Nutrisi

Anak Susah BAB? Ini Manfaat Susu untuk Melancarkan Pencernaan!

11-11-2020

gambar anak mules

Duh, Bunda mana yang tidak sedih melihat Si Buah Hati rewel dan kesakitan saat ia susah BAB?

Sembelit memang salah satu keluhan yang sering muncul sejak si Buah Hati diperkenalkan dengan makanan padat alias MPASI. Yuk Bunda, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya, termasuk dengan bantuan susu untuk melancarkan pencernaan yang mengandung serat pangan dan bakteri probiotik agar ia dapat terhindar dari sembelit.

Penyebab Sembelit pada Si Buah Hati

Ternyata nih Bunda, cukup banyak alasan yang membuat Si Buah Hati yang berumur kurang dari 2 tahun sembelit atau sulit BAB. Berikut ini beberapa penyebab yang sering muncul:

  • Kurangnya pemberian air minum. Hal ini merupakan penyebab paling sering dari kondisi sembelit atau sulit BAB pada toddler. Minum yang cukup setiap hari akan membantu melancarkan pencernaannya.
  • Kurang konsumsi serat, terutama dari buah dan sayuran. Itu sebabnya mengapa si Buah Hati paling sering mengalami sembelit kala beralih dari makanan cair (ASI) ke makanan padat (MPASI).
  • Takaran susu yang berlebihan (membuatkan susu terlalu kental) juga bisa menyebabkan si Buah Hati susah BAB, lho. Tapi dengan bantuan susu untuk melancarkan BAB anak, ia pun dapat terhindar dari sembelit.
  • Si Buah Hati menahan untuk BAB. Bisa karena ia tidak ingin berhenti bermain, atau karena saat berada di luar rumah ia tak mau BAB di sembarang toilet.
  • Masalah toilet training. Jika Si Buah Hati menjalani toilet training yang terlalu dini, ia juga dapat melakukan pemberontakan kecil dengan menahan BAB-nya.
  • Ia jarang bergerak, sehingga gerakan ususnya pun melambat bahkan menjadi tidak aktif.
  • Gangguan kesehatan seperti alergi, atau adanya kondisi medis lain seperti masalah sistem pencernaan.

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana ya, cara mengatasinya?

Baca Juga: Atasi BAB dengan Makanan Kaya Serat

Mencegah Sembelit pada Si Buah Hati

Bisa kok Bunda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu Si Buah Hati yang berusia toddler untuk dapat BAB dengan lancar, salah satunya dengan konsumsi susu yang bagus untuk pencernaan. 

  • Minum air putih dalam jumlah cukup, termasuk susu. Lebih baik lagi jika si Buah Hati diberikan susu untuk melancarkan pencernaan yang mengandung serat pangan karena dapat menghindarkannya dari sembelit.
  • Memberikan asupan makanan yang cukup serat, seperti buah dan sayuran, sereal, juga kacang-kacangan. Bagi toddler, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan serat sebanyak 20 gr sehari dalam asupan makanannya.
  • Perbanyak aktivitas fisik. Banyak bergerak dapat menstimulasi pencernaan si Buah hati agar berfungsi dengan normal.
  • Penggunaan obat pencahar, namun sebaiknya untuk hal ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak.
  • Membiasakan Si Buah Hati untuk BAB secara rutin, misalnya pada pagi hari atau sore hari.
  • Memeriksakan Si Buah Hati ke dokter untuk memastikan tidak ada gangguan medis yang perlu menjadi perhatian.
  • Bunda juga bisa memberikan asupan makanan yang mengandung bakteri probiotik. Probiotik berasal dari Bahasa Yunani "pro bios" yang memiliki arti “untuk kehidupan”. Jadi, probiotik ini merupakan mikroorganisme hidup yang secara alami ada di dalam tubuh untuk melindungi saluran pencernaan.

Dari Mana Saja Bakteri Baik Ini Diperoleh?

Probiotik biasanya ditemukan di susu serta produk olahannya seperti yoghurt atau keju. Keberadaan probiotik sangat membantu kesehatan saluran cerna, sehingga si Buah Hati dapat terhindar dari sembelit.

Bunda juga tak perlu pusing, sekarang probiotik dapat ditemukan dalam susu. Apabila asupan serat dan minum air putih cukup, serta ada dominasi probiotik dalam saluran cerna Si Buah Hati yang didapat dari makanan maupun susu untuk saluran cerna anak, maka proses pencernaan dalam tubuhnya akan berlangsung baik dan sembelit pun bisa dicegah. Tidak perlu cemas Si Buah Hati rewel lagi karena sembelit. Dengan pencernaan yang terlindungi, si Buah Hati bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Yuk, Bunda, rutin berikan DANCOW 1+ Nutritods, untuk si Buah Hati usia toddler 1-3 tahun yang dapat bantu memenuhi kebutuhan gizinya!

DANCOW 1+ Nutritods mengandung 0 gram sukrosa, tinggi kalsium dan protein, minyak ikan, Omega-3 dan Omega-6, serat pangan inulin, dan gizi mikro lainnya, termasuk Lactobacillus rhamnosus.

Mulai sekarang, ayo bantu ia lindungi pencernaannya agar tumbuh kembang Si Buah Hati optimal dan kebutuhan gizinya terpenuhi, sehingga ia pun dapat terus bebas bereksplorasi.