Nutrisi

Pentingnya Vitamin C sebagai Manfaat Daya Tahan Tubuh

24-11-2020

Vitamin C bermanfaat untuk kesehatan Si Buah Hati

Di situasi pandemi yang belum berakhir dan berbagai penyakit lainnya mengintai si Buah Hati, Bunda mungkin sering mendengar saran untuk memberikan asupan Vitamin C kepada Si Buah Hati agar sistem imunnya berfungsi normal. Manfaat daya tahan tubuh yang baik dan berfungsi normal bagi si Buah Hati adalah kesehatannya terjaga dan tidak mudah mengalami infeksi karena ia terlindungi dari kuman (virus, bakteri, dan jamur), parasit, serta toksin dari lingkungan.

Vitamin C dan Dosisnya untuk Anak Balita

Vitamin C atau dikenal juga oleh para ahli dengan nama asam askorbat adalah tipe vitamin yang larut dalam air dan secara alami dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan. Vitamin ini memiliki peran penting untuk tumbuh-kembang si Buah Hati serta untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Manusia tidak dapat mensintesis sendiri Vitamin C dalam tubuh sehingga membutuhkan asupan vitamin ini dari luar tubuh untuk memenuhi kebutuhan harian.

Untuk anak usia toddler 1-3 tahun, rekomendasi asupan Vitamin C sehari-hari adalah 15 mg per hari dengan ambang batas toleransi 400 mg per hari. Sedangkan anak usia prasekolah, rekomendasi asupan Vitamin C sehari-hari adalah 25 mg per hari dengan ambang batas toleransi 650 mg per hari. Si Buah Hati tidak disarankan untuk mengasup Vitamin C sampai ambang batas toleransi kecuali berdasarkan saran dokter anak. Karena tubuh tidak menyimpan vitamin yang larut di dalam air (Vitamin C dan sembilan jenis Vitamin B), maka sisa Vitamin C yang tidak terpakai akan terbuang lewat urine.  

Manfaat Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati dari Vitamin C

Bagi manusia, Vitamin C memiliki banyak manfaat, seperti membantu membentuk kolagen untuk penyembuhan luka di kulit, serta berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin C juga merupakan vitamin antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, terutama yang berasal dari lingkungan seperti polusi udara, zat kimia beracun, dan asap rokok. Sebuah penelitian di Inggris tahun 1991 juga menemukan bahwa konsumsi Vitamin C dapat membantu kesehatan sistem pernapasan. Selain itu, Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi oleh tubuh jika keduanya dikonsumsi bersama.

Manfaat utama dari Vitamin C adalah mendukung sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi normal. Mungkin Bunda sudah sering mendengar kalau sistem kekebalan tubuh Si Buah Hati masih belum berkembang sempurna sehingga rentan mengalami infeksi. Manfaat memiliki daya tahan tubuh yang baik bagi si Buah Hati adalah kedua sistem kekebalan tubuh yang terdapat di dalam tubuhnya dapat bekerja sama dengan baik untuk memberi perlindungan optimal bagi tubuhnya.

Kontribusi manfaat daya tahan tubuh dari Vitamin C adalah vitamin ini meningkatkan produksi sitokin, yaitu protein yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan respons imun tubuh. Vitamin C dalam konsentrasi tinggi juga ditemukan di sel-sel imun sehingga membuktikan kalau vitamin ini memang dapat membantu fungsi sistem imun tubuh. Ditambah dengan manfaat antioksidannya, mengasup Vitamin C merupakan cara menjaga daya tahan tubuh anak yang efektif.

Baca Juga: Dari Mana Sumber Kekebalan Tubuh Si Buah Hati?

Sumber-Sumber Vitamin C

Si Buah Hati memiliki potensi kekurangan Vitamin C jika ia tidak mendapatkan zat gizi yang seimbang dalam makanannya sehari-hari. Bunda bisa membantunya mendapatkan asupan Vitamin C yang cukup lewat makanan segar, suplemen, serta makanan atau minuman sehat yang difortifikasi Vitamin C.

Beberapa makanan yang merupakan sumber Vitamin C di antaranya jeruk, lemon, tomat, kentang, pepaya, paprika, kiwi, stroberi, kembang kol, bayam, dan brokoli. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, Bunda bisa memasukkan buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan Vitamin C ini ke dalam menu makanan Si Buah Hati sehari-hari. Karena kandungan Vitamin C di dalam makanan dapat berkurang jika disimpan terlalu lama, maka disarankan agar si Buah Hati diberikan makanan sumber Vitamin C ini saat kondisinya masih segar.

Selain itu, karena Vitamin C tidak disimpan oleh tubuh, maka sangat penting bagi si Buah Hati untuk mendapat asupan Vitamin C secara rutin. Misalnya, Bunda bisa memberikan asupan Vitamin C saat sarapan lewat buah-buahan dan minuman susu DANCOW 5+ Nutritods yang difortifikasi Vitamin C, lalu pada siang dan malam hari lewat konsumsi sayuran. Si Buah Hati juga bisa mendapatkan asupan Vitamin C saat Bunda memberikan susu DANCOW 5+ Nutritods sebelum tidur.

Kesimpulannya, Vitamin C memang bermanfaat untuk kesehatan Si Buah Hati dan dapat memberi manfaat daya tahan tubuh. Namun, Vitamin C hanyalah salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk bantu jaga daya tahan tubuh Si Buah Hati ya, Bunda. Ia butuh asupan nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh lainnya, di antaranya adalah zink dan Vitamin E. Kedua zat gizi ini salah satunya bisa juga didapatkan si Buah Hati saat minum susu DANCOW 5+ Nutritods.

DANCOW 5+ Nutritods Imunutri merupakan susu yang diformulasikan untuk anak dan keluarga Indonesia. Susu ini memiliki kandungan 0 gram sukrosa, Vitamin C, Vitamin E, dan zink, serta mikronutrien lain yang mendukung tumbuh-kembangnya berupa Vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega-3 & omega-6, serat pangan, serta Lactobacillus rhamnosus.

Yuk Bunda, pastikan manfaat daya tahan tubuh si Buah Hati menjadi optimal agar ia tetap sehat dan aktif bereksplorasi di rumah!