Nutrisi

Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh si Kecil, Bunda Bisa Pilih 8 Asupan Ini

04-11-2020

Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh si Kecil, Bunda Bisa Pilih 8 Asupan Ini

Bunda, apakah si Kecil sering mengalami gejala sakit atau mudah lelah? Bila iya, bisa jadi si Kecil kekurangan asupan gizi. Apalagi di masa kini semakin marak jajanan dengan variasi bentuk, rasa, dan warna yang belum tentu baik untuk kesehatan si Kecil.

Nah, untuk menyiasati serbuan jajanan itu, ada baiknya Bunda menyiapkan makanan ala rumahan untuk si Kecil. Sehingga kebersihan dan kualitas gizi makanannya tetap terjaga. Agar hasilnya optimal dan kekebalan tubuh si Kecil terus terjaga, Bunda bisa menyajikan beragam menu yang dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk memelihara kesehatannya dan mendukung aktifitas sehari-hari. Jenis makanan itu haruslah memiliki kandungan energi, protein, dan mikronutrien yang dapat memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien untuk kekebalan tubuh si Kecil. Menurut Inti Krisnawati, dalam buku Healing Foods for Kids, ada delapan jenis makanan yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh anak:

1. Da ging

Daging kaya akan zink. Zink berperan penting pada banyak fungsi metabolisme si Kecil yang dapat memperbanyak sel darah putih, asupan daging bisa membantu Bunda untuk melindungi si Kecil dari serangan penyakit.

2. Yogurt

Produk olahan susu yang satu ini sangat baik untuk kesehatan, terutama menjaga sistem pencernaan usus si Kecil. Sebab yogurt mengandung bakteri baik. Dengan campuran buah-buahan, yogurt bisa menjadi camilan bergizi dan enak untuk si Kecil.

3. Gandum

Gandum memiliki kandungan serat yang baik. Hal ini membantu menjaga kesehatan saluran cernanya yang penting untuk perlindungan si Kecil. Karenanya Bunda bisa mulai mengajarkan kebiasaan mengkonsumsi roti gandum atau produk olahan gandum lain pada si Kecil.

4. Ubi Kuning

 

Ubi jalar kaya akan vitamin A yang baik untuk mempertahankan keutuhan lapisan permukaan seperti kulit dan saluran cerna. Dalam penyajiannya, Bunda bisa mengolah ubi kuning dengan mengukusnya lalu dibuat menjadi bentuk yang lucu. Sehingga menarik perhatian dan membuat si Kecil tertarik untuk menyantap camilan sehat itu.

5. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk sistem imunitas tubuh. Karena telur mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A yang berfungsi untuk mendukung data tahan tubuh. Pastikan mengolah telur dengan benar ya Bunda, telur harus benar-benar matang. Karena tubuh si Kecil masih sangat rentan terhadap mikroba bila makanan belum matang sempurna.

6. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin C dan A. Bunda bisa menyajikan alpukat dalam bentuk jus, es buah, maupun olahan lain yang sehat bagi si Kecil.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin B1, A, C dan zink yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Karena itu Bunda perlu mengajarkan si Kecil untuk membiasakan mengkonsumsi sayuran. Bisa melalui pemahaman tentang pentingnya sayuran bagi tubuh atau melalui dongeng maupun cerita karangan Bunda sebelum si Kecil makan.

8. Susu Pertumbuhan

Selama masa pertumbuhan, Bunda sebaiknya membiasakan si Kecil untuk meminum dua gelas susu pertumbuhan sehari. Karena susu memiliki kandungan lengkap yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh si Kecil. Untuk ini, Bunda bisa memilih DANCOW1+ EXCELNUTRI+ yang diformulasi khusus buat si Kecil yang berusia 1-3 tahun.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.