Parenting

Yuk, Dukung Si Buah Hati Jadi Apa yang Ia Mau!

15-03-2021

Cara mendidik anak di rumah

Bunda, seperti apa sih cara mendidik anak yang Bunda terapkan di rumah? Apa pun cara yang Bunda pilih, tentunya Bunda lakukan karena ingin Si Buah Hati tumbuh besar dengan baik. Bunda tentu ingin didikan yang Bunda berikan dapat mendukung dan mengarahkan Si Buah Hati menjadi apa yang ia mau dan membuat #BundaBangga. Lalu, bagaimana sebenarnya Bunda bisa mendukung Si Buah Hati yang masuk usia Prasekolah supaya bisa tumbuh dewasa menjadi apa yang mereka impikan?

 

Setiap anak adalah pribadi yang unik dan memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda-beda. Inilah mengapa, menurut psikolog Amerika penemu “Growth Mindset” Carol S. Dweck, penting bagi Bunda mendukung Si Buah Hati dengan memberikan apresiasi yang fokus pada perilaku dan usaha yang dilakukan Si Buah Hati agar ia mampu mengembangkan pola pikir yang fleksibel, mendorong mereka untuk mampu menghadapi tantangan, dan meningkatkan rasa harga diri mereka. Selain memberikan apresiasi, berikut beberapa hal lain yang bisa Bunda lakukan untuk mendukung Si Buah Hati mencapai impiannya.

 

  1. Pastikan Si Buah Hati Dapatkan Nutrisi Lengkap & Seimbang
     

image

Nutrisi berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati. Dengan daya tahan tubuh yang optimal, Bunda ikut membantu melindungi langkah eksplorasi Si Buah Hati sehingga ia bebas melakukan hal-hal yang ia sukai.  Jadi pastikan makanan yang dikonsumsi Si Buah Hati sehari-hari sudah mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai kebutuhannya ya, Bunda.

 

  1. Beri Anak Kesempatan Mencoba Hal Baru

image

Menurut pemikir bidang pendidikan John Dewey, pengalaman jauh lebih kaya dan kompleks dibandingkan dengan pengetahuan. Inilah pentingnya memberi Si Buah Hati berbagai kesempatan untuk mencoba hal baru. Dengan sering mencoba hal-hal baru, Si Buah Hati akan mendapatkan banyak pengalaman. Bisa saja saat ia sibuk bereksplorasi untuk melakukan hal baru, akhirnya Si Buah Hati menemukan bakat atau potensi yang bisa ia kembangkan saat tumbuh dewasa nanti.

 

Baca Juga: 5 Tips Agar Si Buah Hati Mengetahui Potensi Diri

 

  1. Perhatikan Eksplorasi yang Disenangi Si Buah Hati

 

image

Cara mendidik anak yang Bunda terapkan sebaiknya juga melihat gaya belajar atau cara eksplorasi yang memang disukai oleh Si Buah Hati. Psikolog dari Universitas California, Alison Gopnik, menyatakan kalau anak-anak ternyata belajar dari banyak hal, mulai dari eksperimen yang mereka lakukan sendiri sampai mendengar dan melihat apa yang dilakukan orang lain. Sehingga penting bagi Bunda memperhatikan dan memahami bagaimana cara Si Buah Hati belajar dan bereksplorasi agar bisa membantu membimbing Si Buah Hati mengembangkan potensinya.

 

  1. Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sedini Mungkin

image

Menurut John Dewey, salah satu pemikir bidang pendidikan, lewat pendidikan orang akan terus bertumbuh dan diperkaya oleh pengalaman yang ia dapatkan dari apa yang ia pelajari. Maka tak heran jika Bunda ingin mendukung Si Buah Hati tumbuh besar menjadi apa yang ia inginkan, pendidikan adalah salah satu faktor penting yang harus Bunda siapkan sejak dini. Salah satu yang perlu disiapkan tentu biaya untuk pendidikan anak sejak dini hingga ia dewasa. Jadi tak ada salahnya sejak dini, Bunda sudah mulai menyisihkan dana dan menabung untuk membiayai pendidikan Si Buah Hati di masa depan.
 

Bunda bisa memberikan DANCOW 5+ Nutritods untuk Si Buah Hati. DANCOW 5+ Nutritods  dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin,  minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Bunda juga bisa dukung anak jadi apa yang ia mau, dengan ikutan #GebyarEksplorasi lho! Lewat #GebyarEksplorasi, Bunda berkesempatan memenangkan Tabungan Bekal Eksplorasi total Miliaran Rupiah yang bisa digunakan untuk mengembangkan potensi Si Buah Hati. Yuk, ikutan sekarang, Bunda! Klik di sini untuk cari tahu caranya , ya.

 

Bagaimana pun cara mendidik anak yang Bunda terapkan di rumah, jangan lupa untuk selalu bangga dan mendukung apa pun pencapaian Si Buah Hati, ya. Dengan begitu, Si Buah Hati bisa tumbuh optimal serta meraih potensi untuk menjadi apa pun yang ia inginkan.