Nutrisi

Penyajian Susu Pertumbuhan Anak yang Tepat Bikin Si Buah Hati Makin Sehat

04-11-2020

Penyajian Susu Pertumbuhan Anak yang Tepat Bikin Si Kecil Makin Sehat

Selama masa pertumbuhan, Si Buah Hati membutuhkan nutrisi lengkap. Untuk itu, Bunda bisa mendukungnya dengan memberikan makanan bergizi dan minuman sehat. Hidangan utama yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein akan memberikan energi untuk setiap aktivitasnya. 

Sementara vitamin dan mineral dari buah dan air membuat pencernaannya lancar. Adapun susu pertumbuhan anak akan mendukung dan membuat tubuh semakin sehat, menjadikan anak cerdas, dan daya tahan tubuh kuat. Sehingga ia bisa bermain dengan ceria, bereksplorasi sepuasnya, serta belajar banyak hal dari pengalamannya.

Cara Menyantap Asupan Nutrisi

Bagaimana cara Bunda agar Si Buah Hati bisa menyantap semua asupan itu? Menurut ahli nutrisi dokter Saptawati Bardosono, Bunda harus merancang menu harian agar dia mendapat manfaat optimal dari setiap santapan. Pola pemberian makanan utama dan susu juga harus dilakukan dengan benar.

Kata dokter Saptawati, penyajian susu pertumbuhan anak yang paling baik, yaitu berjarak 2 jam sebelum atau sesudah waktu makan utama. Bunda juga bisa memberikan susu kepadanya pada malam hari. 

"Ketika Si Buah Hati terlelap, tubuhnya akan tumbuh dengan pesat. Bila ia minum susu sebelum tidur, maka akan mendapatkan protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya," ujar Saptawati, 23 September 2015.

Susu Bukan Makanan Utama

Lanjut Saptawati, susu tidak bisa menggantikan makanan utama. Meski Si Buah Hati susah makan, sebaiknya Bunda tidak mengandalkan asupan susu saja. Memang, ia akan suka rasa susu yang lezat, perutnya merasa kenyang, dan tubuhnya tampak sehat. 

"Tapi, sesungguhnya dia tidak mendapat gizi yang lengkap," ujar Saptawati. Buna juga harus memperhatikan cara menyajikan susu dengan benar. Jangan sampai menambahkan gula pada seduhan susu. 

“Kalau ditambah pemanis, Si Buah Hati malah akan minum manis, bukan susu,” kata Saptawati.

Susu yang Baik untuk Anak

Lebih lanjut Saptawati menjelaskan tentang jenis susu yang paling baik untuk Si Buah Hati. Menurut dia, susu pertumbuhan yang telah diformulasikan bisa memenuhi kebutuhan anak berdasarkan usianya. DANCOW 3+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun, mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Kandungan nutrisi di dalamnya akan membantu perkembangan otak sehingga ia siap belajar di dunia pra-sekolah. Untuk dia yang aktif bermain dan bereksplorasi, Bunda bisa memberi perlindungan dari dalam agar ia tidak mudah terserang penyakit.