Parenting

Wah, Kuku Si Buah Hati Mulai Panjang

06-11-2020

Wah, Kuku Si Kecil Mulai Panjang

Merawat kuku Si Buah Hati tidak hanya dilakukan untuk menunjang penampilan, tapi juga penting bagi kesehatannya. Kuku panjang dapat menjebak kotoran dan kuman, serta menstimulasi goresan pada diri sendiri dan orang lain. Selain itu, kuku yang terlalu panjang dapat membatasi aktivitas bermain, proses belajar, dan perkembangan kemampuan psikomotoriknya.

Untuk melakukan pemotongan kuku yang berjalan mulus, gunakan tips berikut ini ya Bunda.

Gunakan Alat yang Tepat

Potong kuku Si Buah Hati dengan gunting kuku khusus, biasanya mempunyai ujung bulat atau tumpul sehingga memberikan perlindungan untuk kulitnya, demikian saran dari Larissa Hirsch, MD, yang juga menjadi editor kesehatan, Kids Health Organization. Hindari penggunaan gunting kuku berujung tajam hingga ia dapat duduk dengan tenang.

Waktu yang Tepat

American Academy of Dermatology menyarankan waktu terbaik untuk memotong kuku adalah saat Si Buah Hati baru bangun atau setelah mandi ketika tekstur kuku menjadi lembut. Selain itu, pastikan Bunda mendapatkan cahaya yang cukup saat memotong kukunya, misalnya pada pagi hari atau menggunakan lampu saat berada di dalam ruangan.

Meminta Bantuan

Dokter Larissa menambahkan, beberapa orang tua merasa lebih mudah menyelesaikan tugas memotong kuku dengan meminta bantuan dari orang lain, baik pasangan maupun anggota keluarga terdekat. Satu orang akan memegang dan menenangkan Si Buah Hati, sementara yang lainnya menggunting kuku.

Dukung stimulasi agar ia tetap tenang berada di pelukan atau pangkuan dan jaga agar tidak bergerak terlalu banyak. Bunda dapat mencoba menceritakan dongeng, bernyanyi bersama, atau sekedar mengajaknya mengobrol.

Temukan Posisi yang Tepat

Bereksplorasi mencari posisi yang baik dapat memudahkan orang tua memangkas kuku dengan efektif. Buktikan cinta Bunda dengan menempatkan Si Buah Hati pada pangkuan atau menunggunya sampai tertidur. Pegang telapak tangan dan jarinya dengan lembut, kemudian dengan tangan lainnya mulai potong kukunya dengan perlahan.

Ikuti tips-tips mudah di atas untuk memperlancar kegiatan pemangkasan kuku Si Buah Hati ya.