Parenting

Apa Manfaat Mendaftarkan Anak Les Sesuai Minatnya?

21-04-2021

Pola asuh anak yang mendorong bakat Si Buah Hati

Bunda tentu selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi Si Buah Hati, termasuk dalam menerapkan pola asuh yang dapat mendukung bakat dan potensi Si Buah Hati. Salah satu jalan yang mungkin Bunda tempuh adalah mendaftarkan Si Buah Hati ke kelas les hobi sejak ia masuk usia Prasekolah atau mengajak Si Buah Hati aktif mengikuti kursus online. Tapi apakah ini keputusan yang tepat? Benarkah Bunda perlu mendorong Si Buah Hati mengikuti kelas les hobi untuk menggali minat dan bakatnya?

 

Memiliki hobi yang disenangi memang bermanfaat buat Si Buah Hati. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin melakukan hal yang mereka senangi memiliki kondisi fisik dan psikologis yang lebih baik. Namun, sebelum buru-buru mendaftarkan Si Buah Hati les hobi ini dan itu, yuk simak dulu apa saja sih kelebihan dan kekurangan mendaftarkan anak untuk mengikuti les hobi di usia dini.

 

Kelebihan Mendaftarkan Si Buah Hati di Les Hobi Sejak Dini

1. Anak Mengenali Minatnya dan Menggali Potensinya

image

Minat dan ketertarikan Si Buah Hati terhadap sesuatu tak bisa terlihat hanya dari kegiatan yang pernah ia lakukan sekali saja. Jika Si Buah Hati menikmati kegiatan les hobinya secara rutin dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dikatakan bahwa Si Buah Hati memiliki minat terhadap hal tersebut. Mengenali minat sejak usia dini tentu baik untuk Si Buah Hati, karena saat ia mengetahui dan melakukan hal yang ia sukai, akan lebih mudah bagi anak menggali dan menunjukkan potensi terbaik mereka.

 

2. Mengembangkan Kreativitasnya

image

 

Saat mengikuti les hobi, anak akan mencoba melakukan berbagai hal yang bisa jadi belum pernah ia coba sebelumnya. Mendukung anak mencoba hal baru dapat membantu meningkatkan kreativitas Si Buah Hati. Saat mencoba hal baru ia mungkin melakukan kesalahan, namun Si Buah Hati jadi bisa belajar menemukan berbagai cara baru yang kreatif saat menghadapi sebuah masalah.

 

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

image

 

Lewat proses belajar dan usaha yang dialami Si Buah Hati selama mengikuti kegiatan yang dilakukan saat menjalani les hobi, ia akan merasa puas dan gembira. Hal ini kemudian akan mendorong Si Buah Hati memiliki rasa percaya diri untuk mencoba, mengeksplorasi dan berkembang dengan lebih optimal.

 

Baca Juga: 4 Pola Asuh Ini Dapat Mendukung Si Buah Hati Percaya Diri

 

Kekurangan Mendaftarkan Si Buah Hati di Les Hobi Sejak Dini:

1. Si Buah Hati Bisa Kelelahan dan Kekurangan Waktu Bermain

image

 

Bunda perlu menerapkan pola asuh yang mendorong Si Buah Hati untuk lebih banyak bermain. Karena bermain penting untuk perkembangan kognitif, fisik, sosial, dan emosional anak-anak. Sayangnya mengikut les hobi dapat mengorbankan waktu bermain atau bahkan waktu istirahatnya selama beberapa jam dalam seminggu. Jadi jika ingin mendaftarkan Si Buah Hati untuk mengikuti les hobi, pastikan itu tidak membuat Si Buah Hati kelelahan atau kehabisan waktu bermain, ya.

 

2. Anak Cepat Bosan

image

Anak-anak memang dikenal cepat merasa bosan. Jadi bisa saja Si Buah Hati tidak memiliki minat terhadap kegiatan yang dilakukan saat les hobi berlangsung, kemudian merasa bosan dan akhirnya enggan untuk mengikuti kembali les hobi tersebut.

 

3. Perlu Biaya Ekstra

image

Mendaftarkan Si Buah Hati untuk mengikuti les hobi tentu membutuhkan biaya. Kadang, biaya yang harus Bunda bayarkan jumlahnya tidaklah sedikit. Jadi, sebelum mendaftarkan Si Buah Hati untuk mengikuti les hobi, Bunda juga harus mempertimbangkan biaya ekstra yang harus dikeluarkan .

 

Mendaftarkan Si Buah Hati untuk mengikuti kelas les memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, sebaiknya Bunda perlu pertimbangkan lebih dulu sebelum memutuskannya, sambil terus mendukung eksplorasi Si Buah Hati di rumah. Bantu langkah eksplorasi Si Buah Hati dengan memberikan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. DANCOW 5+ Nutritods  dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Nah, dengan terus menerapkan pola asuh anak yang memberikan Si Buah Hati kebebasan untuk bereksplorasi, Si Buah Hati dapat terus mengasah hobinya untuk menjadi apa yang ia mau dan membuat #BundaBangga. Yuk, dukung Si Buah Hati meraih impiannya dengan ikutan #GebyarEksplorasi untuk menangkan Tabungan Bekal Eksplorasi senilai total miliaran rupiah! Klik di sini untuk cari tahu caranya.