Nutrisi

Pentingnya Nutrisi Seimbang untuk Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati

22-04-2022

Pentingnya Nutrisi Seimbang untuk Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati

Penyebaran virus Corona (SARS-CoV-2) menyebabkan kekhawatiran yang besar bagi para orang tua. Apalagi sampai saat ini, vaksin dari virus tersebut untuk anak balita belum juga rampung.

 

Tak hanya virus Corona saja, ada berbagai virus, bakteri, dan mikroba lain yang dapat menyerang Si Buah Hati. Tubuh Si Buah Hati butuh dukungan agar sistem imunnya dapat berfungsi dengan optimal walaupun perkembangannya belum sempurna.

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian asupan nutrisi seimbang. Untuk membahas lebih lanjut mengenai hal ini, simak informasi berikut!

 

  1. Kondisi Sistem Imun Si Buah Hati

Bunda mungkin sering mendengar bahwa sistem imun anak-anak masih akan terus berkembang sampai ia mencapai usia dewasa. Namun, bukan berarti bahwa tubuh Si Buah Hati sama sekali tak punya perlawanan terhadap serangan kuman dari lingkungan.

 

Ada dua jenis sistem imun yang dimiliki Si Buah Hati, yaitu sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif.

 

Sistem imun bawaan adalah kekebalan atau pertahanan tubuh yang terbentuk saat ia masih di dalam kandungan sehingga sudah ada di tubuhnya saat ia lahir; kulit adalah salah satu bentuknya. Sedangkan sistem imun adaptif adalah kekebalan atau pertahanan tubuh yang terbentuk dari hasil adaptasi dan belajar saat kuman, parasit, dan mikroba lain dari lingkungan masuk ke tubuh Si Buah Hati.

 

Baca Juga: Manfaat Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Anak

 

Saat ada virus yang masuk ke tubuh, sel-sel dari sistem imun bawaan akan langsung bekerja melindungi tubuh dan membunuh virus tersebut dengan berbagai cara. Sedangkan sistem imun adaptif akan memproduksi antibodi agar saat virus itu kembali menyerang, sistem imun bawaan sudah tahu cara spesifik untuk membasminya.

 

Proses ini akan berlangsung terus-menerus dan membuat sistem imun mengalami perkembangan selama masa kanak-kanak.

 

  1. Mendukung Fungsi Sistem Imun Si Buah Hati

Ada berbagai cara yang dapat Bunda lakukan untuk mendukung fungsi sistem imun tubuh Si Buah Hati untuk bekerja dengan optimal, yaitu dengan pemberian asupan nutrisi seimbang dan sehat, memastikan ia cukup tidur (untuk anak usia lima tahun ke atas sekitar 10 jam per hari), mendorongnya untuk aktif bergerak dan berolahraga, mengurangi kadar stresnya, serta memastikan ia mendapatkan vaksinasi sesuai dengan umurnya.

 

Nutrisi gizi seimbang menjadi sesuatu yang sangat penting untuk memastikan sistem imun Si Buah Hati bekerja dengan baik. Banyak yang salah paham bahwa asupan nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh, padahal sebenarnya cara kerjanya tidak seperti itu.

 

Pola makan yang sehat dan seimbang akan memastikan fungsi sistem imunnya akan bekerja dengan optimal sehingga tidak terjadi defisiensi imun yang menyebabkan berbagai penyakit.

 

  1. Nutrisi Seimbang dan Adekuat

Pola makan yang seimbang dan kaya gizi bisa diterapkan sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang serta panduan Isi Piringku dalam sekali makan dari Kementrian Kesehatan, antara lain:

  • 2/3 dari setengah piring diisi dengan makanan pokok

  • 1/3 dari setengah piring diisi dengan lauk-pauk

  • 2/3 dari setengah piring diisi dengan sayuran

  • 1/3 dari setengah piring diisi dengan buah-buahan

 

Bunda juga bisa lebih fokus memberikan nutrisi untuk daya tahan tubuh Si Buah Hati, yaitu:

  • Vitamin A: Mencegah infeksi dengan memastikan kulit serta jaringan di sistem pencernaan dan sistem pernapasan tetap sehat

  • Vitamin C: Menstimulasi terbentuknya antibodi serta terbentuknya dan kerja sel darah putih

  • Vitamin D: Mengatur protein antimikroba yang dapat membunuh patogen secara langsung

  • Vitamin E: Merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas

  • Zink: Membantu menyembuhkan luka dan mendukung reaksi sistem imun

  • Zat besi: Memiliki komponen enzim yang penting bagi fungsi sel-sel imun

  • Probiotik: Sekitar 70 persen sistem imun terdapat di pencernaan dan probiotik membantu sistem pencernaan tetap sehat

 

Lengkapi pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang Si Buah Hati dengan pemberian Dancow 5+ Nutritods.

 

Susu bubuk ini mengandung 0 gram sukrosa serta gizi esensial berupa Vitamin B6, B12, dan Biotin, minyak ikan (DHA) serta omega-3 dan 6, juga tinggi Vitamin C dan zink ditambah Lactobacillus rhamnosus.

 

Pemenuhan nutrisi untuk mendukung daya tahan tubuh dalam jumlah yang cukup akan memastikan sistem imun Si Buah Hati agar berfungsi dengan baik sehingga dapat melindungi tubuhnya dengan optimal.

 

Referensi: