Nutrisi

Tips Agar Si Kecil Senang Makan

04-11-2020

Tips Agar Si Kecil Senang Makan

Ketika si Kecil sudah menginjak usia satu tahun, Bunda harus lebih memperhatikan asupan gizinya. Sebab nutrisi yang baik dan lengkap sangat penting bagi si Kecil dalam menjalani proses pertumbuhan fisiknya. Apalagi ketika sudah mulai bisa berjalan dan berlari, si Kecil pasti banyak mengeluarkan tenaga dan membutuhkan asupan makanan bergizi.

 

Untuk itu, Bunda sebaiknya tidak hanya sekedar memberi makan si Kecil dengan jam yang teratur. Tetapi juga melengkapi nutrisinya. Nah, asupan gizi dan nutrisi seimbang itu terkandung dalam makanan yang kaya unsur karbohidrat, protein, mineral, vitamin, namun sedikit lemak tak jenuh, juga berserat tinggi.

Lalu bagaimana bila si Kecil kerap menghambur-hamburkan makanannya? Sebelum Bunda khawatir si Kecil kekurangan gizi, sebaiknya pelajari dulu beberapa tips berikut:

1. Sediakan menu favorit si Kecil

Dalam satu pekan, Bunda bisa dua-tiga kali menyajikan menu santapan yang disukai si Kecil. Selain agar selera makan si Kecil meningkat, juga untuk mencegahnya bosan dengan menu sehari-hari.

2. Ajak si Kecil menyiapkan makanannya

Tahap menyediakan makan bersama si Kecil ini bertujuan untuk menggugah keingintahuannya akan rasa makanan yang telah diracik. Agar nafsu makan si Kecil bertambah, sepanjang proses penyiapan makanan, Bunda bisa menceritakannya pelbagai nama dan rasa bahan makanan itu.

3. Berikan pilihan makanan untuk si Kecil

Dengan bertambah usia, si Kecil pun sudah memiliki pilihan akan apapun yang berkaitan dengan dirinya. Seperti pakaian, mainan, bahkan makanan. Biasanya, si Kecil lebih menikmati menggunakan pelbagai benda pilihan sendiri. Begitu juga dengan menu makanan. Agar si Kecil tergugah untuk makan, ada baiknya sesekali Bunda membiarkannya menentukan apa yang ingin dimakan.

 

4. Jangan memberi hukuman ketika si Kecil tidak menghabiskan makanan

Menghukum si Kecil karena enggan makan tidak akan membuatnya mau menghabiskan santapannya. Bisa jadi ia akan merasa terpaksa menghabiskan makanan itu, atau malah mogok makan. Dari pada menghukum, sebaiknya Bunda menciptakan suasana menyenangkan kala menemani si Kecil makan. Seperti bercerita.

 

5. Berikan makanan secukupnya

Si Kecil mungkin belum bisa mengajukan pernyataan bahwa ia sudah kenyang. Alih-alih mengatakannya, ia kabur dari piring dan tidak menghabiskan makanannya. Bila itu terjadi, sebaiknya Bunda memberikan porsi makan secukupnya dan dalam rentang waktu yang tidak terlalu dekat.

 

6. Makan bersama si Kecil

Kegiatan makan bersama bisa menjadi hal yang menyenangkan dan menghindari si Kecil menghambur-hamburkan makanannya. Selain merasa ditemani, si Kecil juga belajar bila orang-orang di sekitarnya tidak ada yang menyisakan makanan. Sehingga ia akan merasa terdorong untuk menghabiskan santapan yang tersaji.

 

7. Memberikan asupan susu pertumbuhan

Untuk menunjang nutrisi si Kecil, Bunda bisa memberikannya susu pertumbuhan, dua gelas dalam sehari. Karena DANCOW EXCELNUTRI+ mengandungan serat pangan inulin, Lactobacillus rhamnosus NCC 4007, Bifidobacterium longum NCC 3001, tinggi vitamin A,C,E, mineral selenium, dan zink

 

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.