Nutrisi

Si Buah Hati Sulit Tidur? Awali dengan Rutinitas dan Pola Makan yang Tepat

15-12-2021

Si Buah Hati Sulit Tidur? Awali dengan Rutinitas dan Pola Makan yang Tepat

Tahukah Bunda, banyak orangtua yang mengeluhkan kondisi Si Buah Hati yang sulit tidur juga mengalami anak susah makan di saat bersamaan. Ternyata, kebiasaan tidur Si Buah Hati secara signifikan dipengaruhi oleh rutinitas dan pola makan yang baik (Tauman, dkk., 2011). Saat tubuh anak nyaman, misal tidak terlalu kenyang, tubuhnya akan lebih rileks dan mudah bersiap tidur. Pola tidur dengan waktu, jenis, dan jumlah konsumsi makanan adalah dua hal yang saling berkaitan dan perlu dikelola bersama. Nah, Bunda bisa mencoba tips berikut agar Si Buah Hati punya tidur yang lebih berkualitas:

 

  1. Atur Pola dan Rutinitas Makan agar Tubuh Si Buah Hati Siap untuk Tidur

  image

Beri jarak waktu yang cukup antara makan dan waktu tidur, agar perut anak sudah cukup terisi namun sistem pencernaannya juga tidak bekerja terlalu berat. Beri jarak waktu makan dengan tidur antara 2 sampai 3 jam.

Selain itu, untuk mengatasi anak susah makan, Bunda bisa memberikan makanan dalam porsi kecil namun sering. Si Buah Hati akan lebih menyadari kapan dirinya merasa lapar dan kapan merasa kenyang. Hal ini juga penting untuk membantu tubuh Si Buah Hati lebih siap untuk beristirahat. Coba terapkan pola makan ini secara rutin ya, Bunda, agar Si Buah Hati lambat laun terbiasa.

 

  1. Sesuaikan Jenis dan Jumlah Makanan dengan Waktu Tidur

image

Jenis dan jumlah asupan makanan juga dapat mempengaruhi proses Si Buah Hati dalam bersiap-siap untuk tidur. Berikut dua hal yang perlu diperhatikan:

  • Hindari makanan dan minuman manis seperti coklat, permen, minuman soda, dan makanan mengandung gula lainnya - terutama di sore hingga malam hari.
  • Siapkan makan malam yang cukup untuk anak, tetapi jangan sampai terlalu banyak atau kenyang.

Asupan-asupan yang mengandung gula atau kafein dan jumlah terlalu banyak dapat memberikan tambahan tenaga untuk beraktivitas, tentunya hal ini tidak dibutuhkan ketika Si Buah Hati akan tidur nantinya di malam hari.

 

  1. Buat Ritual Bersama Sebelum Tidur

image

Bunda dapat menyiapkan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang akan dipelajari Si Buah Hati sebagai penanda waktu tidur. Hal ini membantu anak untuk lebih mudah mempersiapkan diri, dan memberi tanda bagi tubuhnya untuk beristirahat.

Ada banyak ritual sebelum tidur yang bisa Bunda coba bersama Si Buah Hati, misal:

  • Awali dengan minum susu hangat agar tubuh rileks.
  • Lanjutkan dengan aktivitas kebersihan: sikat gigi, mencuci tangan dan kaki, berganti baju tidur, dan sebagainya.
  • Ajak Si Buah Hati membaca dongeng bersama!
  • Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati berbincang ringan tentang kegiatan apa saja yang dilakukan hari itu
  • Berdoa bersama sebelum tidur juga jadi salah satu ritual yang banyak dilakukan keluarga

Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka Bunda akan lebih mudah menyiapkan Si Buah Hati untuk tidur di setiap harinya. Selain itu, suasana dan kenangan menyenangkan dari ritual sebelum tidur ini dapat membantu anak mendapatkan tidur yang berkualitas.

 

Mengetahui anak susah makan ternyata bisa berkaitan dengan kebiasaan tidur yang tidak baik memang terdengar mengkhawatirkan. Namun, Bunda dapat mengatasinya dengan telaten dan konsisten dalam menyeimbangkan rutinitas makan dan tidur. Contoh langsung dari Bunda dalam penerapannya juga akan sangat membantu Si Buah Hati!

 

Selain itu, jangan lupa saat menyiapkan susu, siapkan DANCOW Nutritods hangat untuk Si Buah Hati sesuai usianya ya, Bunda. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. Sementara DANCOW 3+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun, mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. Nah, bila Si Buah Hati telah berusia 5 tahun ke atas, Bunda bisa memberikan DANCOW 5+ Nutritods. DANCOW 5+ Nutritods mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Referensi

Childup Early Education. (2011). Toddler’s Sleep, Eating Problems Often Go Together.  Retrieved 11 November 2021 from https://www.childup.com/blog/toddlers-sleep-eating-problems-often-go-together

Reuters Health. (2011). Toddlers' sleep and eating problems often go together. Retrieved 11 November 2021 from https://www.reuters.com/article/us-toddlers-sleep-eating-problems-often-idUSTRE7227YK20110303

Raisingchildren.net.au. (2020). How to sleep better: 10 tips for children and teenagers. Retrieved 11 November 2021 from https://raisingchildren.net.au/toddlers/sleep/better-sleep-settling/sleep-better-tips

Room to Grow. (2021). The Correlation between a Good Diet and Great Sleep.  Retrieved 11 November 2021 from https://www.roomtogrow.co.uk/blog/the-correlation-between-a-good-diet-and-great-sleep/

Tauman, R., Levine, A., Avni, H., Nehama, H., Greenfeld, M., & Sivan, Y. (2011). Coexistence of Sleep and Feeding Disturbances in Young Children. Pediatrics. 127. e615-21. 10.1542/peds.2010-2309. Retrieved 6 December 2021 from

https://www.researchgate.net/publication/50226462_Coexistence_of_Sleep_and_Feeding_Disturbances_in_Young_Children