimbang. Menurut ahli nutrisi dokter Saptawati Bardosono, ada dua kelompok nutrisi yang dibutuhkan anak. Pertama adalah makronutrien. Yakni nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar untuk menghasilkan energi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Kedua ada mikronutrien, nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. “Tapi, kalau kebutuhan mikronutrien tidak terpenuhi, energi tidak terbentuk,” kata Saptawati, 23 September 2015.

Mikronutrien yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan si Kecil antara lain zink dan zat besi. Mungkin Bunda masih merasa bingung tentang perbedaan kedua zat tersebut. Bahkan ada pula yang justru menyamakan zink sebagai zat besi.

Zink dikenal dengan nama lain Seng. Zat gizi ini merupakan mineral yang memainkan peran sentral dalam pertumbuhan seluler. Zink juga lazim terdapat dalam otak dan mengikat protein. Nah bila si Kecil kekurangan zink, maka akan berakibat fatal pada pembentukan struktur otak, fungsi otak, bahkan mengganggu respon tingkah laku dan emosi.

Sementara zat besi memiliki peranan dalam memproduksi hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh, serta mengangkut elektron dalam sel. Kekurangan zat besi ini akan menyebabkan si Kecil mengalami darah rendah atau anemia. Karena kekurangan zat besi, kondisi anemia itu bisa berpengaruh terhadap metabolisme energi dan fungsi kekebalan. Sehingga akan berdampak negatif pada fungsi kognitif dan perkembangan motorik.

Sekarang Bunda sudah tahu perbedaan antara zink dan besi. Selanjutnya kita akan mengenal zink lebih dalam. Kebutuhan zink pada anak di atas usia 1 sebesar 4 miligram per hari. Beberapa makanan yang mengandung zink antara lain daging, tiram, ikan kering, hati, dan susu. Tapi, penyerapan zink akan terhambat bila dikonsumsi bersama dengan makanan yang mengandung fitat, seperti beras, terigu, gandum, kacang kedelai dan tumbuhan polong.

Bunda juga bisa memenuhi kebutuhan zink si Kecil dengan memberikannya DANCOW 1+ EXCELNUTRI + setiap hari. Dengan inovasi terbaru dari Nestlé Research Centre, kandungan EXCELNUTRI + dalam susu pertumbuhan ini dibuat khusus untuk dia yang sudah berumur 1 tahun. Selain zink, DANCOW 1+ EXCELNUTRI + diperkaya dengan serat pangan Inulin, Lactobacillus rhamnosus NCC 4007, Bifidobacterium longum NCC 3001, vitamin A,C,E serta Selenium. Nutrisi ini membantu menjaga saluran cerna untuk proteksi si Kecil.

DANCOW 1+ EXCELNUTRI + juga mengandung minyak ikan, Omega 3 (Asam α-Linoleat) dan Omega 6 (Asam Linolenat). Sehingga dapat membantu perkembangan otak untuk proses belajar si Kecil. Selain itu, DANCOW 1+ EXCELNUTRI + mengandung protein dan kalsium tinggi yang membantu pertumbuhan fisik si Kecil. Dengan dua gelas DANCOW 1+ EXCELNUTRI + dalam sehari, Bunda sudah memberikan nutrisi lengkap kepada si Kecil agar tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi.