Parenting

Sudahkah Gizi Anak Terpenuhi? Cek Tanda-Tandanya di Sini

24-11-2020

Tanda Gizi Anak Terpenuhi

Di situasi yang serba tak menentu seperti sekarang ini, menjaga gizi anak agar Si Buah Hati senantiasa sehat merupakan hal yang penting. Salah satu caranya tentu dengan menyajikan menu makanan yang nutrisinya lengkap dan seimbang. Namun, apakah saat ini Bunda sudah yakin, kalau nutrisi perlindungan yang diperlukan Si Buah Hati sudah terpenuhi lewat makanan yang ia konsumsi sehari-hari?

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak, asupan nutrisi lengkap dan seimbang menjadi hal yang harus dipenuhi. Bunda belum yakin apakah nutrisi yang didapatkan Si Buah Hati sehari-hari sudah cukup atau belum? Daripada mengira-ngira, yuk, cek dulu tanda-tanda bahwa kebutuhan nutrisi untuk melindungi kesehatan Si Buah Hati yang sudah terpenuhi.

  1. Si Buah Hati Tetap Aktif Bereksplorasi

1

Salah satu tanda gizi anak tercukupi adalah ia masih tetap aktif dan ekspresif meski kegiatannya lebih banyak di rumah saja. Anak yang gizinya tercukupi berarti tubuhnya sehat dan terlindungi sehingga ia memiliki tenaga untuk tetap aktif serta semangat untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

 

  1. Si Buah Hati Tidak Mudah Sakit

Saat kebutuhan gizi balita sudah terpenuhi dengan baik, maka daya tahan tubuhnya pun baik sehingga ia tidak akan mudah sakit. Menurut Penelitian Pengembangan Departemen Kesehatan RI di tahun 2013, 41,9% balita di Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernapasan seperti batuk dan pilak karena daya tahan tubuh mereka terhadap virus belum berkembang dengan baik.[1] Inilah sebabnya, kenapa anak-anak butuh nutrisi seimbang dan lengkap agar daya tahannya meningkat. Anak-anak yang tak mudah sakit batuk, pilek atau sakit lainnya berarti sudah mendapatkan asupan nutrisi yang  baik sehingga daya tahan tubuhnya pun lebih baik.

 

  1. Pencernaan Lancar
    Saat gizi anak terlengkapi dengan seimbang lewat makanan sehat bernutrisi, maka kesehatan tubuhnya pun jadi baik. Ini berarti kesehatan bagian tubuh lainnya seperti saluran cerna Si Buah Hati juga sehat sehingga menyebabkan pencernaannya lancar. Saluran cerna yang lancar dan sehat juga mendukung daya tahan tubuh yang kuat. Usus merupakan “rumah” bagi 70% dari sistem kekebalan tubuh. Namun usus juga mudah terganggu jika ada bakteri dari luar yang masuk. Oleh karena itu jika kesehatan saluran cerna Si Buah Hati tidak kuat, maka bisa saja daya tahan tubuhnya pun tidak kuat.
     
  2. Tinggi dan Berat Badannya Ideal

1

Di tiap tahapan usia, Si Buah Hati memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Bunda bisa mengonsultasikan kepada dokter anak untuk memantau perkembangan tinggi dan berat badannya. Anak yang mendapatkan nutrisi seimbang dan lengkap tentunya tidak akan mengalami masalah seperti lebih pendek dari anak seusianya atau mengalami obesitas.

Baca Juga:  Kekurangan Gizi Pada Si Buah Hati Bisa Diatasi, Begini Caranya

Setelah memahami tanda-tanda anak yang mendapatkan nutrisi cukup, jangan lupa cek apakah tanda-tanda ini ada pada Si Buah Hati tercinta, ya, Bunda!

DANCOW 5+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Bantu dukung eksplorasi masa Prasekolah Si Buah Hati di usia di atas 5 tahun #Preschool Expert.

Bunda juga bisa cek Piring Nutrisi DANCOW untuk mendapatkan berbagai inspirasi menu yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang untuk melindungi Si Buah Hati.

Jangan lupa pastikan asupan gizi anak untuk perlindungan Si Buah Hati terpenuhi dengan menyajikan menu bergizi lengkap dan seimbang setiap hari ya, Bunda. Agar Si Buah Hati bisa tetap aktif bereksplorasi setiap hari.